Home » Kesehatan » 13 Manfaat Kedelai Bagi Tubuh

13 Manfaat Kedelai Bagi Tubuh

13 Manfaat Kedelai Bagi TubuhAda banyak sekali manfaat kedelai bagi kesehatan tubuh kita. Anda pasti sudah mengkonsumsi kedelai ini, baik mengkonsumsi kedelai secara langsung maupun makanan yang dibuat dari kedelai. Kedelai ini mempunyai kandungan gizi yang baik bagi tubuh anda. Ada juga orang yang tidak menyukai kedelai karena bau dan rasanya yang khas. Kedelai ini cocok sekali untuk dijadikan makanan terutama untuk masyarakat menengah ke bawah.

Hal ini dikarenakan harganya yang murah, namun seluruh lapisan masyarakat menyukai kedelai ini. Kedelai ini tidak baik untuk di makan ketika belum di masak karena akan menganggu kelenjar tiroid. Anda dapat memasak kedelai tersebut sebelum mengkonsumsinya.

Selain itu, mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang banyak dan berturut-turut juga dapat menganggu kesehatan. Oleh karena itu, anda harus mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang tidak berlebihan sehingga mendapatkan manfaatnya. Berikut manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi kedelai:

1. Mengurangi resiko penyakit kanker

Penyakit kanker ini memang sangat ditakuti oleh semua orang. Memang belum ditemukan obat yang tepat untuk mengobati penyakit kanker ini, namun anda bisa mencegah penyakit kanker dengan mengkonsumsi kedelai. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung lemak tak jenuh. Kedelai ini juga mengandung omega-3 yang sering ditemukan pada ikan. Ini juga dapat menjadi solusi untuk anda yang tidak menyukai ikan, anda dapat mengkonsumsi kedelai untuk mendapatkan omega-3 ini. Anda biasanya mendapatkan omega-3 dari minyak ikan atau suplemen minyak ikan.

2. Sumber protein

Anda bisa mendapatkan protein yang cukup tinggi dari mengkonsumsi kedelai ini. Anda bisa mendapatkan protein hewani dan nabati, protein nabati ini anda dapat peroleh dari kedelai sedangkan protein hewani dari telur. Ini juga menjadi solusi jika anda tidak ingin mengkonsumsi protein hewani atau anda adalah seorang vegetarian.

3. Sumber serat

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kedelai mengandung serat yang cukup tinggi. Serat yang anda konsumsi dari kedelai ini dapat membantu anda melancarkan pencernaan. Anda dapat memperoleh serat ini dari makanan yang dibuat menggunakan kedelai seperti tempe. Untuk makanan seperti tahu dan kedelai, sumber seratnya telah berkurang sehingga tidak begitu membantu pencernaan anda.

Bukan hanya itu, kedelai juga mampu mengobati wasir dan sembelit. Anda dapat mengkonsumsi kedelai secara rutin untuk mengobati wasir dan sembelit ini. Anda bisa mengkonsumsi susu kedelai pada saat sebelum tidur untuk mengobati sembelit sehingga besok paginya anda bisa BAB dengan lancar.

4. Sumber kalsium

Kedelai mengandung sumber kalsium yang sama dengan mengkonsumsi susu. Seperti yang kita tahu kalsium mampu menguatkan tulang dan gigi. Dengan mengkonsumsi susu kedelai maka anda membantu menguatkan tulang dan gigi anda. Ini juga dapat menjadi solusi untuk anda yang tidak suka susu sapi atau alergi terhadap susu sapi, anda bisa mengkonsumsi susu kedelai ini.

5. Melindungi organ hati

Sama seperti jenis kacang-kacangan yang lain, kedelai juga mengandung zat-zat yang mampu melindungi sel dan organ hati. Kedelai juga mampu melancarkan metabolisme pada tubuh anda. Dengan mengkonsumsi kedelai anda mampu meningkatkan kinerja hati anda. Kedelai juga mampu memperbaiki kerusakan pada sel dan organ hati.

6. Membantu mencegah osteoporosis

Kedelai juga dipercaya mampu membantu pencegahan osteoporosis. Zat yang terkandung dalam kedelai ini membantu penguatan tulang anda yang mulai renta. Anda dapat mengkonsumsi produk olahan kedelai secara rutin. Untuk hasil terbaik, anda bisa mengkonsumsi susu kedelai.

Anda bisa mempunyai tulang yang kuat dan terhindar dari osteoporosis dengan mengkonsumsi susu kedelai. Anda juga bisa membuat sendiri susu kedelai atau membeli produk susu kedelai olahan yang banyak di jual di toko-toko terdekat. Jika anda yang tidak menyukai rasanya maka anda bisa menambahkan buah-buahan ke dalam susu kedelai anda.

7. Mengurangi racun dalam tubuh

Setiap hari kita menghirup polusi di udara yang sangat tidak baik bagi kesehatan kita. Dengan mengkonsumsi kedelai maka kita dapat mengurangi racun yang telah terserap dalam tubuh kita. Dengan anda mengkonsumsi kedelai maka racun yang terserap tadi akan diubah menjadi senyawa yang baik bagi tubuh kita.

8. Mencegah terjadinya penyakit alzheimer

Anda dapat mencegah timbulnya penyakit alzheimer ini dengan mengkonsumsi kedelai. Penyakit alzheimer ini sering timbul kepada orang yang telah lanjut usia. Namun, bukan berarti penyakit alzheimer ini tidak dapat timbul pada anda yang masih muda. Anda dapat mencegah penyakit alzheimer ini dengan mengkonsumsi kedelai. Anda juga dapat mengkonsumsi makanan lain yang membantu mengobati penyakit ini.

9. Untuk kesehatan jantung

Kedelai ini mempunyai kandungan gizi yang mampu mengobati penyakit jantung anda. Jantung anda akan lebih sehat dengan mengkonsumsi kedelai. Seperti jenis kacang-kacangan yang lainnya, yang mampu menjaga kesehatan jantung.

Minyak yang ada pada kedelai ini mampu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi ancaman terhadap penyakit jantung. Anda dapat mengkonsumsi 1 cangkir susu kedelai setiap harinya. Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai ini sebagai pengganti teh setiap paginya.

10. Membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi

Jika anda seringkali menghadapi masalah tekanan darah tinggi maka anda dapat mencoba mengkonsumsi kedelai. Dengan meminum kedelai secara rutin maka anda dapat mengkontrol tekanan darah tinggi. Ini juga dapat membantu anda menghindari tekanan darah tinggi sehingga anda sering mengalami sakit kepala yang hebat. Kandungan dalam kedelai yang mampu mengkontrol tekanan darah tinggi adalah magnesium. Magnesium dalam kedelai ini mempunyai komposisi yang cukup untuk mengatur tekanan darah tinggi.

11. Menghilangkan kolesterol

Apabila anda mempunyai masalah mengenai kolesterol yang tinggi dalam tubuh maka anda dapat mencoba mengkonsumsi kedelai ini. Anda juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang berada dalam darah anda. Anda bisa mengkonsumsi kedelai melalui produk kedelai olahan yang bisa anda buat sendiri.

12. Terhindar dari diabetes

Susu kedelai juga mampu mengurangi resiko penyakit diabetes. Anda dapat mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, baik itu pada pagi atau malam hari. Untuk menghindarkan diri dari penyakit diabetes ini maka anda dapat mengkonsumsi susu kedelai tanpa gula atau tawar. Susu kedelai juga lebih baik diserap oleh penderita diabetes daripada susu sapi. Oleh karena itu, susu kedelai lebih baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau untuk menghindari terkena penyakit diabetes.

13. Membantu meningkatkan kinerja otak

Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa susu kedelai ini mampu meningkatkan kinerja otak. Kedelai mengandung vitamin dan zat-zat yang sangat baik bagi kinerja otak. Jika anda sering mengalami depresi atau stress yang berlebihan maka anda dapat mengkonsumsi susu kedelai.

Selain menenangkan otak anda, susu kedelai juga mampu mengurangi dan menghilangkan depresi atau stress yang berlebihan. Namun susu kedelai ini tidak baik untuk dikonsumsi jika anda mengalami kerusakan otak. Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter jika mengkonsumsi susu kedelai ini.

Itulah berbagai manfaat dari kedelai yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Disamping semua manfaat itu, anda harus tetap mengkonsumsi kedelai dalam batas yang wajar jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Nah, dari 13 manfaat kedelai itu manakah yang paling anda butuhkan?


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*