Home » Kesehatan » 7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Manfaat Kayu ManisManfaat kayu manis yang merupakan salah satu bahan rempah di Indonesia ini mungkin sudah diketahui oleh banyak orang. Namun ada kalanya pemahaman yang salah akan berbagai kandungan senyawa yang ada dalam kayu manis menjadikan pemanfaaatannya dalam pemeliharaan kesehatan tuubuh menjadi tidak maksimal.

Oleh karena itu ketika anda memiliki berbagai masalah kesehatan, alangkah baiknya jika anda memahami apa saja senyawa yang terdapat dalam kayu manis sehingga anda dapat menggunakannya untuk pengobatan alami dengan baik dan benar. Ada beberapa manfaat kayu manis bagi kesehatan dan kecantikan yang semoga akan menambah pengetahuan anda dan dapat diterapkan saat anda memiliki waktu luang.

Meredakan gejala sakit flu

Salah satu manfaat kayu manis yang sudah dikenal sejak dulu adalah meredakan gejala flu seperti demam dan pilek. Kayu manis mengandung senyawa anti-inflamasi, antioksidan, vitamin C, vitamin E, dan mineral yang akan membantu meningkatkan suhu tubuh sehingga pada saat gejala flu ulai muncul, sistem imun yang ada dalam tubuh anda akan ditingkatkan untuk mengatasi reaksi pradangan yang terjadi.

Saat anda merasa mengalami gejala flu, anda dapat mengkonsumsi 200 ml teh hangat yang diberi serbuk atau serutan kayu manis di dalamnya. Jika tidak anda dapat mengkonsumsi 200ml air rebusan yang disaring dari campuran 3 gram kayu manis, 5 gram cengkih, 10 gram jahe merah dalam 600ml air.

Mencegah penyakit jantung

Seseorang yang ingin menjaga kesehatan jantungnya dapat mencoba mengkonsumsi air rebusan kayu manis dalam kesehariannya. Kandungan mineral kalsium, kalium, magnesium, fosfor, vitamin C, dan vitamin D. Perpaduan mineral dan vitamin dalam kadar tinggi akan meningkatkan kemampuan otot jantung dalam mengedarkan darah kaya oksigen ke seluruh tubuh.

Selain itu perpaduan vitamin dan mineral yang ada akan membantu proses regenerasi sel otot jantung yang rusak akibat timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Jika anda tidak ingin mengkonsumsi dalam bentuk rebusan, anda dapat membuat sayur sop dengan mengkombinasikan pemakaian kayu manis bersama bahan lain seperti kol, brokoli, tomat, wortel, dan peterseli.

Mengurangi stres

Kayu manis mengandung minyak atsiri, senyawa fenol, dan beberapa jenis mineral yang akan membantu tubuh menekan produksi hormon kortisol dan adrenalin dengan tujuan menenangkan pikiran dan kejiwaan seseorang. Senyawa-senyawa dalam kayu manis tersebut bekerja dengan cara membawa sinyal ke otak untuk merangsang area hipotalamus agar mengurangi sekresi hormon kortisol yang menyebabkan seseorang mengalami tekanan atau stres psikis.

Dengan mengkonsumsi 300ml air teh atau air hangat yang didalamnya diberi serutan kayu manis, hormon kortisol yang kadarnya meningkat ketika anda menderita stres psikis atau fisik akan diturunkan sekitar 20% dan membuat anda menjadi lebih tenang untuk melakukan aktivitas berikutnya.

Meningkatkan kinerja otak

Ketika seseorang mengalami stres atau kurang berolahraga maka asupan darah kaya oksigen dan nutrisi ke bagian otak menjadi berkurang. Asupan nutrisi yang berkurang tak jarang menjadikan seseorang menjadi hilang konsentrasi atau menjadi mudah lupa.

Jika hal tersebut terjadi pada anda, maka anda dapat mencoba menggunakan kayu manis sebagaisarana mengembalikan konsentrasi dan keseimbangan berpikir. Anda dapat mencampurkan 1-2 gram kayu manis sebagai bumbu masakan anda atau mengkonsumsi 100ml air rebusan 2 gram kayu manis dalam 600ml secara teratur sekali sehari. Untuk memaksimalkan khasiat kayu manis, anda dapat menambahkan 2-3 sendok madu dalam air rebusan.

Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat kayu manis yang lainnya adalah menjaga kesehatan organ serta saluran pencernaan anda. Bagi anda yang menderita penyakit pencernaan seperti sembelit, maag, gastritis, dan penyakit pencernaan lainnya, maka anda dapat mencoba menggunakan kayu manis untuk mencegah gejala penyakit yang anda alami kembali menyiksa anda.

Kayu manis mengandung beberapa senyawa seperti benzil, betakaroten, dan mineral kalsium, magnesium, natrium, serta potassium yang akan meningkatkan kinerja saluran dan organ pencernaan dalam penyerapan zat-zat berguna seperti glukosa dan protein. Senyawa-senyawa tersebut juga akan membantu tubuh membatasi penyerapan kolesterol berlebih yang dapat mengganggu kesehatan.

Anda dapat menambahkan 1-2 gram kayu manis dalam makanan yang anda konsumsi terutama dalam bentuk rebusan atau kukus. Cara lain adalah dengan mengkonsumsi rebusan 3-5 cm batang kayu manis yang dicampur dengan 10 gram serai, 2 sendok madu, dan 10 ml air jeruk nipis dalam 800ml air. Cukup sisakan 100ml air yang disaring terlebih dulu dan diminum selagi hangat.

Diet dan mengecilkan perut

Anda merasa tidak percaya diri saat perut anda terlihat buncit atau bahkan beberapa bagian tubuh anda terlihat membengkak? Jika anda ingin melakukan proses diet alami dengan mengkonsumsi buah dan sayur, anda dapat menambahkan konsumsi kayu manis dalam cara diet anda.

Anda dapat mengkombinasikan 2 gram kayu manis dengan 20ml air lemon dan 3 butir cengkeh yang direbus dalam 1 liter air sebelum disisakan 200ml untuk dikonsumsi 3 kali seminggu. Anda juga dapat mencoba cara lain dengan mengkombinasikan 2 gram kayu manis yang telah dihaluskan atau diserut dalam 300ml air teh hijau hangat, kemudian dikonsumsi sekali sehari.

Kandungan senyawa kumarin, cinzelanol, dan antioksidan dalam kayu manis akan meluruhkan endapan lemak yang menempel pada jaringan tubuh dan membuangnya dalam bentuk urin atau feces. Jika pemakaian kayu manis ini diseimbangkan dengan mengkonsumsi buah-buahan dan sayur, konsumsi air putih, dan olahraga ringan maka anda akan mampu mengecilkan perut serta bagian lain tubuh anda dalam jangka waktu yang relatif cepat tanpa efek samping. Cara diatas juga akan aman dilakukan oleh para ibu yang ingin bentuk tubuhnya kembali normal setelah melahirkan.

Mengatasi diabetes

Penyakit diabetes berhubungan dengan kerusakan organ pankreas atau abnormalitas hormon insulin dalam tubuh yang bekerja bersama hormon glukagon dalam pengaturan kadar glukosa darah. Ketika seseorang mengalami diabetes mellitus baik tipe 1 ataupun tipe 2, orang tersebut akan kehilangan keseimbangan kadar gula dalam tubuhnya.

Salah satu pengobatan alami yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan kayu manis. Kayu manis mengandung antioksidan dan senyawa fenol yang akan menurunkan kadar gula serta trigliserida dalam darah. Jika anda ingin membuktikan manfaat kayu manis untuk mengatasi diabetes, anda dapat merebus 5-10 gram kayu manis dalam 400ml air kemudian menyisakan 80-100 ml untuk diminum teratur 2 kali sehari di minggu-minggu awal pengobatan.

Anda juga dapat menggunakan kayu manis dengan menambahkan 2 gram kayu manis yang diserut halus kedalam 300ml air hangat yang dikonsumsi sekali sehari. Namun yang perlu anda perhatikan dalam penggunaan kayu manis sebagai obat diabetes adalah jenis kayu manis yag digunakan. Kayu manis jenis ceyclon lebih aman untuk penderita diabetes dibanding kayu manis jenis lain. Bagaimana dengan anda? Jika anda peduli kesehatan, anda dapat segera mencoba dan membuktikan berbagai manfaat kayu manis dari bahasan diatas.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*