Home » Kesehatan » Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan

Manfaat Daun SirihManfaat daun sirih merah sudah terkenal sejak dulu, bahkan menjadi salah satu tanaman obat herbal warisan turun temurun. Selain bermanfaat untuk kesehatan daun sirih merah juga memiliki kegunaan untuk merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Bahkan salah satu kebiasaan yang paling dikenal dan sampai saat ini masih dilakukan oleh orang-orang tua adalah mengunyah daun sirih bersama kapur, gambir dan buah pinang muda, dimana kebiasaan ini dipercaya akan membuat gigi mereka lebih kuat, putih dan tidak mudah berlubang.

Salah satu yang membuat hal ini terasa masuk akal adalah karena daun sirih mengandung betlephenol (minyak terbang), seskuiterpen, pati, diastase, zat samak, dan kavikol yang memiliki kemampuan dalam mematikan kuman, anti jamur, antioksidasi serta fungisida.

Kandungan Daun Sirih Merah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Banyaknya manfaat daun sirih merah untuk kesehatan tentunya membuat kita ingin tahu apa kandungan zat yang terdapat didalam daun sirih merah, sehingga memiliki banyak manfaat. Didalam daun sirih merah terkandung senyawa fito kimia yang diantaranya adalah tannin, saponin, alkaloid dan flavonoid yang baik untuk menjadi bahan pengobatan untuk penyakit serius seprti batu ginjal, diabetes, hepatitis, asam urat, hipertensi, keputihan, maag, nyeri sendi, mencegah stroke, kanker dan perawatan kulit.

Kandungan alkaloid di dalam daun sirih merah memiliki fungsi sebagai anti-mikroba yang sangat baik untuk mengatasi ambeien, keputihan dan bau mulut. Selain menjadi bahan resep tradisional masyarakat Indonesia sejak dulu, ternyata manfaat daun sirih merah juga telah digunakan oleh para ahli pengobatan dari Tiongkok (China), dimana daun sirih merah digunakan sebagai obat untuk meringankan gejala batuk, menghentikan batuk, menghilangkan rasa gatal dan mengurangi resiko terjadinya peradangan.

Ada beberapa kandungan kimia pada daun sirih merah yang juga bermanfaat untuk kesehatan yaitu minyak atsiri, kavicol, hidrosikavicol, kavibetol, allyprokatekol, eugenol, karvakrol, p-cymene, cineole, caryofelen, ter-penena, kadimen estragol, dan fenil propada. Banyaknya zat kimia yang bermanfaat didalam daun sirih merah membuatnya memiliki manfaat yang sangat banyak baik sebagai bahan obat-obatan, juga sebagai bahan produk kecantikan.s

Beberapa Resep Pengobatan Herbal dengan Menggunakan Daun Sirih Merah

Bagi Anda yang ingin mengetahui beberapa resep pengobatan herbal untuk beberapa penyakit ringan maupun kronis, diantaranya adalah :

Sariawan

Ambil 3-4 lembar daun sirih, setelah itu rebus dengan 1 gelas air, tambahkan garam secukupnya, setelah itu gunakan air sirih tersebut untuk berkumur-kumur, lakukan 2-3 kali sehari, Anda juga bisa mengunyah daun sirih yang masih muda atau segar.

Batuk

Ambil 5-6 lembar daun sirih, tambahkan sedikit kapulaga, cengkeh, kayu manis dan kemukus, setelah itu rebus semua bahan tersebut dengan 2 gelas air. tunggulah sampai air rebusan kira-kira tersisa satu gelas, biarkan sampai suam-suam kuku, lalu simpanlah di wadah tertutup, minumlah sebanyak 1-2 sendok makan 3 kali sehari.

Jerawat

Ambil 8-10 lembar daun sirih, setelah dicuci bersih rebus dengan 2 gelas air, sampai air berubah agak kecoklatan dan mendidih. Tunggu sampai air bersuhu tidak terlalu panas (hangat), tapi jangan juga terlalu dingin, karena suhu hangat dapat membuka pori-pori wajah dengan cepat, kompreskan air rebusan daun sirih pada wajah, lakukan secara teratur setiap hari.

Sakit gigi karena berlubang atau gusi bengkak

Ambil 3-4 lembar daun sirih yang masih segar, cuci sampai bersih, rebus dengan air secukupnya, rebus sampai benar-benar mendidih, tambahkan garam secukupnya, bila air sudang hangat gunakanlah air rebusan untuk berkumur-kumur, lakukan secara rutin 1-2 kali sehari. Kebiasaan ini juga dapat mencegah bau mulut.

Luka bakar

Musibah dapat terjadi kapan saja tanpa diduga, termasuk terkena luka bakar baik akibat sambaran api ataupun terkena air mendidih. Untuk mengobatinya, ambillah dauh sirih 5-7 lembar, cuci sampai bersih, remas-remas atau peras sampai keluar air atau sari dari dauh sirih tersebut, lalu tambahkan sedikit madu, setelah itu oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

Keputihan

Ambil 10-12 helai daun sirih yang telah dicuci, rebus dengan 2-3 liter air sampai mendidih, setelah air berubah warna, biarkan sampai suhunya hangat, lalu gunakan air rebusan sirih untuk mencuci Miss V. sebaiknya dilakuka berulang kali sampai keputiha Anda berkurang, akan tetapi sebaiknya dilakukan secara berkala saja, jangan terlalu sering.

Asma

Ambil 5-6 helai daun sirih yang masih segar, akar alang-alang (10 gr), kencur (25 gr), jeruk nipis, madu dan air. Setelah bahan terkumpul rebuslah semuaya dengan 1-1,5 liter air dengan menggunakan api kecil sampai air tersisa setengahnya. Setelah air bersuhu hangat, saring, tuangkan air rebusan sekitar setengah gelas, tambahkan perasan air jeruk nipis dan madu sebanyak 1 sendok makan, kemudian minumlah (sebaiknya diminum pada malam hari sebelum tidur).

Radang tenggorokan

Tenggorokan Anda sering merasa sakit atau kesulitan menelan, segera ambil 4-5 lembar daun sirih yang segar, setelah itu cuci sampai bersih, remas-remas setelah itu rebus sampai mendidih, tunggu sampai air rebusan dingin baru Anda konsumsi.

Eksim

Untuk kesehatan kulit Anda, ambillah daun sirih sebanyak 12-15 lembar (segenggam tangan), 10-12 lembar daun cabe, dan dua butir isi biji pinangmuda, setelah itu cuci semua bahan sampai bersih, tumbuklah semua bahan hingga halus, kemudian bungkus dengan kain bersih, ikatlah dengan kuat, rebus sampai air mendidih. Setelah itu angkat dan tunggu sampai bersuhu agak hangat, ambil kapas atau tissue, celupkan ke dalam air rebusan dan oleskan pada kulit yang terdapat eksim sambil ditekan-tekan sedikit, lakukannlah secara rutin setiap hari.

Diabetes

Ambil 3 helai daun sirih yang sudah setengah tua, kalau bisa ambilah daun ke-6 atau 7 dari pucuk. Cuci sampai bersih, setelah itu iris-iris kecil, rebus dengan air 600 ml (tiga gelas) sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah tiga kali sehari sebanyak setengah gelas sebelum makan.

Jantung

Bila Anda memiliki riwayat penyakit jantung, maka untuk menghindari serangan jantung yang terjadi tiba-tiba, kami sarankan untuk mengkonsumsi air rebusan daun sirih merah dua kali sehari. Ambilah 4-5 lembar daun sirih, potong atau iris kecil-kecil, setelah itu rebuslah dengan air sebanyak 800 ml (4 gelas) sampai tersisa setengahnya. Tunggu sampai air bersuhu hangat, saring, kemudian minumlah secara rutin.

Demikianlah uraian singkat mengenai manfaat dan kandungan zat kimia yang terdapat didalam daun sirih merah, khasiat daun sirih merah memang terbukti ampuh sehingga menjadi salah satu bahan dasar pembuatan obat-obatan herbal yang saat ini banyak dijual dipasaran.

Oleh karena itu kami sarankan bagi Anda yang memiliki halaman rumah yang masih bisa ditanami tumbuhan, ada baiknya bila Anda menanam pohon sirih merah, agar bisa Anda gunakan kapan saja baik untuk menjaga kesehatan tubuh maupun perawatan kecantikan. Semoga dapat memberikan sedikit tambahan informasi mengenai beberapa manfaat daun sirih merah.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*