Home » Kesehatan » Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Beras Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Beras MerahMerubah gaya hidup

Manfaat beras merah tengah gencar disuarakan oleh para penggiat dan pelaku diet sehat. Tak ayal begitu banyak orang yang akhirnya beralih pada beras merah sebagai salah satu gaya hidup sehat. Tak hanya itu, beras merah pun diketahui sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara aman.

Dimana tidak ada efek samping layaknya produk kimiawi ataupun obat-obatan yang banyak beredar di pasaran. Selain itu, beras merah pun nyatanya sangat mudah dijumpai di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

Di Indonesia, keberadaan beras merah seringkali dikaitkan dengan para penderita diabetes. Pasalnya kandungan gula di dalam beras merah sendiri sangatlah rendah daripada beras putih yang sering dikonsumsi. Sebagai sumber karbohidrat kompleks, beras merah cukup berbeda dengan beras yang sering kita konsumsi. Tak ayal jika akhirnya banyak pembuktian medis yang mengatakan bahwa beras merah layak dijadikan pengganti nasi putih yang sering Anda konsumsi.

Perlu diketahui, beras merah mengandung nilai gizi yang lebih tinggi dibanding nasi putih. Sehingga manfaat beras merah ini tak main-main untuk menjaga kesehatan serta berat badan Anda. Walaupun demikian, masih banyak memang orang yang enggan beralih pada beras merah dari nasi putih. Alasannya tentu saja dari faktor rasa yang cukup berbeda jauh antara keduanya. Dimana beras putih memiliki rasa yang lebih nikmat dan manis, sedangkan beras merah tidaklah demikian.

Manfaat beras merah

Dalam berbagai penelitian ilmiah, nilai gizi beras merah memang jauh lebih unggul dari nasi putih. Setidaknya ada beberapa manfaat yang dapat Anda jumpai dari beras merah tersebut, seperti.

  • Kandungan serat yang tinggi

Rasanya tak akan salah Anda mengikhlaskan rasa dengan manfaat kesehatan yang didapat. Nasi putih diketahui hanya mengandung karbohidrat sederhana yang bersifat mengenyangkan. Sedangkan beras merah, beras hitam juga brown rice mengandung serat yang sangat tinggi. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan serat yang sangat tinggi pada beras-beras tersebut dapat membantu menjaga kesehatan usus serta sistem pencernaan seseorang.

  • Menyehatkan empedu

Seringkali orang merasa menyesal setelah dirinya mengidap suatu penyakit serius, entah itu bersifat kronis atapun sementara. Kali ini, penyakit batu empedu menjadi penyakit yang perlu Anda waspadai akan dialami. Guna mendapatkan empedu yang sehat, Anda bisa merasakan manfaat beras merah yang dikonsumsi secara rutin. Kandungan serat di dalam beras merah membantu melarutkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan begini, otomatis kinerja empedu akan lebih mudah dan menghindari terbentuknya batu empedu.

  • Baik untuk penderita diabetes

Gaya hidup tidak sehat nyatanya mampu memicu berbagai penyakit kronis. Salah satunya adalah diabetes atau kencing manis yang diakibatkan oleh kadar gula darah cukup tinggi. Pada beberapa orang, diabetes sendiri adalah penyakit turunan atau degeneratif yang cukup mengganggu. Pasalnya mereka tidak bisa melakukan berbagai aktivitas ketika kadar gula darah meningkat. Selain itu, ada pula yang mengeluhkan luka tak kunjung sembuh di bagian kaki.

Para penderita diabetes ada baiknya beralih ke beras merah yang jauh tinggi serat serta rendah indeks glikemiksnya. Tak hanya itu, beras merah pun mengandung kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan beras putih. Dengan indeks glimeks yang rendah, ini berarti Anda tengah mengontrol kadar gula darah melalui manfaat beras merah. Di samping itu, sumber energi yang baik berasal dari beras merah yang jauh lebih sehat tentunya.

  • Mencegah kemungkinan mengalami kanker

Siapa yang ingin menderita kanker dan harus meregang nyawa dengan penyakit kronis tersebut? Tentunya tak ada seorang pun yang ingin menderita kanker berbahaya bukan? Salah satu kelebihan beras merah sendiri adalah kandungan selenium serta polifenol penangkal kanker. Seperti yang kita ketahui, polifenol dan selenium mampu mencegah terjadinya kanker usus besar. Di samping itu, kandungan antioksidan yang tinggi pun dapat mencegah berbagai macam kanker berkembang di dalam tubuh.

  • Menangkal radikal bebas

Sering terpapar polusi serta zat kimia berbahaya sangat rentan bagi tubuh Anda. Tanpa disadari, radikal bebas tersebut dapat memicu berbagai macam penyakit berbahaya. Sebut saja kanker, sakit jantung, sinusitis, ataupun tumor ganas yang berkembang di dalam tubuh. Guna menyiasati hal tersebut, cobalah untuk menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin. Langkah awalnya, gantilah nasi putih Anda dengan manfaat beras merah yang mulai terbukti.

Beras merah mengandung mangan dan zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mangan sendiri dapat membantu tubuh memperoleh energi yang merupakan komponen penting dalam pembentukan enzim. Enzim ini nantinya akan berfungsi menangkal radikal bebas dan melindungi tubuh dengan sistem kekebalan. Tak hanya itu, beras merahpun disinyalir mengandung zinc yang bekerja aktif menyembuhkan luka serta mencegah radikal bebas untuk berkembang.

  • Mencegah berat badan berlebih

Berbeda dari nasi putih yang hanya menjadi sumber karbohidrat sederhana, beras merah adalah sumber karbohidrat kompleks. Dimana pelepasan energi akan dilakukan secara bertahap, sehingga Anda akan merasakan lapar jauh lebih lama. Manfaat beras merah itu dikarenakan kandungan kalori yang cukup rendah untuk dikonsumsi. Hal tersebut memungkinkan Anda terhindar dari perut buncit ataupun sering menyemil makanan yang tidak sehat.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin B6

Sedikit merubah kebiasaan nyatanya berperan aktif bagi kelangsungan serta kesehatan Anda di masa akan datang. Langkah ini berlaku pula pada beras merah yang bisa Anda konsumsi guna memenuhi kebutuhan vitamin B6 sehari-hari.

Setidaknya sekitar 23% kebutuhan vitamin B6 perhari bisa terpenuhi dengan sangat baik. Vitamin B6 bermanfaat dalam pembentukan hormon serotonin, menjaga tubuh melakukan sistem metabolisme, membantu pembentukan sel-sel DNA serta sel darah merah.

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Sama dengan kadar gula darah yang tinggi, beras merah pun mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam darah. Dengan mengkonsumsi beras merah secara rutin, ini sama saja Anda telah membantu tubuh membuang kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan demikian, sudah barang tentu kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah semakin meningkat. Anda pun dengan mudah mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

  • Berperan aktif dalam kesehatan tulang

Selain membutuhkan kalsium dan vitamin D, menjaga kesehatan tulang pun memerlukan magnesium. Magnesium dapat pula Anda jumpai pada beras merah yang dikonsumsi sehari-hari. Sudah jelas bukan rasanya jika Anda dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi hanya dari beras merah yang dikonsumsi.

Setelah mengetahui serangkaian manfaat yang terkandung di dalam beras merah, Anda tentunya sudah mulai berpikir untuk mengganti ke pola makan yang sehat. Tak ada alasan lainnya untuk menunda gaya hidup sehat yang bisa bermanfaat bagi tubuh beberapa tahun ke depan.

Walaupun harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit, bukan berarti semua hal tersebut tidak bermanfaat. Bahkan Anda pun bisa merasakan segala manfaat beras merah hanya dengan merubah kebiasaan mulai dari sekarang.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini