Home » Kesehatan » Kandungan Dan Manfaat Mangga

Kandungan Dan Manfaat Mangga

Manfaat ManggaTidak hanya jenisnya yang banyak, namun manfaat mangga juga banyak. Kandungan nutrisi dalam mangga, yang membuat buah ini banyak manfaatnya.

Kandungan nutrisi dalam mangga

Buah mangga ini mempunyai banyak sekali nutrisi yang tentu saja diperlukan oleh tubuh,

  • Kandungan utama

Buah ini mengandung energi, karbohidrat, protein, lemak, kolesterol, dan juga serat.

  • Aneka vitamin

Ada berbagai macam vitamin yang terdapat dalam buah ini seperti asam folat, niacin, roboflavin, pyridoxine, thianin, vitamin A, C, E, dan K.

  • Elektrolit

Buah ini juga mengandung elektrolit yang dibutuhkan untuk menjaga cairan tubuh tetap stabil. Kandungan elektrolit dalam buah ini adalah seperti sodium dan kalium.

  • Mineral

Mineral yang terkandung dalam buah ini adalah kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, mangan dan zat seng.

  • Fitonutrisi

Kandungan fitonutrisi yang ada dalam buah ini adalah karoten, crypto-xantin, lutein-zeaxanthin dan lycopene.

Manfaat mangga untuk kesehatan

Setelah kita mengetahui kandungan nutrisi yang ada dalam buah mangga ini, maka berikut ini adalah beberapa manfaat mangga yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsi buah ini secara rutin.

  • Anti kanker

Kandungan anti-carcerogenic  yang ada dalam buah ini dapat mencegah berbagai macam penyakit kanker. Selain itu kandungan antioksidan yang ada dalam buah ini dapat melindungi beberapa bagian tubuh dari kanker, leukimia, dll.

  • Dapat menurunkan kolesterol

Kandungan prebioktik dalam mangga sangat tinggi, selain itu ada juga kandungan berbagai macam vitamin tentunya akan membuat kadar kolesterol dalam tubuh menjadi stabil. Maka dari itu jika kita mendapatkan kolesterol tinggi tidak ada salahnya jika rajin mengkonsumsi mangga.

  • Dapat menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dan juga flavonoid dalam buah ini membuat buah ini, dapat digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit mata, seperti kelelahan, rabun malam, mata kering. Selain itu manfaat lain dari vitamin A ini adalah dapat menjaga selaput lendir dan kulit menjadi sehat.

  • Dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes

Dengan nilai indeks glikemik yang redah, maka buah ini aman untuk mereka yang mempunyai penyakit diabetes. Buah ini tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

  • Membersihkan kulit

Mengkonsumsi buah mangga ini secara rutin, dapat membersihkan toksin dalam kulit, sehingga kulit akan bebas jerawat. Akan lebih baik jika ditambah dengan membersihkan wajah secara rutin, maka kulit akan selalu tampak bersih.

  • Meningkatkan libido

Kandungan vitamin E dalam buah ini ternyata dapat mengatur libido seseorang,

  • Memperlancar sistem pencernaan

Mangga mempunyai enzim yang dapat menghancurkan protein, maka dari itu protein yang tidak berguna dalam tubuh akan dapat dibuang oleh enzim ini. Selain itu kandungan serat tinggi dalam buah ini dapat membuat buah ini sebagai detoksifikasi alami. Proses buang air besar menjadi lancar, berbagai macam lemak dan juga zat berbahaya lainnya dalam tubuh akan ikut terbuang bersama serat dari buah ini.

  • Mengatasi bau badan

Untuk mengatasi bau badan, maka kita dapat mengkonsumsi jus buah mangga secara rutin. Kandungan nutrisi dalam buah ini akan membantu membersihkan darah dengan baik. Maka tubuh lambat laun tidak akan bau kembali.

  • Menanggulangi peradangan

Jika anak demam atau terjadi peradangan pada tubuh, tidak perlu merasa khawatir. Kita dapat membuat jus mangga dan pepaya. Kombinasi kedua buah itu akan membuat demam atau penyakit lainnya hilang.

  • Mengatasi dehihrasi

Jika tubuh kita mengalami dehidrasi maka tidak perlu panik, cukup buah jus buah mangga, maka dehidrasi akan dapat diatasi dengan cara alami. Itu karena kandungan elektrolit yang ada dalam buah mangga ini.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Dengan adanya kandungan antioksidan yang ada, maka buah ini akan membantu daya tahan tubuh agar tetap terjaga dengan baik, dan dapat mengatasi berbabagai macam penyakit.

  • Desinfektan alami

Buah ini ternyata dapat digunakan sebagai desinfektan alami.

  • Berguna untuk darah

Buah ini dapat membantu membersihkan darah dengan baik, sehingga dapat membantu menstabilkan denyut jantung.

  • Mengatasi beberapa penyakit

Mengkonsumsi buah ini secara rutin, dapat mengatasi beberapa penyakit seperti flu, asma, demam beradarah, menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan, cacingan, gangguan menstruasi, hernia, rematik,

Manfaat mangga untuk kecantikan

Manfaat mangga untuk kecantikan juga perlu diperhitungkan, seperti ;

  • Mencerahkan kulit

Kandungan vitamin A dan C dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit, terutama jika kulit terbakar sinar matahari. Cara menggunakannya mudah saja. Kita dapat mengosokkan kulit mangga yang sudah matang ke bagian tubuh yang terbakar matahari kemudian diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas  dengan air bersih. Jika dilakukan secara rutin maka akan mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

  • Masker untuk kulit sensitif

Mempunyai kulit yang sensitif menuntut kita untuk ekstra berhati-hati dalam memilih kosmetik. Untuk membuat masker mangga caranya adalah dengan menghaluskan daging buah mangga dengan oatmeal, susu dan madu. Pertama-tama cuci bersih wajah, dengan menggunakan air dingin, kemudian oleshkan masker secara merata ke seluruh permukaan wajah. Diamkan hingga kering sekitar 15 menit, kemudain cuci hingga bersih. Dengan demikian maka wajah akan bersih dan tentunya tidak akan menyebabkan alergi.

  • Membuat kulit bersih

Jika kita mengkonsumsi mangga secara teratur maka kulit wajah maupun tubuh akan bersih dan terbebas dari berbagai macam noda kulit, seperti bintik-bintik pada kulit, jerawat, dll. Kandungan vitamin A, dan juga beta karoten yang ada dalam buah ini membuat kulit menjadi cantik dan proses peremajaan kulit mejadi lebih cepat.

  • Mengobati komedo

Dengan menggunakan scrub mangga maka komedo akan dapat dihilangkan secara alami. Caranya adalah dengan 1 sdt mangga yang sudah hancur, 1 sdt susu dan madu, aduk semua bahan hingga rata, kemudian oleskan pada seluruh permukaan wajah dan gosok dengan gerakan melingkar. Scrub ini akan membantu mengangkat sel kulit mati dan juga komedo.

  • Anti aging

Antioksidan yang terdapat dalam buah ini akan membantu melawan berbagai macam radikal bebas yang ada di alam, ini juga yang akan membantu mengatasi tanda-tanda penuaan dini.  Kandungan vitamin C dalam buah ini akan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Dengan begitu maka kecantikan kulit akan dapat terjaga dengan baik, dan kulit akan tetap kencang, elastis, lembut dan bersih.

Itulah sebabnya mengapa kita harus mengkonsumsi buah-buahan secara rutin, ada banyak sekali manfaat yang akan didapat dari buah-buahan tersebut. Buah mangga adalah salah satu jenis buah yang banyak mengandung nutrisi dan manfaat masih banyak lagi buah-buahan lain yang tidak kalah bagus untuk tubuh. Manfaat lain dari mengonsumsi buah-buahan seperti mangga ini adalah tidak akan menyebabkan kegemukan. Jadi jangan sepelekan manfaat mangga dan beberapa buah lainnya, jika ingin selalu hidup sehat.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*