Home » Kesehatan » 5 Besar Manfaat Daun Binahong Sebagai Pengobatan Herbal

5 Besar Manfaat Daun Binahong Sebagai Pengobatan Herbal

Manfaat Daun BinahongManfaat daun binahong sudah tidak diragukan lagi di dunia tanaman herbal. Binahong adalah sejenis tanaman merambat atau menjalar dan sangat mudah sekali hidup di mana saja, memiliki batang yang lunak, batang berbentuk silindris dan berwarna kemerahan serta jika sudah tua batangnya menjadi berwarna keputihan, analgesik, memiliki daun yang tidak begitu lebar dan diantara batang yang sudah tua memiliki batang yang membesar seperti umbi berbentuk bulat kasar dengan diameter 1-3 mm.

Daun binahong memiliki nama latin yaitu Anredera Cordifolia dan nama ilmiahnya Bassela Rubra Linn sedangkan di China disebut daun Deng San Chi, dimana kata binahong sendiri berasal dari bahasa Korea. Berikut akan dibahas 5 besar manfaat daun binahong sebagai pengobatan herbal.

Sebagai Antiseptik Pada Luka Berdarah

Daun binahong yang mengandung antiseptik sehingga dapat digunakan sebagai obat luka berdarah yang disebabkan oleh goresan benda tajam dapat diatasi dengan memanfaatkan daun binahong yang dengan mudah dapat digunakan sebagai langkah awal mengobati luka berdarah, caranya ambil beberapa daun binahong kemudian bersihkan dengan air bersih lalu remas – remas sampai berlendir atau kunyah hingga halus dan segera tempelkan pada bagian yang luka, tidak lama kemudian luka berdarah segera kering dan tidak mengeluarkan darah lagi.

Sebagai Pencegahan Berbagai Penyakit Aliran Darah

Manfaat besar daun binahong adalah sebagai pencegahan penyakit aliran darah, seperti mencegah penyakit stroke, meringankan asam urat dan mengatasi masalah kolesterol. Mereka yang memiliki masalah dengan kurang lancarnya aliran darah dalam tubuh yang mengakibatkan penyumbatan darah sehigga darah menjadi tidak lancar. Stroke merupakan penyakit yang sangat mematikan dan melemahkan tubuh hingga tidak berdaya hingga mereka yang sudah mengalami stroke sulit untuk disembuhkan.

Maka sangat penting memiliki dan menanam tanaman merambat yang mudah sekali tumbuh dilingkungan rumah dapat di tanam di pot atau di tanah secara langsung tetapi harus dibuatkan rambatan ke atas dahulu sehingga kalau tumbuh tidak kotor terkena tanah ketika di siram. Binahong mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dimana kolesterol yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah sehingga seluruh alirah di dalam tubuh menjadi tidak lancar.

Sebagai penghancur kristal – kristal asam urat dalam tubuh, dimana Kristal yang banyak ditemukan pada daerah persendian, ketika Kristal tersebut menumpuk banyak maka daerah persendian akan menjadi terasa sakit dan nyeri, dapat berakibat kelumpuhan jika tidak segera diatasi. Cara meramu untuk pengobatan kolesterol, pencegahan stroke dan meringankan asam urat adalah ambil beberapa daun binahong kemudian rebus dengan air bersih, perbandingannya adalah air 3 gelas banyaknya daun binahong 15 daun.

Rebus sampai mendidih dan air menyusut menjadi 1 setengah gelas. Minumlah secara rutin setiap hari 2 kali sehari pagi dan sore hari. Selain itu rebusan daun binahong juga dapat mengobati mereka yang memiliki keluhan dengan pada lambung atau sakit maag, dengan cepat mereka terbebas dari rasa sakit maag setelah meminum air rebusan daun yang penuh dengan manfaat tersebut, karena daun binahong mampu menormalkan kembali fungsi asam lambung yang terlalu berlebih.

Sebagai Pengobatan Penyakit Pada Wajah

Sudah menjadi hal yang menjengkelkan pada seseorang yang memiliki jerawat pada wajah. Salah satu manfaat daun binahong untuk kulit wajah adalah dapat digunakan untuk mengobati jerawat yang tumbuh di wajah yang biasanya meninggalkan bekas kehitaman bahkan dapat membuat wajah menjadi berlubang pada kasus jerawat yang sudah kronis.

Caranya wajah yang akan diobati harus di cuci dulu sampai bersih, kemudian ambil daun binahong secukupnya, lalu remas halus atau gerus sehalus mungkin daun binahong tersebut, setelah lembut halus tempelkan pada beberapa jerawat penyebab masalah wajah tersebut, diamkan beberapa menit hingga setengah mengeras atau kering, setelah itu bilas dengan air bersih.

Perawatan pada kulit wajah juga dapat dilakukan dengan cara di minum jadi pengobatan dari dalam tubuh, caranya dengan membuatnya menjadi sebuah jus atau diblender dan di minum, dengan demikian pengobatan yang dilakukan dapat lebih optimal lagi. Sedangkan untuk menjaga pori – pori wajah tetap halus dan mengecil rebuslah daun binahong dan menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh muka setiap hari pagi dan sore.

Sebagai Obat Luka Memar dan Luka Pasca Operasi

Luka memar yang disebabkan berbagai hal seperti terkena jatuhan benda berat, luka memar terjepit atau luka memar akibat digigit serangga dapat diatasi dengan meramu daun binahong dengan cara daun binahong dihaluskan hingga berlendir kemudian ditempelkan pada bagian yang memar.

Luka pasca operasi juga cepat disembuhkan dengan daun binahong, caranya dengan merebus daun binahong sebanyak 20 lembar dengan 3 gelas air, lalu direbus hingga air tersisa 2 gelas, minumlah teratur 1 kali sehari, luka pasca operasi akan sembuh dari dalam dan cepat mengering.

Sebagai Bahan Dasar Dalam Bentuk Minyak Atsiri

Karena kandungan dalam tanaman merambat tersebut sangat banyak yaitu mengandung zat kimia seperti saponin, polifenal dan alkaloid. Dimana saponin adalah zat senyawa yang aktif dimana memiliki sifat seperti sabun, dimana secara kimia sebagai antibakteri.

Daun binahong dapat dimanfaatkan dengan cara disuling dan diambil sari minyaknya sehingga menjadi minyak atsiri yang besar manfaatnya dan praktis dalam penggunaannya, karena sebagai minyak eteris yang dapat menguap dengan mudahnya sehingga perlu ditutup rapat-rapat setelah digunakan. Pada proses penyulingan pertama kali minyak daun binahong berwarna putih bening dan semakin lama akan semakin gelap jika terpapar lama diudara bebas, sehingga memerlukan penyimpanan dengan benar.

Manfaat dalam bentuk minyak atsiri dapat digunakan sebagai bahan antiseptic secara alami baik internal atau ekternal, bahan nalgesic, enzimatik, sedative, stimulant, obat sakit perut, hemolitik, bahan pewangi kosmetik juga sebagai bahan dasar sabun. Sehingga begitu besar manfaat tanaman binahong dalam bentuk minyak atsiri sebagai bahan dasar untuk berbagai keperluan khususnya dalam bidang kesehatan.

Dengan perkembangan kemajuan pemanfaatan tanaman secara maksimal cara penggunaan sebagai obat juga sekarang lebih praktis karena sudah tersedia dalam bentuk serbuk dalam kapsul ataupun bentuk pil juga diracik dalam bentuk kering dimana lebih praktis seperti meracik sebuah teh, diseduh dengan air panas bahkan ada yang berbentuk celup, sehingga lebih mudah dan praktis untuk pengobatan penyakit ringan seperti pencegahan penyakit sariawan, mengatasi darah rendah, mengobati pusing pada kepala, mengobati penyakit diare atau disentri, menormalkan dan menetralkan darah, mengobati usus bengkak, meringankan sesak napas, mengatasi gatal – gatal pada kulit, melancarkan sirkulasi dalam darah atau hanya sekedar menghangatkan badan.

Juga khasiat daun binahong yang bersifat aprodiask yang dipercaya mampu membangkitkan stamina para pria dewasa, meningkatkan vitalitas dalam tubuh dan memperbaiki gangguan ejakulasi dini. Sangat besar dan banyak sekali yang dapat diperoleh dari menanam tanaman binahong khususnya yang harus diketahui tentang 5 besar manfaat daun binahong.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*