Home » Kesehatan » Manfaat Susu Kedelai dan Nutrisi yang Terkandung Didalamnya

Manfaat Susu Kedelai dan Nutrisi yang Terkandung Didalamnya

susu kedelaiManfaat susu kedelai untuk kesehatan sangatlah banyak, sehingga menjadi salah satu minuman yang banyak digemari oleh keluarga di Indonesia. susu yang berasal dari ekstrak kacang kedelai ini sangat mudah didapatkan dimana saja dan kapan saja, bukan hanya karena rasanya yang enak dan segar akan tetapi manfaatnya juga penting untuk kesehatan tubuh.

Bagi mereka yang alergi dengan susu sapi atau laktosa dapat beralih pada susu kedelai sebagai susu pengganti, meskipun sebenarnya secara teknis susu kedelai bukanlah seperti susu sapi yang berasal dari hewan ternak karena berasal dari tumbuhan atau kacang-kacangan yang umumnya dikonsumsi oleh mereka yang vegetarian. Oleh karena itu dibawah ini akan kami uraikan secara singkat apa saja manfaat susu kedelai, kandungan nutrisi dan efek sampingnya.

Kandungan Nutrisi Susu Kedelai

Susu kedelai yang berasal dari kacang-kacangan memiliki kandungan nutrisi yang mencakup vitamin E dan K, fiber (serat), karbohidrat, asam lemak esensial dan asam amino (lisin).

  • Mineral dan vitamin

Susu kedelai sangat kaya akan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk menjaga kondisi tubuh dan memperbaiki kualitas kesehatan, diantaranya adalah :

  • Zat besi
  • Kalsium
  • Riboflavin
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Vitamin B12
  • Protein

Kandungan protein pada kacang kedelai sangatlah banyak, sehingga saat diolah menjadi susu kedelai akan menjadi sumber protein alami yang sangat dibutuhkan tubuh. Kacang kedelai juga mengandung 9 asam amino essensial yang secara alami akan menjadi protein baru saat diolah didalam tubuh, selain itu asam amino juga secara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh (antibody) yang sangat baik untuk membuat tubuh lebih tangguh dalam melawan berbagai virus, kuman dan bakteri.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa protein sangat berperan penting dalam membangun jaringan tubuh, dimana zat-zat yang dihasilkan dapat mempercepat proses perubahan sel-sel menjadi energi. Bila Anda mengkonsumsi 2 gelas susu kedelai sehari tanpa gula, maka kandungan dari setiap satu gelas susu kedelai adalah 7 gram protein.

Berbagai Manfaat Susu Kedelai

Ada 3 manfaat susu kedelai bagi manusia yaitu untuk kesehatan, sebagai pengganti susu sapi, dan sebagai salah satu menu dalam program diet, berikut ini kami uraiakan secara singkat :

Manfaat susu kedelai untuk kesehatan

  • Memelihara kesehatan jantung

Kandungan lemak yang rendah dan protein yang tinggi pada susu kedelai menjadikannya salah satu pilihan terbaik bagi mereka yang memiliki masalah dengan kesehatan jantung, terutama kaum pria yang lebih rentan dengan serangan jantung. Bahkan sebuah portal kesehatan duni merekomendasikan untuk mengkonsumsi susu kedelai untuk menjaga kesehatan jantung.

  • Menjaga kestabilan tekanan darah

Keseimbangan kandungan asam lemak tak jenuh dan jenuh membuat susu kedelai dapat menjaga kestabilan tekanan darah, selain itu kandungan vitamin E, B6 dan asam folat mejadikannya sebagai pencegah penyakit jantung terbaik, dan magnesiumnya berperan dalam menyeimbangkan tekanan darah yang terkadang dalam kondisi tertentu tiba-tiba meningkat.

  • Mengurangi kadar kolesterol

Isoflavon dalam kedelai yang termasuk dalam jenis kacang-kacangan diubah menjadi antioksidan didalam tubuh, sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik, sedangkan kandungan lesitinnya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung dan tubuh.

  • Mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis)

Meskipun pengeroposan tulang atau osteoporosis lebih banyak terjadi karena pengaruh hormon, namun dengan mengkonsumsi susu kedelai setiap hari maka dapat kandungan kalsium didalamnya dapat mencegah percepatan hilangnya kepadatan tulang yang menjadi penyebab osteoporosis.

  • Mengurangi Resiko Menderita Penyakit Kencing Manis (Diabetes)

Susu kedelai yang berasal dari kacang-kacangan membuat protein yang dihasilkan lebih mudah diolah oleh ginjal dibandingkan dengan protein yang dihasilkan oleh susu sapi. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga yang menderita diabetes.

  • Membantu memelihara kesehatan psikologis (mental)

Mungkin Anda masih bertanya-tanya, apa hubungan susu kedelai dengan kesehatan psikologis atau mental manusia, namun ternyata salah satu manfaat susu kedelai yang tidak terduga adalah mengurangi resiko terjadinya depresi dan stress karena kandungan zat mikro gizi didalamnya ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan mental. Kadar magnesium dan vitamin B6 didalamnya mampu meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh, sehingga sama baiknya dengan obat anti-depresi.

Manfaat susu kedelai sebagai pengganti susu sapi

Beberapa bayi atau anak-anak ternyata mengalami alergi dengan laktosa yang umumnya terdapat pada susu sapi, sehingaa untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan vitamin mereka maka ahli kesehatan lebih banyak menyarankan untuk menggantinya dengan susu kedelai.

Bagi anak-anak yang memiliki masalah dengan syaraf seperti autis, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai karena kandungan susu sapi dapat mengganggu fungsi otak mereka, sedangkan susu kedelai dapat memelihara dan memperbaiki fungsi otak mereka.

Begitupun juga bagi mereka yang vegetarian, untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh sebaiknya mengkonsumsi susu kedelai.

Manfaat susu kedelai sebagai salah satu menu program diet

Bila dibandingkan dengan susu sapi maka susu kedelai lebih rendah lemak dan tinggi protein, oleh karena itu Anda tidak usah khawatir akan mengalami kegemukan bila mengkonsumsinya secara rutin. Selain itu kandungan karbohidrat oligosakarida yang terdapat didalamnya juga tidak terserap oleh air sehingga sangan baik bila Anda memasukkannya dalam menu program diet yang sedang Anda jalani.

Apa Saja Efek Samping Negatif Susu Kedelai

Setiap makanan dan minuman yang memiliki manfaat tentu saja juga memiliki efek samping apabila dikonsumsi terlalu berlebihan, namun bila dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan maka sebenarnya efek sampingnya sama sekali tidak perlu Anda khawatirkan, namun untuk menambah pengetahuan Anda maka perlu kami informasikan bahwa susu kedelai juga mengandung anti-nutrients atau racun alami, sehingga untuk beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit tertentu akan dapat membahayakan kesehatan mereka. Berikut ini beberapa kandungan kedelai yang menjadi bahan dasar dari susu kedelai yang memiliki efek samping, yaitu :

  • Goitrogens yang dapat mengakibatkan fungsi tiroid mendapatkan tekanan yang cukup besar
  • Phytoestrogen yang terkadang mengurangi produksi hormon estrogen, sehingga dapat memberikan efek yagn kurang baik untuk jaringan tubuh.
  • Fitat yang dapat mengurangi penyerapan mineral

Selain itu bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit atau sedang menderita penyakit tertentu seperti kanker payudara, kerusakan pada bagian otak dan kelainan pada bayi sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi susu kedelai.

Demikianlah uraian singkat mengenai susu kedelai, semoga bisa memberikan tambahan informasi mengenai kandungan nutrisi yang terdapat didalam susu kedelai, efek sampingnya dan manfaatnya untuk kesehatan tubuh manusia. Namun kami sarankan untuk tidak membeli susu kedelai ditempat sembarangan sebaiknya belilah ditempat yang telah Anda ketahui kualitas pengolahannya agar Anda benar-benar bisa merasakan manfaat susu kedelai.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*