Home » Payudara » 7 Gejala Munculnya Kanker Payudara

7 Gejala Munculnya Kanker Payudara

Gejala Kanker PayudaraSejumlah gejala kanker payudara yang tampak merupakan pertanda bahwa Anda perlu merubah pola hidup yang selama ini Anda jalani. Seperti yang kita ketahiu bahwa terdapat beberapa hal yang secara tidak sadar kita lakukan yang ternyata dapat menimbulkan kanker payudara. Penyakit ini termasuk dalam kategori penyakit kronis dan bisa berujung pada kematian. Oleh sebab itu, kanker payudara merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit yang membuat sebagian besar orang bergidik ngeri, terutama perempuan. Tentunya hal ini adalah suatu hal yang wajar, sebab payudara merupakan organ yang ada pada tubuh seorang perempuan.
Mengetahui gejala kanker payudara lebih dini membuat kita akan lebih bersiap untuk memilih pengobatan yang sesuai. Artikel ini akan membahas sejumlah gejala yang tampak pada penyakit kanker payudara, dan juga beberapa hal terkait dengan penyebab munculnya kanker payudara. Silakan baca sampai tuntas agar pengetahuan kita terhadap ancaman kanker payudara semakin luas.
Gejala Munculnya Kanker Payudara
Tidak peduli apapun bentuk penyakitnya, setiap penyakit pasti memiliki gejala tertentu. Harapannya dengan mengetahui gejala sebuah penyakit, seseorang akan cepat tanggap demi keselamatan jiwanya. Adapaun beberapa gejala kanker payudara dapat dilihat atau tampak jelas, sehingga memang perlu pemeriksaan yang rutin.

Munculnya benjolan di sekitar payudara perlu dicurigai. Hal ini penting sebab benjolan tersebut bisa jadi merupakan sekumpulan sel kanker yang telah berkembang biak dalam tubuh. Benjolan yang keras adalah salah satu gejala kanker payudara dan dengan adanya hal tersebut di sekitar payudara akan sangat mendukung bahwa tubuh telah mengidap penyakit kanker payudara. Benjolan tidak selalu terasa keras, namun bisa saja lunak dan lembut. Biasanya orang sering salah kaprah mengenalinya dan tertukar dengan kista. Apapun itu, semuanya tidak baik bagi kesehatan tubuh dan sangat dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter untuk memeriksakan keadaan tubuh.

Selain benjolan yang terdapat di sekitar area payudara, gejala kanker payudara dapat dikenali dengan terjadinya pembengkakan pada payudara. Payudara yang membengkak ditandai dengan rasa berat pada payudara yang tidak seperti biasanya. Perlu diperhatikan bahwa payudara yang membengkak juga dapat disebabkan oleh terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengadung garam. Cara untuk membedakan kedua peristiwa pembengkakan tersebut adalah bentuk kedua payudara setelah membengkak. Yang terjadi pada kanker payudara adalah pembengkakan tidak simetris pada keduanya.

Puting pada payudara juga dapat dilihat kondisinya untuk mengetahui apakah tubuh memang menderita kanker payudara atau tidak. Jika puting mengeluarkan cairan yang berwarna merah kecokelatan, maka tubuh Anda sudah memiliki sebuah gejala awal mengidap kanker payudara. Cairan yang keluar dari puting adalah hasil dari kelenjar susu pada payudara. Hal ini perlu diwaspadai sebab cairan tersebut menyatakan bahwa ada kelainan yang terjadi pada kelenjar susu. Untuk hasil yang lebih akurat, bawa cairan tersebut ke laboratorium untuk diperiksa apabila terdapat sel kanker. Kondisi lain yang perlu dicurigai terhadap puting adalah ketika puting tidak muncul ke permukaan kulit atau tenggelam. Kondisi ini memang tidak kerap terjadi pada setiap kasus kanker payudara, namun jika kondisi tersebut terjadi pada Anda dalam jangka waktu yang cukup lama, ada kemungkinan terjadinya kelainan pada payudara Anda. Keadaan lain yang patut diwaspadai adalah rasa nyeri pada puting. Hal ini dapat terjadi jika seseornag mengidap baik kista maupun kanker payudara. Tidak menutup kemungkinan hal tersebut merupkan gejala kanker payudara, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk memeriksakan kondisi tubuh secara rutin.

Hal lain yang dapat dianggap sebagai salah satu gejala kanker payudara adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening. Penampilan yang terlihat dari gejala yang satu ini adalah benjolan yang terdapat pada ketiak. Pembengkakan pada kelenjar getah bening merupakan pertanda bahwa ada sesuatu yang bermasalah terhadap tubuh, terutama merupakan indikasi munculnya kanker payudara.
Satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah keadaan kulit di area sekitar puting atau pada payudara Anda. Kulit yang menyerupai sisik dan sangat kering dibandingkan permukaan kulit bagian lainnya pada tubuh juga bisa menjadi salah satu gejala munculnya kanker payudara.
Semua gejala yang baru saja diulas dapat dilihat oleh diri sendiri. Akan tetapi alangkah lebih baik jika Anda menyempatkan diri untuk memeriksakan keadaan tubuh serupa ke dokter guna mendapatkan kepastian dari dunia medis mengenai gejal tersebut.
Penyebab Kanker Payudara

Seperti halnya penyakit kanker yang lain, penyakit kanker payudara juga memiliki sederet pemicu atau penyebab. Yang jelas, pola hidup yang salah akan semakin memeprkuat kanker payudara untuk bersarang pada tubuh. Yang tidak diketahui masyarakat awan adalah tubuh sudah memiliki sel kanker yang dengan mudahnya dapat berkembang jika ada pemicunya. Yang menyebabkan sel kanker itu berkembang biak dalam tubuh adalah sejumlah hal karsinogenik yang masuk ke dalam tubuh. Maka, makanan yang kita santap setiap harinya itu sangat perlu diperhatikan agar ke depannya tidak menimbulkan pertumbuhan sel kanker. Pendapat yang menyatakan semua makanan yang disajikan instan dan cepat mampu memicu pertumbuhan sel kanker memang ada benarnya, namun tidak menutup kemungkinan sejumlah bahan makanan sehat yang sebenarnya justru dengan cepat membuat sel kanker itu tumbuh dan berkembang biak.
Semua olahan yang mengandung kacang kedelai dapat menyebabkan kanker payudara. Tidak ada yang mengira hal ini, begitupun Anda. Namun pada kenyataannya hal ini memang sangat benar, sebab kacang kedelai dapat membuat hormon estrogen meningkat. Hormon inilah yang membuat sel kanker terpacu untuk berkembang. Sel-sel tersebut kemudian akan menyebar ke seluruh bagian tubuh, dan bersarang pada organ yang paling lemah, seperti payudara. Walaupun dinilai sangat menyehatkan, mengkonsumsi segala olahan dari kacang kedelai sebaiknya dihindari atau paling tidak jangan dikonsumsi terlalu banyak.

Masih menyangkut tentang bahan makanan. Anggapan bahwa menyantap segala hidangan sayur dan juga buah-buahan merupakan gaya hidup sehat sehingga akan menjauhkan tubuh dari segala macam penyakit perlu sedikit diralat. Banyak sekali macam sayur dan buah yang bisa kita temukan di mana saja. Hal ini tentnuya akan membuat kita harus selektif, sebab kandungan pestisida pada sayur dan buah yang tidak dicuci bersih akan menimbulkan tubuh kita sama saja dengan mengkonsumsi racun. Kandungan racun dalam tubuh secara otomatis akan mendorong sel kanker untuk berkembang biak lebih cepat. Anda bisa menghindari hal ini dengan memilih untuk membeli bahan sayur dan buah yang organik. Tanaman organik adalah tanaman yang bisa dijamin terbebas dari kandungan pestisida yang membahayakan bagi tubuh kita tersebut.
Kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol juga mendorong tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Hal ini sudah jelas dapat tergambar di benak kita, sebab kedua hal tersebut memiliki racun yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sayangnya, banyak yang beranggapan bahwa kematian merupakan sebuah takdir yang digariskan oleh Tuhan dan menilai bahwa kebiasaan buruk tersebut bukanlah suatu ancaman. Pemikiran seperti inilah yang pada akhirnya memberikan angka kematian yang tinggi atas dasar penyakit kanker.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!