Home » Kesehatan » Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Manfaat Jahe MerahJahe merah adalah salah satu jenis jahe yang sangat terkenal. Beberapa jenis jahe yang mudah ditemukan di Indonesia adalah seperti jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit. Setiap jenis jahe memiliki ciri khas pada bentuk dan aroma. Jahe merah memiliki karakter rasa pedas dan aroma yang sangat kuat.

Jahe merah sudah dikenal sebagai bahan untuk obat-obatan sejak jaman dahulu. Beberapa negara yang sering menggunakan jahe merah untuk pengobatan adalah seperti China, India, Indonesia dan kawasan Timur Tengah. Jahe merah mengandung zat atau senyawa fitokimia sehingga sering digunakan untuk mengobati penyakit peradangan.

Bagaimana Karakteristik Jahe Merah?

Jahe merah memiliki bentuk pohon seperti jenis jahe lainnya, hanya saja rimpang jahe merah lebih kecil dan serat buah yang sangat kuat. Pohon jahe yang subur bisa mencapai ketinggian lebih dari satu meter. Daun jahe merah lebih hijau dan kuat dibandingkan dengan jenis jahe lainnya.

Rimpang jahe merah yang terbenam dalam tanah memerlukan kepadatan karakter tanah yang gembur. Dalam satu rimpang kecil tanaman jahe merah bisa tumbuh hingga lebih dari 10 kilogram jahe merah dewasa. Jahe merah memiliki warna rimpang putih dan daging serat lebih kuning.

Kandungan Nutrisi Jahe Merah

Jahe merah digunakan sebagai bahan obat-obatan karena mengandung nutrisi yang penting untuk mengembalikan kesehatan tubuh. Jahe merah mengandung karbohidrat (18,9 gram), gula (1,9 gram), serat (2,4 gram), lemak (0,9 gram), protein (1,7 gram), tiamin (0,02 mg), riboflavin (0.03 mg), niasin (0,73 mg), mangan (0,2 mg), magnesium (45 mg), kalium (400 mg), zat besi (0,7 mg), kalsium (17 mg), vitamin E (0,3 mg), vitamin C (6 mg) dan vitamin B6 (0,15 mg).

Apa Saja Manfaat Jahe Merah?

Jahe merah sudah digunakan sebagai tanaman obat sejak jaman kuno. Tanaman ini mengandung beberapa senyawa seperti kamfena, zingeberin, gingerol, shogol, gingeral, dan lemonin yang efektif untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. selain itu jahe merah juga mengandung senyawa lain seperti asam malat, asam aksolat, asam organik, minyak esensial dan gingerin. Berikut ini adalah daftar manfaat jahe merah untuk kesehatan.

1. Mengatasi Badan yang Menggigil

Menggigil sering disebabkan oleh berbagai hal seperti terkena cuaca dingin dan perubahan suhu yang terlalu drastis. Jahe merah bisa menjadi salah satu bahan untuk menghangatkan badan. Bakar beberapa ruas jahe merah di atas api selama kurang dari dua menit.

Kemudian masukkan dalam gelas dan campur dengan air panas dan gula batu. Anda juga bisa menambahkan susu untuk memberikan rasa yang lebih mantap. Minuman ini sangat sesuai untuk musim penghujan.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Anak-anak yang sedang masuk ke masa pertumbuhan biasanya sering mengalami masalah dengan nafsu makan. Sementara orang dewasa sering mengalami masalah nafsu makan karena tekanan pikiran, stres, kesibukan atau sakit. Untuk mengembalikan nafsu makan maka bisa menggunakan jahe merah.

Masukkan beberapa ruas jahe merah ke dalam air mendidih dan sisakan hingga satu atau dua gelas sesuai dengan selera. Tambahkan dengan madu atau gula batu. Minum saat masih hangat. Minuman jahe merah bisa mengatasi masalah lambung dan meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak maupun orang dewasa.

3. Mencegah Disfungsi Ereksi

Disfungsi ereksi sering menjadi masalah berat yang dihadapi oleh semua laki-laki. Masalah ini biasanya disebabkan karena masalah tekanan atau aliran darah untuk penis sehingga sel sperma tidak bisa keluar. Bahkan masalah ini bisa mengancam pikiran laki-laki karena biasanya juga menyebabkan masalah ketidaksuburan.

Untuk mengatasi masalah ini maka laki-laki bisa mengkonsumsi rebusan air jahe secara teratur. Jahe akan meningkatkan aliran darah untuk bagian penis dan meningkatkan produksi sel sperma. Jahe merah mengandung minyak esensial dan sari pati yang baik untuk meningkatkan nafsu seksual.

4. Mengatasi Penyakit Gangguan Lambung

Jahe merah adalah salah satu jenis obat yang sangat aman untuk masalah lambung. Beberapa jenis penyakit yang berhubungan dengan lambung seperti asam lambung dan maag bisa menyebabkan rasa sakit yang parah. Jahe merah mengandung senyawa khusus yang bisa mengatasi masalah kerusakan lapisan lambung dan mencegah peradangan. Minum air jahe secara teratur ternyata sangat baik untuk lambung. Konsumsi air jahe bisa dicampur dengan madu, susu atau minuman lain yang bersifat menyegarkan.

5. Mengatasi Penyakit Pernafasan

Jahe merah adalah tanaman yang sangat efektif untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan saluran pernafasan seperti asma, infeksi pernafasan atas dan gangguan lain. Jahe merah mengandung minyak atsiri alami yang bisa meredakan gejala penyakit tersebut. Konsumsi air jahe yang masih hangat bisa mengatasi masalah pernafasan dalam waktu yang sangat cepat.

6. Mengatasi Batuk

Batuk sering menjadi penyakit musiman yang biasanya muncul pada pergantian musim dan musim penghujan. Batuk sangat menganggu aktifitas dan bisa menyebabkan rasa sakit untuk tenggorokan dan dada. Untuk mengatasi batuk maka bisa memakai air jahe yang sudah dicampur dengan gula merah. Minum air jahe saat masih hangat bisa menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan.

7. Masker Jahe untuk Penyakit Sendi

Para manula biasanya sering mengeluh dengan tulang yang sakit saat akan berdiri atau duduk. Gangguan ini biasanya disebabkan karena kepadatan tulang yang terus memburuk. Jahe merah mengandung bahan khusus untuk mengatasi peradangan.

Cara untuk mengatasi beberapa keluhan ini adalah dengan menghandurkan beberapa ruas jahe merah dan rendam dalam air hangat. Gunakan air hangat untuk merendam kaki. Bila efeknya kurang terasa maka hancurkan beberapa ruas jahe merah dan tempelkan pada bagian tulang yang sakit.

8. Mengatur Tekanan Darah

Penyakit yang biasanya disebabkan masalah tekanan darah adalah seperti tekanan darah tinggi. Penyakit ini bisa menjadi sangat berbahaya karena bisa menyebabkan serangan stroke dan jantung. Untuk mengatasi gangguan ini maka bisa mengkonsumsi air jahe yang sudah didinginkan. Campurkan dengan madu atau susu sesuai dengan selera.

9. Mengatasi Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh berbagai gangguan. Banyak orang yang merasa sakit kepala sangat menganggu karena tidak bisa digunakan untuk beraktifitas. Untuk mengatasi sakit kepala maka bisa menggunakan jahe merah. Minum air yang hangat yang sudah dicampur dengan jahe merah. Jahe merah dapat dimasak bersamaan atau direndam saja. Minum saat pagi dan sore maka sakit kepala bisa cepat reda.

Jahe merah adalah tanaman obat yang sudah dipercaya sejak lama. Untuk mengatasi berbagai jenis penyakit maka bisa menggunakan jahe merah yang masih segar atau jahe merah bubuk. Jahe merah juga sangat efektif untuk mengatasi berbagai jenis masalah kecantikan seperti jerawat dan penyakit kulit lain. Bahkan jahe merah bisa digunakan untuk mengatasi penyakit panu dan kurap. Ambil potongan ruas jahe merah yang masih segar dan oleskan pada kulit secara teratur.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*