Home » Payudara » 4 Faktor Penyebab Kanker Payudara

4 Faktor Penyebab Kanker Payudara

Penyebab Kanker PayudaraSebagai seorang wanita, mengetahui faktor penyebab kanker payudara adalah penting. Mengapa? Tidak lain dan tidak bukan adalah kenyataan bahwa penyakit yang satu ini telah menjadi mimpi buruk bagi sebagian besar wanita. Tidak ada yang tidak mungkin, maka sangat perlulah kita untuk berjaga-jaga terhadap faktor penyebab penyakit serius ini. Kanker payudara tidak lagi menggolongkan siapa dan berapa umurnya untuk menunggu menyerang, siapa saja dapat terkena penyakit ini. Hal ini tentu saja didukung oleh perkembangan jaman yang sudah tidak memiliki batas umur atau golongan bagi siapapun untuk mengidap penyakit kanker payudara.

Tidak ada salahnya bagi kaum pria untuk membaca artikel mengenai apa saja faktor penyebab kanker payudara yang akan segera kami bahas berikut ini, sebab mereka dapat memberitahukan hal ini kepada orang terkasih.

Mengenal Penyakit Kanker Payudara
Pada dasarnya, penyakit kanker payudara merupakan salah satu dari sekian banyak macam penyakit kanker. Payudara adalah bagian tubuh dari kaum wanita sehingga penyakit tersebut merupakan sebuah ancaman abadi yang membayangi hidup mereka. Akan tetapi, tidak sedikit kasus yang pernah angkat bicara tentang bagaimana seorang pria pun dapat terkena serangan penyakit kanker payudara. Bagaimanapun juga, kaum pria juga memiliki kelenjar yang berupa payudara, hanya saja tidak seperti milik seorang wanita.

Yang menjadi pokok dalam penyakit ini adalah bersarangnya sel-sel kanker pada salah satu organ tubuh, dan pada kasus ini organ tubuh yang menjadi sasaran adalah payudara. Walaupun begitu, banyak sekali hal yang membedakan antara penyakit kanker yang satu dengan yang lainnya. Selain organ yang menjadi perbedaan utama, latar belakang timbulnya penyakit kanker payudara juga menjadi salah satu perbedaan lainnya. Penyebab kanker payudara akan dibahas pada sub judul berikutnya.

Penyebab Penyakit Kanker Payudara
Setiap tubuh manusia sebenarnya sudah memiliki bakal sel kanker. Bakal sel kanker ini kemudian dipicu oleh beberapa faktor yang menyebabkan tubuh mengalami serangan kanker payudara. Berikut adalah ulasan mengenai 5 faktor yang menyebabkan seseorang dapat mengidap penyakit kanker payudara.

Faktor penyebab kanker payudara yang paling memungkinkan terjadi bagi setiap orang adalah faktor keturunan atau genetis. Biasanya seseorang yang keluarganya memiliki riwayat terkena penyakit kanker jenis apapun terbilang cukup rentan untuk mengidap penyakit kanker juga. Jenis kanker yang menyerang tubuh seseorang tersebut tidak selalu sama dengan yang sebelumnya. Semuanya tergantung bagian organ tubuh mana yang lebih mudah atau beresiko terkena penyakit kanker. Namun hal ini juga tidak menutup kemungkinan untuk terserang penyakit kanker yang sama. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk seseorang dengan riwayat keluarga yang pernah mengidap penyakit kanker dalam menjaga kesehatan tubuh dan menjauhi hal-hal yang bisa menyebabkan kanker.

Selain faktor keturunan atau genetis, gaya hidup seseorang juga menjadi faktor penyebab kanker payudara yang lainnya. Sudah jelas di benak kita, betapa gaya hidup yang sehat merupakan jalan keluar dari pelbagai macam penyakit yang dapat mendera kita. Sayangnya, tidak semua orang menyadari akan pentingnya hal ini. Gaya hidup yang tidak sehat justru menjadi pilihan hidup mereka, dan mau tidak mau pada akhirnya mereka harus menanggung resikonya.

Gaya hidup tidak sehat yang menjadi faktor penyebab kanker payudara dapat terlihat dari pola makan yang dijalani seseorang tersebut. Yang sering tidak diketahui kebanyakan orang adalah terdapat sejumlah bahan makanan yang dapat memicu sel kanker dalam tubuh untuk berkembang biak. Kasus yang lain menyebutkan bahwa mereka sudah menyadari hal ini, namun memilih untuk tetap mengkonsumsi makanan tersebut. Hal ini sangat memprihatinkan, mengingat angka mortalitas yang disebabkan oleh penyakit kanker cukup tinggi di Indonesia.
Salah satu bahan makanan yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh adalah kacang kedelai. Siapa yang menyangka bahwa bahan makanan yang menyehatkan ini merupakan salah satu faktor penyebab kanker payudara?

Kenyataannya, kacang kedelai memiliki kandungan phytoentrogens yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah sel kanker dalam tubuh. Phytoentrogens menyebabkan hormon estrogen meningkat. Hormon estrogen yang ada pada tubuh seorang wanita dalam kadar yang melebihi batas normal merupakan jalan bagi sel-sel kanker untuk berkembang biak. Walaupun kacang kedelai termasuk sebagai salah satu bahan makanan yang menyehatkan dan sering terdapat dalam menu diet, mengkonsumsinya dalam jumlah berlebih mampu menyebabkan tubuh terkena penyakit kanker payudara.
Satu kegiatan yang termasuk gaya hidup tidak sehat adalah merokok. Seperti yang kita tahu bahwa sebatang rokok mengandung banyak sekali zat beracun, dan sebagian besar dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya perokok aktif yang beresiko terkena penyakit kanker, tetapi perokok pasif pun juga memiliki resiko tinggi terkena penyakit tersebut. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan bagi kita semua untuk menjauhi hal bernama rokok.

Memakan sayur dan buah-buahan adalah ciri orang yang memiliki gaya hidup sehat. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi sebuah serangan balik ketika tiada kecermatan dalam memilih sayur dan buah yang hendak dikonsumsi. Kandungan pestisida yang menempel pada sayur atau buah dapat membuat tubuh bereaksi untuk memicu pertumbuhan sel kanker di dalamnya. Guna menghindari hal ini, sangat dianjurkan untuk memilih sayur dan buah yang organik, sebab sudah jelas tidak memiliki resiko tercemar pestisida. Membeli sayur dan buah non organik sebenarnya tidak menjadi masalah, hanya saja dalam pengolahannya harus dicuci bersih sebelumnya.
Allkohol juga menjadi salah satu faktor penyebab kanker payudara. Alkohol meningkatkan hormon estrogen, yang dapat memicu perkembangan sel kanker dalam tubuh. Alkohol juga dapat mendorong aktivitas berkembangnya tumor.

Ada kecenderungan untuk mengidap penyakit kanker payudara bagi mereka yang telah memasuki masa menopause. Hal ini sayangnya merupakan sebuah hal yang lumrah yang bisa terjadi pada setiap wanita. Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah adanya kebiasaan bagi mereka yang telah memasuki masa menopause untuk mengkonsumsi pil hormon. Padahal pil hormon ini memiliki dampak yang berakibat pada meningkatnya hormon estrogen dalam tubuh. Oleh sebab itu, banyak yang beranggapan bahwa masa menopause merupakan masa di mana kanker dengan sangat mudahnya bisa terjadi, apalagi ditambah dengan mengkonsumsi pil hormon saat menopause.
Seseorang yang mengidap kanker payudara terkadang sudah tidak memiliki gairah hidup, mengingat banyak kasus pasien yang mengidap kanker kebanyakan berakhir dengan rencana Tuhan yang tidak dapat kita hindari; kematian. Marilah kita cegah hal ini untuk terjadi, dengan selalu waspada terhadap semua faktor penyebab kanker payudara sehingga tubuh akan selalu dalam keadaan yang sehat dan bugar. Bagi Anda yang tengah menghadapi kondisi ini, jangan pernah menyerah dan terus berpengharapan dalam doa dan upaya untuk sembuh. Banyak pasien yang mengidap penyakit kanker payudara mengalami kesembuhan dan Anda pun bisa menjadi salah satu dari mereka.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini