Home » Kesehatan » 8 Manfaat Daun Kemangi

8 Manfaat Daun Kemangi

Manfaat Daun KemangiManfaat daun kemangi yang pada masyarakat Indonesia sering digunakan sebagai bahan lalapan mungkin lebih banyak diketahui fungsinya untuk memelihara kesehatan mata dan sistem pencernaan. Kemangi yang merupakan tanaman perdu dengan tinggi batang hanya sekitar 100cm dan memiliki daun yang berbentuk bulat telur dengan sisi tepian bergerigi serta berbau harum.

Tanaman kemangi sendiri sering dapat anda temui di area dataran rendah yang tersebar di berbagai area Asi dan Amerika. Dengan banyaknya senyawa yang baik bagi kesehatan dan dikandung oleh daun kemangi, tentunya daun kemangi tidak hanya akan bermanfaat untuk kesehatan mata dan pencernaan saja. Berikut adalah beberapa manfaat daun kemangi yang cara pemanfaatan dan pengolahannya dapat anda pelajari dirumah.

Mencegah osteoporosis tulang

Kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang tinggi membuktikan manfaat daun kemangi yang lain sebagai penghasil zat penguat tulang. Daun kemangi menyedakan asupan mineral cukup tinggi yang akan membantu stimulasi pengeluaran hormon oseokalsin sekaligus pembentukan sel osteoblas yang berfungsi meregenerasi komponen tulang yang rusak akibat aktivitas atau benturan.

Jika anda tidak ingin terkena penyakit osteoporosis atau radang sendi di uasia senja, rajinlah mengkonsumsi 20-30 gram daun kemangi yang dicampur dalam bentuk lalapan bersama timun, tomat, dan peterseli. Jika tidak anda dapat mencoba menggunakan rebusan dengan mencampur 30 gram daun kemangi, 10 gram bawang putih, 10 gram cengkih, dan 10 gram kayu manis yang direbus dalam 1 liter air. Sisakan 200ml air rebusan dan dikonsumsi 2 kali sehari dalam 3 kali seminggu.

Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi teratur 30 gram daun kemangi dalam bentuk mentah yang mengandung senyawa seperti orientin, zeaxanthin, dan vicenin akan sangat bermanfaat bagi jantung anda. Senyawa yang terdapat dalam daun kemangi mampu meningkatkan kemampuan jantung dalam pemompaan darah. Tubuh juga akan diatur dalam proses kontraksi otot pembuluh darah yang membuat tubuh anda terhindar dari resiko hipertensi.

Otot jantung akan dikuatkan sehingga tubuh akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup dan menjadikan tubuh lebih berstamina. Endapan kolesterol yang mungkin menempel di area pembuluh darah juga akan dikikis perlahan dan dibuang dalam bentuk urin atau feces sehingga tubuh anda akan menjadi lebih sehat.

Mengurangi kerontokan rambut

Manfaat daun kemangi yang berikutnya berhubungan dengan kemampuannya untuk mengatasi kerontokan rambut. Caranya cukup dengan merebus 40 gram daun kemangi dalam 200 ml air kemudian menyaringnya dan menggunakan sebagai air bilasan rambut atau menghancurkan dalam bentuk pasta dan mengoleskan ke rambut secara teratur 2-3 kali seminggu, anda akan terhindar dari resiko kerontokan rambut.

Mengurangi bau mulut dan badan

Daun kemangi yang mengandung sitral dan mineral seperti kalium, mangan, dan sulfur akan membantu anda yang mengalami permasalahan bau mulut dan bau badan. Anda dapat mengkonsumsi 20-30 gram daun kemangi dalam bentuk lalapan secara teratur 2 kali sehari.

Jika tidak ingin mengkonsumsi langsung, anda dapat mencoba merebus 40 gram daun kemangi dalam 400ml air kemudian disisakan 100ml untuk dikonsumsi 2 kali sehari secara teratur pagi dan sore hari. Jika anda merasa air rebusan sangat pahit dan berbau tajam, anda dapat mencoba menambahkan 10 ml air lemon atau 2 sendok madu saat meminumnya.

Meredakan jerawat

Bagi anda yang memiliki tipe kulit sensitif ataupun berminyak tentunya akan sulit ketika anda banyak beraktivitas diluar ruangan, iritasi karena debu dan sinar ulraviolet akan menyebabkan kulit anda mudah terkena jerawat batu ataupun jerawat bernanah. Kandungan flavonoid dan terpenoid yang terdapat pada daun kemangi akan mengurangi produksi minyak pada kulit wajah yang terpapar debu.

Ketika anda menderita jerawat, anda dapat menggunakan masker dari daun kemangi yang dicampur dengan madu dan lemon. Caranya cukup dengan menghaluskan 50 gram daun kemangi dan mencampurnya dengan 10 ml air lemon serta 2-3 sendok teh madu.

Aduk ketiga bahan hingga terlihat mengental seperti pasta sebelum diaplikasikan pada kulit wajah. Gunakan masker tersebut secara teratur 3 kali seminggu, sehingga jerawat akan cepat mengempis dan kulit tetap terawat halus. Jangan lupa bilas dengan menggunakan air hangat setelah mengaplikasikan masker selama 15 menit pada wajah anda.

Meningkatkan produksi hormon relaksasi

Manfaat daun kemangi yang berikutnya adalah mengurangi tingkat stres psikis ataupun fisik. Adanya kandungan senyawa betakaroten, flavonoid, terpenoid, dan cryptoxanthin akan meningkatkan produksi hormon relaksasi seperti vasopresin dan relaksin dalam tubuh.

Senyawa tersebut akan menekan produksi hormon kortisol dan adrenalin yang stimulasinya meningkat ketika tubuh berada dalam kondisi stres atau tertekan akibat maslah psikologis ataupun fisik. Anda dapat mengkonsumsi 20 gram daun kemangi yang anda padukan dengan beberapa jenis tanaman seperti brokoli dan peterseli setiap pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur. Anda juga dapat merebus daun kemangi bersama dengan cengkeh dan kayu manis dalam 200ml air kemudian menghirup uapnya untuk menenangkan diri anda yang sedang merasa gugup.

Meredakan infeksi akibat luka

Ketika anda mengalami luka luar akibat terjatuh atau tergores benda tajam jika tidak segera diobati maka luka tersebut akan menyebabkan tubuh menderita infeksi yang dapat mengganggu aktivitas anda. Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati luka yang anda derita dan mencegah infeksi adalah daun kemangi. Sebanyak 30gram daun kemangi yang ingin anda gunakan dapat dihaluskan terlebih dahulu hingga menjadi bentuk pasta.

Untuk hasil yang lebih baik anda dapat menambahkan 2 siung bawang putih yang juga dihaluskan. Balurkan secara merata kedua bahan tersebut diatas luka yang sudah dibersihkan dengan air. Ganti dan bilas pasta yang sudah mengering, lakukan secara teratur hingga luka mengering dan bersih. Adanya kandungan senyawa sitral, limonen, dan eugenol akan menyebabkan luka anda cepat mengering dan terbebas dari infeksi bakteri.

Meningkatkan daya imun tubuh

Daun kemangi mengandung beberapa senyawa mineral seperti tembaga, mangan, magnesium, kalium, serta beberapa vitamin seperti vitamin B1, B6, B12, C, dan vitamin D. Mineral dan vitamin tersebut adalah bahan baku bagi tubuh untuk melakukan metabolisme protein dan pembentukan sel darah yang bermanfaat dalam menghasilkan asam amino serta limfosit dalam fungsinya sebagai penguat imun tubuh.

Ketika anda menjalani aktivitas yang terlalu berat dan jika asupan nutrisi tidak dijaga dengan baik maka yang terjadi adalah penurunan imunitas tubuh. Jika hal tersebut terus menerus terjadi bukan tidak mungkin anda harus mengkonsumsi obat-obatan kimia ketika imunitas berada dalam ambang batas yang rendah.

Untuk mencegah hal tersebut, anda dapat mengkonsumsi 10 buah daun kemangi setiap harinya sebagai pelengkap makanan. Anda dapat jua merebus 20gram daun kemangi dalam 300ml air dan menyisakan 50ml untuk diminum 2 kali sehari. Jika terasa terlalu pahit, anda dapat menambahkan madu kedalam rebusan. Semoga bahasan diataas akan menambah pengetahuan anda tentang manfaat daun kemangi.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini