Home » Tips Seksual » 6 Hal Normal Yang Menjadi Penyebab Mimpi Basah

6 Hal Normal Yang Menjadi Penyebab Mimpi Basah

Penyebab Mimpi BasahPria dan wanita memiliki memiliki sistem reproduksi; organ seksual dan juga hormon seksual yang berbeda. Kesemua hal tersebut membuat pria dan wanita memiliki perbedaan perilaku terkait dengan kedewasaan seksual mereka. Pria sehat dan normal yang telah dewasa atau melewati masa pubertas biasanya akan mengalami ereksi pada penis jika mendapat rangsangan yang bersifat seksual baik itu berupa rangsangan visual, audio ataupun bentuk – bentuk rangsangan lain seperti sentuhan. Kondisi pria yang telah mengalami pubertas serta hadirnya rangsangan – rangsangan menjadi penyebab mimpi basah yang paling lazim. Pada dasarnya; mengalami mimpi basah adalah hal yang wajar pada pria yang telah dewasa secara seksual seperti halnya terjadinya penis yang mengalami ereksi pada pagi hari setelah bangun tidur.Terjadinya ereksi pagi serta mimpi basah menjadi salah satu tanda fungsi organ reproduksi pria yang bekerja dengan normal. Seperti halnya terjadinya mimpi basah; ada beberapa kombinasi faktor yang menyebabkan terjadinya ereksi pagi. Kondisi fisik yang sehat dan bugar, hormon testosteron yang tinggi serta kondisi kandung kemih yang penuh menjadi pemicu terjadinya ereksi di pagi hari setelah tidur malam. Beberapa penyebab ereksi pagi tersebut juga merupakan penyebab mimpi basah yang dapat dialami oleh pria pada waktu beristirahat. Berikut ini ada akan dibahas beberapa penyebab yang membuat pria mengalami mimpi basah.

Secara medis; mimpi basah juga disebut sebagai orgasme spontan atau emisi nokturnal. Emisi nokturnal terjadi ketika seorang pria yang telah dewasa secara seksual mengeluarkan carian semen atau air mani pada waktu tidur. Kejadian ini biasanya terjadi pada awal masa pubertas atau ketika seorang pria mulai mengalami kematangan organ seksual. Sehingga dapat dikatakan bahwa terjadinya kematangan organ seksual seorang pria menjadi penyebab mimpi basah yang dialami pada awal – awal masa pubertas. Ketika pertama kali terjadi; kebanyakan pria akan merasa aneh namun seiring dengan perkembangan kematangan usia maka pengeluaran air mani  di saat tidur akan menjadi hal yang biasa ataupun tidak aneh lagi.

Adapun penyebab mimpi basah berikutnya adalah tingginya kadar hormon testosteron pada seorang pria. Ada beberapa hal yang mempengaruhi produksi hormon testosteron seorang pria mulai dari tingkat kebugaran tubuh hingga konsumsi makanan yang merangsang diproduksinya hormon testosteron. Hormon ini adalah hormon yang mempengaruhi fungsi serta perkembangan organ seksual seorang pria; kemunculan tanda – tanda seksua sekunder seperti tumbuhnya kumis dan jenggot juga dipengarhui oleh perkembangan dan produksi hormon testosteron seorang pria. Peningkatan produksi hormon testosteron juga membuat produksi cairan semen atau air mani mengalami peningkatan.

Produksi air mani atau semen yang meningkat akan menimbulkan kelebihan volume dari daya tampung yang ada. Hal ini juga menjadi penyebab mimpi basah yang terjadi tanpa disadari oleh seorang pria pada waktu tidur. Mimpi basah menjadi solusi alami yan dilakukan oleh tubuh dan sistem reproduksi pria ketika cairan semen atau air mani mengalami kelebihan volume dan tidak dikeluarkan melalui kegiatan seksual. Melakukan hubungan seks ataupun secara sengaja melakukan masturbasi untuk memuaskan hasrat seksual yang secara langsung mengurangi volume cairan semen atau air mani yang tersimpan; jika seorang pria tidak melakukan kedua hal tersebut maka mimpi basah sebagai sebuah proses alami menjadi solusi bagi tubuh untuk menghindari volume cairan mani yang terlalu banyak.

Adanya rangsangan secara fisik berupa sentuhan, gesekan ataupun tekanan pada alat kelamin atau penis oleh kasur, seprai ataupun guling juga dapat menjadi penyebab mimpi basah yang terjadi. Kejadian tersebut secara tidak disadari dapat terjadi karena gerakan atau perubahan posisi tidur sehingga posisi penis tertekan oleh tubuh dan bergesekan dengan kasur ataupun guling. Kondisi tersebut menimbulkan stimulasi atau rangsangan seksual pada alat kelamin atau penis yang menimbulkan terjadinya ejakulasi atau keluarnya cairan air mani secara tidak sengaja atau tidak disadari karena tengah berada pada kondisi tertidur lelap.

Selain itu ada penyebab mimpi basah lain yang berupa stimulasi dari alam bawah sadar seperti mimpi erotis ataupun imajinasi yang menimbulkan ereksi atau rangsangan seksual pada pria. Beberapa kejadian mimpi basah dialami oleh pria yang telah matang organ seksualnya setelah mereka membaca cerita erotis ataupun menonton film dengan adegan yang menimbulkan rangsangan seksual secara audio visual. Kenangan atau pikiran erotis yang mengarah pada kegiatan seksual tersebut dapat menimbulkan mimpi yang erotis ataupun pikiran bawah sadar melakukan hubungan seksual sehingga terjadi pengeluaran cairan air mani secara tidak sadar pada waktu tidur. Rangsangan visual dari menonton film ataupun imajinasi dari membacar cerita erotis juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron yang memicu produksi air mani dan membuat volume air mani yang ada melebihi kapasitas; sehingga harus dikeluarkan secara alami melalui mimpi basah atau emisi nokturnal.

Usia menjadi faktor atau penyebab mimpi basah yang lain; ternyata dalam sebuah penelitian tercatat bahwa usia memasuki masa dewasa atau masa pubertas membuat seorang pria lebih banyak mengalami emisi nokturnal atau mimpi basah dibandingkan dengan pria dengan usia dewasa ataupun lanjut usia. Meskipun begitu; pria dewasa yang telah menikah ataupun telah aktif melakukan hubungan seksual serta pria lanjut usia juga tetap memiliki peluang mengalami emisi nokturnal atau mimpi basah. Seorang pria dengan usia antara 15 hingga 20 tahun dapat mengalami mimpi basah 1 hingga 2 kali dalam sebulan; sedangkan pria yang telah aktif melakukan hubungan seksual ataupun berusia hingga 70 tahun tetap memiliki kemungkinan mengalami emisi nokturnal dengan kisaran waktu terjadi satu kali dalam rentang 2 bulan.

Pada dasarnya; mengalami mimpi basah adalah hal yang alami dan tidak perlu ditakuti atau membuat seorang pria merasa malu. Kombinasi penyebab mimpi basah adalah hal yang menunjukkan seorang pria memiliki organ seksual dan sistem reproduksi yang berfungsi dengan baik yang ditandai dengan kemampuan memproduksi cairan semen atau air mani dan memiliki respon terhadap rangsangan seksual dengan normal serta mampu melakukan proses ejakulasi.  Beberapa pria merasa malu bahkan jijik ketika bangun tidur dengan kondisi celana dalam yang basah karena air mani; padahal hal tersebut merupakan hal yang alami dan merupakan bagian dari solusi alami tubuh untuk menjaga keseimbangan volume dan produksi air mani.

Mengetahui penyebab mimpi basah merupakan hal yang cukup penting sebagai bagian dari pendidikan seks untuk para pria yang tengah memasuki masa pubertas. Dengan pendidikan seks yang baik dan benar maka seorang pria dapat lebih bijaksana dalam menentukan keputusan terkait dengan tanggung jawabnya sebagai pria yang telah dewasa secara seksual dan mampu melakukan hubungan seks yang bersifat reproduktif dengan lawan jenis atau wanita.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini