Home » Kesehatan » Kandungan Dan Manfaat Lemon

Kandungan Dan Manfaat Lemon

lemon

lemon

Buah yang memiliki rasa asam ini memang sudah tidak asing, selain asam manfaat lemon ini memang sudah dikenal secara luas. Ada banyak sekali orang yang memanfaatkan buah ini untuk berbagai macam keperluan baik untuk kecantikan, kesehatan, makanan maupun untuk mempersihkan beberapa macam peralatan rumah tangga. Berikut ini adalah beberapa manfaat lemon yang akan kita dapatkan.

Manfaat lemon untuk kecantikan

Jeruk lemon ini terkenal di dunia kecantikan, karena kandungan yang ada di dalam buah ini, yang membuat banyak orang menggunakan buah ini untuk berbagai macam keperluan dalam kecantikan, seperti ;

  • Mengatasi kandungan minyak berlebih dalam kulit

Jika kita mempunyai kulit berminyak maka cukup oleskan air perasan jeruk lemon pada wajah dan tunggu hingga kering, maka lambat laun kandungan minyak dalam kulit akan berangsur turun.

  • Mengatasi jerawat

Siapapun tentu tidak ingin mempunyai jerawat di wajah atau bagian tubuh manapun. Maka dari itu ada baiknya jika mencuci wajah setiap hari secara rutin, dan gunakan masker dari perasan jeruk nipis jika jerawat muncul di permukaan kulit.

  • Anti aging

Jika kulit sudah mulai keriput tidak ada salahnya menggunakan air perasan jeruk lemon dan oleskan pada bagian wajah atau bagian tubuh yang mulai keriput. Penggunaan secara rutin akan membuat kulit bersih, halus dan lembut.

  • Mempercantik kuku

Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat membaut kuku menjadi sehat dan kuat. Caranya adalah dengan mencelupkan kuku ke dalam mangkuk yang berisi air perasan jeruk lemon. Rendam sekitar 10 menit kemudian rendam ke dalam campuran cuka putih dan air hangat, setelah itu bilas dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin, maka kuku akan ceperlang dan juga kuat.

  • Memperindah rambut

Jika rambut berketombe atau rambut rusak dan bercabang, maka berikan oleskan air perasan jeruk lemon secara merata pada kulit rambut dan juga rambut kemudian diamkan selama beberapa menit, setelah itu bilas menggunakan air bersih dan juga shampo, maka rambut akan menjadi hitam dan bebas ketombe.

  • Memutihkan kulit

Jika kita mencampurkan 2 sdm air jeruk lemon dan 2 sdm sari tomat, dan 2 sdm susu ke dalam mangkuk dan aduk hingga rata, kemudian oleskan ke seluruh tubuh secara stimultan. Maka ini akan menjadi pemutih alami.

  • Mengatasi kekerigan pada kulit

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah maka buat olesan berikut ini. Siapkan 1 sdt fresh cream, 1 sdt air jeruk lemon, 1 sdt madu, kemudian aduk rata dan oleskan pada bibir yang pecah-pecah. Gosok secara perlahan, lakukan hal tersebut rutin selama 1 minggu maka bibir tidak akan pecah-pecah.

  • Memutihkan gigi

Untuk mengatasi gigi menguning dan bau mulut maka potong jeruk lemon menjadi 2 bagian kemudian tambahkan garam dan baking soda. Setelah itu gosokkan pada gigi, ini yang akan membuat gigi menjadi putih dan bebas bau mulut. Hal seperti ini akan berhasil jika dilakukan secara rutin.

Manfaat lemon untuk kesehatan

Buah lemon ini kaya akan vitamin B kompleks, C, kalori, dan berbagai macam nutrisi lainnya yang tentu saja dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit tertentu, beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan jeruk lemon ini adalah ;

  • Menjaga kekebalan tubuh

Dengan adanya kandungan vitamin C ini, maka lemon mengandung antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan adanya antioksidan ini maka kekebalan tubuh akan terjaga dengan baik dan, tubuh juga akan kebal terhadap berbagai macam radikal bebas. Dengan mengkonsumsi air perasan jeruk lemon ini setiap pagi,maka tubuh akan senantiasa sehat.

  • Melancarkan sistem mencernaan

Jika kita mengkonsumsi air perasan jeruk lemon ini setiap pagi atau malam hari maka akan membantu sistem pencernaan agar senantiasa berjalan dengan baik. Tidak akan terjadi konstipasi, dan tidak akan terjadi penumpukan lemak berlebih dalam perut, terutama dalam sistem pecernaan. Maka dari itu jeruk lemon juga baik untuk mereka yang sedang diet.

  • Mengatasi asam urat

Jus lemon juga dapatdigunakan sebagai salah satu terapi bagi mereka yang menpunyai penyakit asam urat dan juga dapat menurunkan kolesterol. Kandungan asam pantotenat dapat membantu mencairkan empedu sehingga dapat merangsang fungsi hati untuk melakukan detoksifikasi tubuh.

  • Mengatasi maag

Lemon memang mempunyai rasa asam, namun rasa asam ini tidak berbahaya bagi mereka yang mempunyai penyakit maag. Bahkan penyakit ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi jeruk lemon hangat.

  • Anti aging

Dengan adanya kandungan vitamin C dan juga berbagai macam vitamin lainnya maka wajar saja jika sel-sel dalam tubuh akan dapat bersinergi dengan baik, dan membuat regenerasi sel menjadi lebih baik, dan tubuh menjadi awet muda.

  • 22 Senyawa anti kanker

Mengkonsumsi rutin jeruk lemon ini dapat mengatasi kanker, terdapat 22 senyawa anti kanker yang terdapat dalam buah ini seperti limonene yang berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker, dan ada juga glikosida flavonol yang dapat menghentikan pembelahan sel kanker.

  • Mengatasi cacingan

Jika anak kita menderita cacingan tidak ada salahnya jika memberikan jus jeruk lemon setiap hari, agar cacing dalam perut dapat dibasmi secara alami.

  • Mengatasi gangguan mata

Untuk mengatasi gangguan mata kita tidak hanya dapat mengkonsumsi wortel, mengkonsumsiair perasan jeruk lemon juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pada mata.

  • Mengatasi parkinson

Kulit lemon mengandung tengeretein yang ternyata dapat mencegah penyakit parkinson.

  • Kandungan antibakteri

Lemon juga mengandung anti bakteri, sehingga penyakit seperti kudis, berbagai macam virus dan bakteri dapat diatasi dengan mengkonsumsi air perasan jeruk lemon setiap hari.

  • Vitamin P

Kandungan vitamin P dalam buah ini dapat digunakan sebagai pengobatan terhadap darah tinggi dan dapat memperkuat pembuluh darah.

  • Deposit kalsium

Jika tidak ingin kalsium cepat hilang maka konsumsi saja air perasan jeruk lemon setiap hari, sebagai cadangan kalsium dalam tubuh.

Manfaat lemon untuk membersihkan perabot rumah tangga

Manfaat lemon lainnya adalah dapat digunakan untuk membersihkan beberapa perabotan rumah tangga, seperti ;

  • Membersihkan microwave

Gunakan kulit jeruk lemon yang telah direndam dalam mangkok yang berisi air, kemudian masukkan ke dalam oven, kemudian aktifkan dnegan menggunakan suhu tinggi selama 2-6 menit. Uap yang dihasilkan jeruk tersebut yang akan membersihkan sisa kotoran yang menempel di dinding microwave.

  • Membersihkan kompor

Jika meja makan atau kompor penuh dengan sisa minyak yang sulit untuk dihilangkan maka gunakan ½ jeruk lemon kemudian beri sedikit garam dan bersihkan bagian yang kotor tersebut, dan lap menggunakan kain bersih.

  • Membersihkan talenan

Ada banyak sekali bakteri yang bersarang di talenen jika tidak dicuci dengan bersih, maka dari itu menggunakan air perasan jeruk lemon akan membantu mencegah bakteri bersarang di talenan tersebut.

Itu adalah beberapa manfaat jeruk lemon yang akan kita dapatkan. jadi tidak ada salahnya jika mengkonsumsi air perasan jeruk lemon setiap hari, karena manfaat lemon aman untuk tubuh.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*