Home » Kesehatan » Inilah Manfaat Vitamin E Selain Untuk Kecantikan Kulit

Inilah Manfaat Vitamin E Selain Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Vitamin EManfaat vitamin e yang paling familiar di masyarakat adalah untuk kesehatan kulit agar tetap cantik dan awet muda. Itulah manfaat yang sering diiklankan oleh berbagai produk kecantikan kulit. Vitamin pada umumnya memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat vitamin adalah sebagai zat antioksidan yang dimanfaatkan untuk melawan radikal bebas, namun masih banyak manusia yang kekurangan vitamin setiap harinya. Hanya untuk kulit sajakah manfaat vitamin e bagi tubuh? Kali ini akan diulas apa itu sebenarnya vitamin e, bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh, dan dari mana saja sumber vitamin e berasal.

Apa itu vitamin e

Pernahkah Anda mengira dari mana nama asal vitamin yang kita kenal sekarang ini, apakah ada kepanjangannya? Ternyata para penemu substansi vitamin menamakannya berdasarkan urutan saja, maka dari itu vitamin e diberi nama seperti itu karena vitamin yang sebelumnya diberi nama a, b, c, dan d.

Vitamin e pertama kali ditemukan oleh Dr. H. M Evans pada tahun 1922 ketika melakukan percobaan kepada tikus hamil dengan substansi yang ketika itu diberi nama vitamin anti kemandulan. Ternyata vitamin tersebut sangat baik dikonsumsi oleh para wanita dengan segala resiko kesehatannya seperti kemandulan, keguguran, kelainan haid, dan lain sebagainya.

Vitamin e bersifat larut dalam lemak, artinya konsumsi vitamin e yang cukup setiap hari bisa mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Selain membuat gemuk, lemak merupakan tempat di mana kerusakan sel terjadi akibat radikal bebas sehingga tubuh mudah terserang penyakit.

Kebutuhan manusia akan vitamin e untuk menangkal radikal bebas adalah 120 IU per hari, tapi sayang karena masyarakat Indonesia rata-rata hanya memenuhi kebutuhan vitamin e sebanyak 13,4 IU per hari. Meskipun jarang terjadi, namun kelebihan vitamin e bisa menyebabkan gangguan respon sistem imun terhadap infeksi dan mengurangi efek manfaat vitamin e.

Manfaat vitamin e untuk tubuh

Vitamin e tidak hanya baik untuk kulit tapi juga masalah kesehatan penting lainnya. Konsumsi vitamin e dalam sehari yang dianjurkan adalah sebanyak 7 mg, kurang vitamin e salah satunya bisa menyebabkan luka berdarah lama untuk sembuh dan beresiko terjadi infeksi. Berikut adalah beberapa manfaat vitamin e jika dikonsumsi secara cukup:

   1. Antioksidan yang baik

Vitamin e merupakan zat alkohol alami yang baik dan aman untuk tubuh, dibandingkan dengan asetat yang banyak digunakan di berbagai produk kecantikan. Sebagai zat antioksidan , vitamin e sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV, polusi, asap rokok, dan sumber radikal bebas lainnya. Minyak goreng yang mengandung vitamin e juga lebih baik karena vitamin e dapat mencegah minyak mengalami oksidasi yang menyebabkan minyak menjadi tengik.

2. Menghambat penuaan dini

Manfaat vitamin e selanjutnya adalah manfaat yang sering mondar mandir di televisi, yaitu untuk menunda munculnya tanda-tanda penuaan dini. Radikal bebas yang banyak beredar di udara bebas akan menyerang sel dalam tubuh dan berusaha membuatnya menjadi sel berpenyakit. Sel yang tidak sehat akan menjadi sulit untuk beregenerasi dan hal inilah yang menyebabkan kulit kusam, muncul garis-garis halus, flek hitam, dan tanda penuaan dini lainnya.

  3. Perlindungan terhadap sinar matahari

Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar atau sekedar main di alam bebas, pastikan untuk memakai lotion atau tabir surya yang mengandung vitamin e 20 menit sebelum keluar rumah. Vitamin e pada lotion dapat masuk hingga ke lapisan epidermis kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari agar tidak terbakar.

    4. Mencegah kanker kulit

Kanker kulit juga merupakan penyakit yang terjadi akibat radikal bebas. Manfaat vitamin e adalah melindungi DNA dan sel dari kanker sehingga sel kanker tidak dapat berkembang biak. Selain itu vitamin e juga mencegah pertumbuhan tumor dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah zat pra kanker sebelum menjadi zat karsinogen atau zat penyebab kanker.

Selain manfaat vitamin e yang sudah dijelaskan di atas, ada lagi manfaat vitamin e yang lain yaitu untuk menjaga kadar minyak ketika sedang membersihkan wajah, mengurangi bekas luka pada kulit, mengurangi resiko kekeringan pada kulit dan meningkatkan fungsi kulit sebagai pelindung organ tubuh. Vitamin e sebenarnya sudah cukup baik digunakan dalam bentuk lotion, namun makanan yang mengandung vitamin e juga baik untuk dikonsumsi.

Untuk melindungi kulit dari radikal bebas, pilihlah produk yang menggunakan alkohol dalam bentuk vitamin e atau alpha-tokoferol, dan bukan dalam bentuk asetat atau alpha-tokoferol asetat. Alkohol dalam bentuk asetat akan sulit masuk ke pori-pori tubuh dan tidak menyerap dengan baik.

Sumber vitamin e

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin e sehari-hari, pada prinsipnya makan makanan yang bernutrisi tinggi juga sudah baik. Namun karena masyarakat Indonesia rata-rata masih kekurangan vitamin e padahal sudah makan banyak, Anda bisa mendapatkan vitamin e dari suplemen yang dijual secara bebas. Dalam memilih suplemen pastikan kandungannya aman untuk Anda, bila perlu konsultasikan dengan dokter. Berikut adalah sumber makanan yang banyak mengandung vitamin e:

    1. Bayam

Bayam sangat populer ketika kartun Popeye berada pada masa puncaknya. Kekuatan Popeye yang dikarenakan mengkonsumsi bayam ternyata bukan tanpa alasan. Bayam mengandung banyak zat yang berguna untuk tubuh antara lain adalah vitamn a dan zat besi. Bayam juga kaya akan vitamin e, di mana setiap 100 gram bayam terdapat vitamin e sebanyak 3,5 gram. Bayam bisa dijadikan beberapa masakan seperti sayur bening atau pecel sayur. Dalam memasak bayam sebaiknya jangan terlalu lama karena kandungan vitaminnya bisa hilang.

    2. Talas

Talas merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang mengandung akan manfaat vitamin e. Dalam 100 gram talas rebus terdapat 2,9 mg vitamin e. Harap hati-hati dalam mengolah umbi-umbian satu ini karena getahnya jika terkena kulit bisa menyebabkan gatal-gatal. Begitu juga dengan beberapa orang yang sensitif, mengkonsumsi talas meskipun sudah dicuci berkali-kali bisa menyebabkan gatal-gatal.

    3. Kacang almond

Kacang almond merupakan jenis kacang-kacangan yang paling banyak mengandung nutrisi bagi manusia, termasuk mengandung vitamin e yang paling tinggi. Dalam setiap 100 gram kacang almond, terdapat 26,3 mg vitamin E yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat vitamin e dalam kacang almond bisa Anda dapatkan dengan cara disangrai, atau dijadikan susu almond.

Cukupilah kebutuhan akan vitamin e setiap hari agar daya tahan tubuh tetap kuat. Terlebih lagi iklim dunia saat ini sedang mengalami perubahan, termasuk di Indonesia di mana tubuh memerlukan adaptasi untuk menyesuaikan terhadap cuaca. Pada saat proses adaptasi inilah daya tahan tubuh cenderung menurun, maka dari itu manfaat vitamin e bisa membantu Anda dalam membentengi tubuh agar tidak mudah terkena penyakit. Lindungi Anda dan keluarga Anda dengan makanan bergizi seimbang.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*