Home » Kesehatan » 6 Manfaat Buah Sirsak yang Luar Biasa untuk Tubuh Manusia

6 Manfaat Buah Sirsak yang Luar Biasa untuk Tubuh Manusia

Manfaat buah sirsakManfaat buah sirsak menjadi salah satu informasi yang menarik untuk dibaca setiap orang. Anda pun mungkin sudah pernah mencicipi jenis buah yang satu ini. Perlu Anda ketahui bahwa buah sirsak mempunyai nama latin Anona Muricata Linn. Sementara itu, nama sirsak sendiri berasal dari bahan Belanda, yaitu Zuurzak artinya kantung yang rasanya asam.

Memang buah sirsak berasa asam, sehingga tidak begitu populer sebagai buah yang dijadikan makanan pendamping. Namun demikian, buah sirsak lebih terkenal sebagai salah satu bahan herbal untuk mengobati berbagai macam penyakit. Pasalnya, buah dan daun sirsak setelah diteliti mengandung banyak unsur bahan-bahan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Beberapa kandungan alami di dalam buah sirsak, yaitu air, karbohidrat, vitamin C, fosfor, kalsium, serta mengandung serat pada daging buahnya. Dengan kandungan yang menyehatkan seperti itu, tidak sedikit orang atau pihak yang memanfaatkan buah sirsak untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setiap hari. Buah sirsak sangat mudah menemukannya.

Bagi Anda yang berdomisili di pedesaan mungkin masih bisa menemui pohon sirsak di kebun atau pekarangan rumah penduduk. Namun bagi Anda yang berdomisili di daerah perkotaan, bisa membelinya di pasar tradisional atau modern dengan harga yang sangat terjangkau. Lalu, apa saja manfaat buah sirsak untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh? Berikut sedikit informasinya untuk Anda simak.

Mencegah penyakit kanker

Di dalam tanaman sirsak terdapat bahan alami yang disebut Annonaceous Acetogenins. Bahan ini bisa diartikan sebagai zat antioksidan yang bisa menambah kekebalan tubuh serta menangkal berbagai bibit penyakit yang menyerang tubuh.

Dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwa salah satu jenis zat antioksidan yang terdapat pada tanaman sirsak tersebut sangat ampuh membunuh sel-sel kanker, seperti kanker prostat, payudara, usus besar, paru-paru, dan yang lainnya. Biasanya, zat antioksidan tersebut terdapat pada bagian biji, daun, dan batang tanaman sirsak.

Anda pun bisa memanfaatkannya sendiri. Namun untuk lebih praktisnya, sudah banyak produsen obat herbal yang memproduksi dan menjual obat-obatan herbal yang mengandung zat antioksidan tersebut. Silakan membuktikannya sendiri salah satu manfaat buah sirsak yang satu ini.

Melancarkan buang air kecil

Anda yang saat buang air kecil merasakan sakit nyeri di bagian alat vital, sudah seharusnya berhati-hati. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan Anda mengalami Haematuria, yaitu percampuran antara sel darah putih di dalam air kencing atau urine, yang juga menyebabkan penyakit hati ringan. Untuk mencegah penyakit tersebut, Anda cukup mengkonsumsi jus buah sirsak secara teratur.

Anda tidak perlu menambahkan bahan-bahan lainnya. Caranya cukup mudah, yaitu ambil daging buah sirsak dan jangan sampai terbawa bijinya. Selanjutnya, masukkan ke dalam blender atau juicer untuk dibuat minuman jus yang menyegarkan. Silakan untuk meminumnya secara teratur setiap hari untuk memperlancar buang air kecil dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Mencegah pengeroposan tulang

Penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang bukan hanya diderita oleh mereka yang lanjut usia saja. Namun, orang-orang yang masih berumur muda juga tidak menutup kemungkinan mengalaminya. Penyakit ini harus dicegah sedini mungkin dengan cara mengkonsumsi bahan-bahan makanan atau minuman yang berkalsium.

Jika terlambat dicegah, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami cacat tulang hingga kelumpuhan. Salah satu cara pencegahan penyakit osteoporosis yang lebih alami, yaitu mengkonsumsi buah sirsak secara teratur. Hal itu dikarenakan di dalam buah sirsak terkandung mineral jenis forsfor dan kalsium yang cukup tinggi.

Selain itu, kandungan tembaga di dalam buah sirsak juga ikut membantu penyerapan bahan kalsium ke dalam tulang lebih optimal. Dengan mengkonsumsi buah sirsak secara teratur dengan porsi yang dianjurkan, kebutuhan asupan kalsium untuk tulang dapat tercukupi. Anda pun tidak perlu khawatir lagi menderita penyakit osteoporosis yang bisa mengakibatkan kelumpuhan tersebut.

Mengobati sakit kepala sebelah atau migrain

Salah satu penyakit ringan tetapi sakitnya bisa begitu menyiksa, yaitu migrain. Penyakit kepala ini juga dapat diindikasikan seseorang mengalami gejala stres. Perlu Anda ketahui bahwa gejala stres meliputi, sakit kepala yang berkepanjangan, sulit tidur, susah berkonsentrasi, nafsu makan berkurang, dan lain sebagainya.

Untuk mengobati migrain, biasanya orang-orang lebih memilih untuk mengkonsumsi obat-obatan sakit kepala yang banyak dijual bebas di pasaran. Namun, tidak menutup kemungkinan dengan mengkonsumsi obat semacam itu Anda bisa mengalami efek samping negatif pada kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi buah sirsak yang efektif mengobati migrain dengan cara lebih alami. Di dalam buah sirsak terkandung vitamin B2 atau disebut Riboflavin yang sangat efektif meredakan sekaligus menyembuhkan penyakit sakit kepala, salah satunya migrain. Itulah salah satu manfaat buah sirsak yang bisa Anda buktikan sendiri.

Mencegah anemia atau kurang darah

Penyakit anemia atau kurang darah bisa dialami oleh setiap orang, baik pria ataupun wanita. Khususnya wanita yang hampir setiap bulan mengalami menstruasi atau datang bulan, biasanya merasakan tubuhnya cepat letih, lesu, dan capek. Pasalnya, wanita yang sedang menstruasi tersebut sedang kehilangan darah yang dikeluarkan dalam proses menstruasi.

Untuk mencegah gejala kurang darah seperti itu, Anda pun bisa mengkonsumsi buah sirsak yang memang mengandung zat besi. Kandungan zat besi memang sangat ampuh dan berkhasiat untuk memperbarui dan menumbuhkan sel-sel darah di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah sirsak secara teratur, Anda dijamin akan selalu terhindar dari gejala anemia atau kurang darah yang bisa menyerang kapan saja.

Meningkatkan tenaga atau energi

Manfaat buat sirsak yang selanjutnya, yaitu meningkatkan energi pada tubuh Anda. Tidak sedikit orang yang menginginkan energi atau tenaga untuk aktivitas sehari-hari. Terutama mereka yang bekerja di dalam atau di luar ruangan. Energi tersebut bisa sangat bermanfaat untuk menunjang efektivitas aktivitas kerja sehari-hari. Anda tidak perlu mengkonsumsi minuman suplemen penambah tenaga yang banyak dijual di pasaran saat ini.

Pasalnya, minuman penambah tenaga tersebut bukan tidak mungkin mengandung bahan-bahan yang secara langsung atau tidak mempengaruhi kesehatan tubuh. Misalnya, bahan kafein yang banyak terkandung di minuman penambah tenaga. Jika Anda meminumnya hampir tiap hari pasti akan merasakan ‘kecanduan’. Bahkan, beberapa orang merasakan sulit tidur, jantung berdebar-debar, serta mengeluarkan keringat dingin.

Untuk menghindari dampak negatif tersebut, sebaiknya Anda memilih minuman penambah tenaga yang bersifat lebih alami. Salah satunya, yaitu buah sirsak yang menyegarkan dan beraroma menggugah selera. Pasalnya, di dalam buah sirsak terkandung bahan Thiamin yang sangat bermafaat sebagai penambah tenaga. Anda pun bisa menjadikan buah sirsak sebagai minuman jus yang sehat, menyegarkan, dan menyehatkan.

Tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi jus buah sirsak seperti itu. Dijamin, energi Anda akan stabil dan tidak cepat loyo dalam melakukan aktivitas sehari-hari, setelah mengkonsumsinya. Itulah sedikit informasi yang semoga bermanfaat bagi Anda mengenai manfaat buah sirsak.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini