Home » Kesehatan » Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit Putih Bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit PutihManfaat kunyit putih sebagai sarana penunjang kesehatan tubuh secara alami tentunya sudah tidak diragukan oleh banyak orang. Namun ada kalanya karena kurangnya pemahaman bagi orang awam untuk cara pengolahan kunyit putih yang baik dan benar, pemanfaatan dari kunyit putih untuk pemeliharaan kesehatan menjadi tidak maksimal.

Bagian yang sering dimanfaatkan dari tumbuhan dataran rendah yang satu ini adalah bagian umbinya, karena pada bagian tersebut terdapat banyak senyawa kimia yang bermanfaat untuk memperbaiki sistem kinerja organ tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kunyit putih dan cara pemanfaatannya yang dapat anda terapkan di sela waktu senggang anda.

Pengobatan diabetes mellitus

Kunyit putih mengandung senyawa kurkumin yang mampu membantu memperbaiki kinerja insulin sebagai pengatur kadar gula darah. Sehingga mengkonsumsi secara teratur 50-100 gram kunyit putih yang dilarutkan dalam 600-800ml air dan disisakan 100ml untuk diminum sekali sehari setiap 3 kali seminggu akan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh dan membatasi stimulasi trigliserid.

Namun bagi anda yang juga mengalami gangguan organ lain seperti hati atau ginjal perlu berhati-hati dengan memperhatikan dosis konsumsi yang dapat dikurangi sesuai kebutuhan. Hal tersebut perlu dilakukan agar konsumsi kunyit putih tiidk mengganggu keterbatasan kinerja organ lain disaat anda juga mengalami gangguan organ selain pankreas.

Pengobatan penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit seperti luka bakar, korengan, kadas, kurap, atau panu akibat pengaruh jamur atau bakteri juga dapat disembuhkan dengan menggunakan kunyit putih. Tanaman ini mengandung senyawa anti-inflamasi, resim, dan vitamin C, D, E yang akan membantu mempercepat pemulihan luka.

Anda dapat mengoleskan secara teratur 2 kali sehari setelah mandi, serbuk 100 gram kunyit putih yang dicampur dengan asam kawak secukupnya atau hanya 2 sendok madu. padda awalnya akan terasa perih dan panas, namun hal tersebut adalah tanda senyawa yang ada dalam kunyit putih sedang bekerja setelah meresap ke pori-pori kulit anda.

Anti aging

Manfaat kunyit putih untuk kecantikan dapat anda buktikan dengan menggunakan bahan kunyit putih sebagai masker atau minuman. Jika anda berniat menggunakannya sebagai masker, anda dapat menggunakan 50 gram kunyit putih yang telah dihaluskan atau dibuat serbuk dan dicampur dengan putih telur secukupnya serta 2 sendok madu.

Diamkan masker tersebut selama sekitar 15-20 menit sebelum anda bilas dengan menggunakan air hangat. Selain membantu menghilangkan kerutan di wajah dan mengencankan kulit, bahan kunyit putih dapat anda gunakan juga untuk menghilangkan jerawat seperti jerawat batu dan flek hitam sebagai bekas jerawat.

Anda dapat menggunakan secara teratur 2 kali seminggu untuk masker yang satu ini. Manfaatnya sebagai anti aging tak lepas dari kandungan senyawa flavonoid dan asam amino yang membantu peningkatan produksi kolagen dan pengecilan pori kulit.

Mengurangi ketombe pada rambut

Kandungan vitamin E, minyak atsiri, mineral magnesium, fosfor, serta kalium membantu menguatkan kulit kepala anda dan mengurangi munculnya ketombe pada rambut akibat pengaruh debu atau kulit kepala yang berminyak. Anda dapat menggunakannya dengan cara menghaluskan 50 gram rimpang kunyit putih kemudian merebusnya dalam 500ml air, sisakan 150ml air yang digunakan sebagai air bilasan kepala 1 jam setelah keramas.

Jangan lupa untuk melakukan pijatan kepala secara perlahan saat membilaskan air kunyit putih pada kepala anda dan diamkan agar cairan meresap selama 5 menit sebelum dibilas dengan air bersih. Anda dapat mengulangi perlakuan tersebut setidaknya dua kali seminggu dan untuk hasil yang lebih maksimal anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak kelapa atau minyak zaitun dalam rebusan saat menggunakannya.

Pengobatan kanker

Manfaat kunyit putih yang berikutnya berkaitan dengan pengobatan kanker dengan cara meminimalisir pertumbuhan sel tubuh yang abnormal di beberapa organ. Kunyit putih mengandung beberapa senyawa seperti klavikol, saponin, dan sineol yang berperan sebagai zat anti karsinogenik yang akan membantu mengembalikan proses regenerasi dan metabolisme sel ke kondisi semula.

Namun demikian, penggunaan kunyit putih sebagai obat pembunuh sel kanker sebaiknya tidak dikombinasikan dengan bahan herbal lain seperti jahe atau temulawak karena ada kemungkinan senyawa kimia yang terkandung dalam bahan-bahan tersebut akan bertentangan satu sama lain dan menyebabkan kinerja yang ditunjukkan tidak maksimal.

Selain itu penambahan bahan herbal lain yang bukan merupakan senyawa penetral kunyit putih akan membuat stamina atau imunitas anda menurun. Sebagai pengobatan kanker, cukup minum sekali sehari 50ml air rebusan 100gram rimpang kunyit yang direbus dalam 600ml air dan disisakan 100ml. Jika terasa pahit, anda dapat menambahkan sesendok madu dalam air rebusan. Anda dapat pula meminum 200ml air yang ditambahkan 30gram serbuk kunyit putih kering.

Mengobati menstruasi tidak teratur dan keputihan

Anda para wanita yang sering mengalami menstruasi tidak teratur dan keputihan? Jika memang demikian, anda patut mencoba kunyit putih untuk mengatasi masalah anda. Keputihan dapat terjadi karena adanya infeksi jamur atau bakteri di area kewanitaan ketika anda tidak dapat menjaga dalaman yang anda gunakan tetap dalam keadaan kering.

Sedangkan menstruasi tidak teratur dapat disebabkan karena ketidakstabilan produksi hormon akibat stres atau pola makan anda yang salah. Jika sudah demikian anda membutuhkan bantuan kunyit putih yang mengandung berbagai mineral seperti kalium, magnesium, sulfur, dan kalsium yang membantu stimulasi hormon reporduksi menjadi stabil sehingga menstruasi anda menjadi leeih teratur.

Selain itu, kunyit putih juga mengandung senyawa anti-inflamasi dan anti bakteri yang bermanfaat membersihkan daerah kewanitaan anda dari pengaruh jamur atau bakteri. Jika anda ingin menerapkannya di rumah, anda cukup merebus 50 gram kunyit putih yang sudah dibersihkan kulitnya dan dihancurkan, dalam 300ml air.

Sisakan 100ml air rebusan untuk dibilaskan ke daerah kewanitaan anda secara teratur 2 kali sehari sebanyak 2 kali seminggu, untuk mengatasi keputihan. Anda juga dapat meminum air rebusan yang telah disaring terlebih dahulu untuk membuat siklus haid anda menjadi lebih teratur dan bersih. Hasil yang baik adalah apabila anda meminum ramuan alami tersebut sehari sebelum mentruasi dan sehari sesudah menstruasi.

Memperlancar produksi ASI

Salah satu Manfaat kunyit putih terutama untuk ibu yang sedang menyusui adalah memperlancar produksi ASI. Kunyit putih mengandung senyawa kurkumin, polifenol, dan flavonoid yang akan membantu kelenjar di area payudara memproduksi hormon prolaktin yang memicu pengeluaran ASI selama sang ibu menyusui.

Cara konsumsinya juga tidak akan menimbulkan rasa sakit ataupun efek samping yang berbahaya mengingat pemakaian untuk ibu menyusui hanya sebatas pemakaian luar. Anda cukup membakar 30 gram rimpang kunyit putih kemudin menumbuknya hingga halus, selagi hangat balurkan pasta kunyit putih itu ke area sekitar puting susu untuk membantu kontraksi otot payudara dalam pengeluaran ASI.

Bagi para ibu menyusui cukup lakukan cara tersebut sekali sehari secara teratur yang diseimbangkan dengan mengkonsumsi makanan sehat sehingga nutrisi untuk anda dan bayi terpenuhi sempurna. Semoga bahasan diatas mengenai berbagai manfaat kunyit putih membantu anda dalam usaha menjaga kesehatan.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*