Home » Kesehatan » Manfaat Daun Salam Ternyata Bukan Hanya Sekedar Penyedap

Manfaat Daun Salam Ternyata Bukan Hanya Sekedar Penyedap

Manfaat Daun SalamManfaat daun salam di dunia pengobatan herbal atau pengobatan alternatif sudah terkenal khasiatnya. Daun salam memiliki reputasi sebagai tanaman herbal yang kaya manfaat. Anda pasti sudah familiar dengan daun yang sering dijadikan tambahan bahan masakan ini.

Bentuk daun dan pohonnya biasa saja bahkan tidak ada yang special, sekilas hanya tampak seperti tanaman hijau biasa. Tapi ternyata di balik kesederhanaan penampilannya, daun salam menyimpan rahasia khasiat yang bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kronis yang diderita oleh manusia.

Mengenal daun salam

Pohon salam hanya menghasilkan daunnya saja dan tidak berbuah. Tanaman daun salam memiliki nama latin Syzygium polyanthum dan dikenal sebagai daun rempah Indonesia dengan nama internasionalnya dikenal dengan Indonesian bay-leaf atau Indonesian laurel. Di Indonesia sendiri, daun ini memiliki beberapa nama di masing-masing daerah:

  • Aceh/melayu : ubar serai
  • Sunda, Jawa, Madura: daun salam
  • Kangean: kastolam
  • Sumatera : meselengan

Dalam kehidupan sehari-hari daun salam kerap dijadikan bumbu masakan yang memberikan aroma khas herbal namun tidak menyengat. Memasak dengan daun salam biasanya dipasangkan dengan lengkuas untuk memberi aroma wangi pada masakan.

Daun salam baik kering maupun segar juga bisa digunakan untuk mengungkep daging agar empuk dan tidak amis. Daun salam biasa digunakan untuk memasak daging ayam, sapi, ikan, bahkan nasi, dan masih banyak kegunaan lain dan manfaat daun salam.

Bukan hanya daunnya saja yang bermanfaat namun juga batang dan kulit batangnya. Batang pohon salam yang berwarna cokelat kemerahan sering dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah tangga dan bahan bangunan yang lebih dikenal dengan nama kayu kelat dan berkualitas menengah. Sedangkan kulit batang pohon salam dimanfaatkan untuk bahan anyaman kerajinan, dan mewarnai jala.

Kegunaan daun salam

Manfaat daun salam untuk kehidupan manusia ternyata tidak sebatas pada sebagai bumbu masakan saja. Ekstrak daun salam dapat dijadikan sebagai obat antijamur dan antibakteri. Daun salam juga mengandung flavonoid yang merupakan zat antikanker dan dapat menurunkan kolesterol. Secara umum, manfaat daun salam untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

  • Membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar dan melancarkan buang air besar
  • Mencegah terjadinya kanker dan mencegah sel kanker berkembang biak di dalam tubuh
  • Membantu mengatasi gangguan pernasapan seperti sesak napas, ngorok, dan sebagainya
  • Melindungi jantung
  • Mencegah terkena diabetes
  • Mengatasi peradangan (antiinflamasi)
  • Memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit tetap sehat

Manfaat daun salam pada umumya bisa didapatkan dengan merebus beberapa lembar daun salam dengan air putih, lalu diminum airnya. Anda bisa menambahkan pemanis seperti gula aren atau madu jika ingin ada rasanya namun hindari menambahkan gula pasir karena gula pasir bisa meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan mengandung banyak kalori. Berikut adalah manfaat daun salam yang sebaiknya Anda tahu:

1. Melancarkan pencernaan

Daun salam yang dicampur dalam masakan bisa melancarkan pencernaan Anda dan mengatasi masalah pencernaan. Masalah pencernaan yang sering dialami oleh manusia adalah susah buang air besar, diare, muntah, dan lain sebagainya.

Pencernaan yang tidak lancar akan menimbun kotoran di dalam tubuh dan menjadikannya racun. Untuk melancarkan pencernaan, Anda bisa meminum rebusan air daun salam yang ditambahkan dengan sedikit garam. Ramuan ini ampuh untuk mengatasi diare.

2. Mengatasi hipertensi

Tekanan darah tinggi berarti tekanan darah Anda di atas batas normal yang bisa menyebabkan penyakit kardivaskular. Tekanan darah yang tinggi berarti sirkulasi darah akan terhambat sehingga mengganggu kerja jantung dan meningkatkan resiko stroke.

Manfaat daun salam mengandung mineral yang bisa menurunkan tekanan darah kembali ke level normal bila diminum setiap hari. Air rebusan daun salam bisa dicampur dengan daun sambiloto agar khasiatnya semakin ampuh.

3. Mengatasi asam urat

Asam urat terjadi karena pengapuran zat purin yang biasanya terjadi di persendian. Maka dari itu penderita asam urat bisa merasakan nyeri yang sangat di sendi terutama di jempolnya. Membuat minuman dari daun salam untuk mengatasi asam urat sedikit berbeda.

Keirngkan 10 lembar daun salam hingga benar-benar kering lalu rebus bersama dengan 10 gelas air hingga air yang tersisa kira-kira hanya 7 gelas saja. Air rebusan ini kemudian diminum setiap hari satu gelas satu hari untuk menurunkan kadar purin dalam darah.

4. Mengatasi iritasi mata

Manfaat daun salam selanjutnya adalah mengatasi iritasi pada mata karena kotoran. Debu yang beterbangan bisa menyebabkan mata menjadi kemerahan dan gatal. Jangan digaruk, karena jika semakin digaruk maka mata akan semakin merah dan terasa perih.

Untuk membersihkannya rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih dan daun salam sudah layu. Lalu tunggu hingga agak dingin kemudian dengan kapas bersih usapkan air rebusan ke mata. Atau Anda juga bisa menggunakan air rebusan untuk mencuci mata, karena daun salam mengandung ekstrak entanol.

5. Menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat dan tidak memperhatikan asupan makanan serta jarang olahraga. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan diabetes, sakit jantung, dan penyakit bahaya lainnya.

Menurunkan kolesterol adalah salah satu manfaat daun salam yang paling dikenal oleh masyarakat. Untuk menurunkan kadar kolesterol, cuci 10-15 lembar daun salam lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas. Rebus hingga air yang tersisa hingga 1 gelas. 1 gelas air rebusan ini kemudian diminum setiap hari sampai kadar kolesterol turun. Kadar kolesterol hanya bisa dicek di klinik.

6. Menurunkan berat badan tubuh

Bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan tubuh dengan cara yang alami dan sehat, minum air rebusan daun salam adalah solusinya. Manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan juga sejalan dengan mencegah diabetes, karena salah satu faktor utama penyakit diabetes adalah kelebihan berat badan.

Ambil 20-30 lembar daun salam lalu cuci bersih. Daun salam kemudian direbus dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa 2 gelas saja. Air rebusan ini kemudian diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas pada pagi dan malam sebelum tidur.

Masih banyak lagi manfaat daun salam yang baik untuk tubuh antara lain adalah mengatasi maag akut, mengurangi mabuk karena alkohol, membuat gigi tampak lebih putih, dan lain sebagainya. Daun salam sebagai bumbu dapur ternyata tidak dapat diremehkan khasiatnya, oleh karena itu tanamlah pohon salam di pekarangan rumah Anda agar lebih mudah untuk mendapatkan manfaat daun salam.

Pohon salam sangat mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan banyak tempat dan banyak air. Tambahkanlan daun salam dalam setiap masakan yang Anda buat agar makanan yang masuk lebih bermanfaat. Demikian uraian mengenai manfaat daun salam bagi kesehatan, semoga bermanfaat.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini