Home » Kesehatan » Mengupas Tuntas Manfaat Bawang Putih

Mengupas Tuntas Manfaat Bawang Putih

Manfaat bawang putih selain sebagai bumbu masak? Banyak sekali. Bawang putih tidak hanya sebagai penyedap masakan dan jimat anti vampir saja, lho, tapi jenis sayur yang beraroma menyengat ini juga termasuk makanan super yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Rempah –rempah merupakan sayuran tambahan yang sangat bergizi dengan jumlah kalori yang kecil ini ternyata berkontribusi sebagai penunjang kesehatan atau sebagai bahan obat alami. Bahan obat alami, baik dari tanaman segar atau dalam bentuk suplemen dapat memperkuat sistem imun dan memperkuat seluruh fungsi organ.

Efek memperkuat sistem imun tubuh dari bawah putih ini ditimbulkan dari kandungan aktifnya, yaitu allicin. Kandungan inilah yang memberi bau yang menyengat dan rasa yang sedikit pedas pada bawang putih. Allicin dapat masuk ke dalam tubuh kita melalui pencernaan, dan berfungsi maksimal setelah dipotong- potong, dihaluskan, atau dikunyah.

Bagaimanapun cara kita mengolah bawang putih, entah digarami, dihaluskan, atau dipotong kecil- kecil atau dalam bentuk suplemen, kita dapat merasakan keuntungan yang luar biasa dari bahan dapur yang sederhana dan serbaguna ini untuk kesehatan yang optimal.

Lalu apa saja manfaat bawang putih?

Melawan Influenza

Dengan adanya antioksidan, sistem imun kita akan bekerja dengan baik melawan virus dan bakteri yang masuk ke tubuh kita, termasuk virus flu. Untuk menjaga kebalnya sistem imun kita, tambahkan potongan bawang putih dalam setiap masakan kita.

Bawang putih yang mentah mungkin terasa tidak enak dimakan dan menimbulkan rasa panas di tenggorokan. Tapi bawang putih yang sudah dipotong/ dimasak akan lebih lembek dan mudah dimakan karena rasa pedas yang ada sudah hilang.

Jika tanda-tanda masuk angin menyeranh, cobalah ramuan the bawang putih. Potong bawang putih kecil-kecil atau digeprek lalu dipotong- potong, kemudian masukkan ke dalam air panas. Biarkan selama beberapa menit, lalu saring dan minum. Atau kita juga bisa menambahkan sedikit madu atau jahe untuk memperbaiki rasanya.

Mengobati Jerawat

Bawang putih mungkin tidak akan ditemukan di dalam daftar bahan pembuatan produk untuk kulit berjerawat. Tetapi bawang putih dipercaya dapat digunakan sebagai obat oles topikal untuk mengempiskan jerawat yang besar. Lagi- lagi allicin, bahan yang terkandung di dalam bawang putih, memiliki kemampuan untuk mengurangi efek perusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membunuh bakteri.

Ketika sudah dihaluskan atau dibenyek-benyek, allicin dan asam sulfenic akan menghasilkan reaksi cepat dengan radikal bebas dan membuat bawang putih ini dapat dipertimbangkan sebagai pengobatan jerawat, penyakit kulit, ataupun alergi. Tapi tetap konsultasi dahulu dengan dokter kulit anda jika penyakit kita termasuk golongan yang sudah parah.

Mengatasi Kerontokan Rambut

Bawang putih ternyata dapat menyelesaikan masalah rambut kita,lho. Karena kandungan allicinnya sangat tinggi, dimana penelitian menunjukkan bahwa allicin efektif untuk mengobati kerontokan rambut. Usapkan potongan satu siung bawang putih pada kulit kepala kita sambil sedikit ditekan sampai terasa basah untuk merasakan manfaat bawang putih.

Atau bisa juga mencampurkan potongan bawang putih ke dalam minyak zaitun lalu pijat pijat di kulit kepala. Pastikan praktekkan tips ini saat kita sedang bersantai di rumah dan tidak ada acara penting, karena orang-orang pasti merasa terganggu dengan kita yang rambutnya beraroma bawang putih.

Menurunkan Tekanan Darah

Penyakit kardiovaskular misalnya serangan jantung dan stroke merupakan pembunuh terbesar di dunia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyebab utama yang menimbulkan penyakit- penyakit tersebut. Penelitian yang dilakukan pada manusia menemukan bahwa manfaat bawang putih dalam hal menurunkan tekanan darah memang benar. Konsumsi bawang putih, baik mentah ataupun dalam bentuk suplemen, ternyata berdampak signifikan dalam mengurangi tekanan darah pada orang dengan tekanan darah yang tinggi.

Dalam satu penelitian, bawang putih yang diekstrak sampai pada dosis 600- 1500 mg memiliki khasiat yang sama efektif dengan obat penurun tekanan darah selama 24 minggu. Dosis supplemen harus benar-benar tinggi untuk mendapatkan manfaat bawang putih yang setara ini.

Bawang putih dipercaya dapat mengaktifkan produksi endotelium (turunan faktor relaksasi) karena tingginya kandungan molekul yang mengandung polisulfida, sulfur. Hal ini menyebabkan otot menjadi lebih relaks dan juga menyebabkan pelebaran pembuluh darah (vasodilasi), kemudian juga relaksasi otot polos pada dinding pembuluh. Jika kita keberatan mengkonsumsi bawang putih mentah, kita tetap dapat merasakah manfaat bawang putih dengan mengkonsumsi suplemen bawang putih karena tidak menimbulkan bau mulut yang berlebihan

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Bawang putih dapat membantuk menurunkan resiko penyakit jantung denga menurunkan jumlah total kolestrol LDL. Penelitian pada tahun 2000-an yang dipublikasi di jurnal internasional menemukan bahwa efek konsumsi bawang putih pada orang dengan kadar kolestrol yang sedang, dapat menurunkan tingginya tingkat kolestrol.

Suplemen bawang putih dapat juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk melarutkan pembekuan darah yang ditakutkan dapat meningkatkan resiko serangan jantung karena pembekuan darah tersebut menutup arteri sehingga darah tidak dapat mengalir dengan baik.

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sayur – sayuran berkadar alkali yang baik dilengkapi dengan nutrisi yang dibutuhkan bagi tulang yaitu zinc, mangan, vitamin B6, dan juga vitamin C. Seorang ahli gizi menyebutkan bahwa bawang putih mengandung mangan yang benar- benar tinggi, dimana mengandung enzim dan anti oksidan yang memfasilitasi tulang untuk bertumbuh dengan baik, memperkuat jaringan ikat, memperbaiki metabolisme tulang, dan membantu penyerapan kalsium.

Manfaat bawang putih bagi tulang dapat dirasakan secara khusus oleh wanita. Yaitu membantu mengurangi hilangnya kandungan tulang wanita karena meningkatnya hormon estrogen pada wanita. Wanita tua yang mengkonsusmsi bawang putih kering satu satu siung setiap harinya diperkirakan mampu meningkatkan hormon yang dapat menekan estrogen yang dapat mengurangi kekuatan tulang pada wanita tua.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa minyak bawang putih mampu menjaga kesehatan tulang pada tikus yang menderita penyakit tulang. Dengan kata lain, bawang putih mengandung nutrisi yang sangat baik yang bertindan sebagai blok tulang yang baik dan sehat.

Anti Kanker

Meskipun tidak sekuat bukti penelitian pada sayuran, ternyata bawang putih juga diteliti dengan kaitannya dengan pencegahan kanker. Penelitian tentang sayur – sayuran yang mengandung allium, termasuk bawang putih, menunjukan bahwa bawang putih juga memiliki sifat anti kanker yang sangat pentin.

Menariknya, mengkonsumsi bawang putih yang tinggi, diteliti dapat mengurangi resiko semua jenis kanker termasuk kanker prostat dan kanker payudara. Sedangkan konsumsi bawang putih dengan porsi sedang berdampak pada pengurangan resiko untuk tipe kanker usus dan ginjal.

Senyawa yang terkandung di dalam bawang putih memerankan peranan penting, yaitu mengaktifkan molekul yang disebut erithroid pada sel. Molekul ini kemudia masuk ke dalam inti sel dan melawan sel-sel yang dapat memicu kanker.

Perbedaan jumlah asupan bawang putih setiap harinya sangatlah besar rupanya. Konsumsilah bawang putih sebanyak-banyaknya jika kitia ingin mendapatkan manfaat bawang putih yang maksimal.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*