Home » Kesehatan » Manfaat Madu Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat Madu Untuk Wajah Berjerawat

Manfaat MaduTidak banyak orang yang tahu manfaat madu untuk wajah. Selama ini orang – orang hanya mengenal madu sebagai bahan pangan untuk dikonsumsi dan untuk pemanis pada makanan – makanan sampingan. Padahal madu sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita, bahkan rambut. Di sini kita akan mengulas manfaat madu untuk wajah khususnya wajah berjerawat. Mulai dari pemahaman jerawat, jenis masker madu, dan cara menggunakan madu untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah.

Selama bertahun – tahun, sudah banyak orang menggunakan masker dengan bahan madu untuk mengobati jerawat atau menyembuhkan tanda tanda atau bekas luka, titik – titik wajah, dan kemerahan wajah. Tidak ada resep khusus dari masker madu untuk mengobati jerawat, tapi bisa juga dibuat dari kombinasi bermacam – macam bahan tumbuhan lain yang cocok.

Menggunakan madu untuk masker jerawat sangatlah popular untuk penyembuhan rumahan dan jika benar – benar ingin menyembuhkan jerawat dengan cara yang alami, tidak berefek samping, atau jika tubuhkita tidak merespon dengan baik dengan obat-obatan, masker madu bisa jadi pilihan yang tepat yang bisa kita coba. Kita bisa menghilangkan dan mencegah jerawat.

Kita bisa menghilangkan jerawat tanpa merasakan suntikan antibiotik atau pahitnya pil atau obat – obatan atau menggunakan krim wajah atau losion, yang kebanyakan, tidak mengandung apa apa kecuali petroleum jelly yang dicampur dengan pewangi buata, pewarna tambakan, pemutih dengan kadar rendah dan campuran antibiotik.

Proses kimia yang sering digunakan untuk solusi mencegah jerawah dapat berbahaya bagi kulit kita, terutama kulit wajah yang lebih sensitif dari kulit lainnya. Dan campuran bahan – bahan kimia dapat berefek buruk yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya kepada tubuh kita, karena bahan kimia tersebut ada beberapa yang dapat diserap melalui kulit kita.

Sebelum kita mulai mencari solusi perawatan, kita harus memahami penyebab jerawat dan mencoba memahami manfaat madu untuk wajah berjerawat secara logis yang dapat digunakan untuk menyembuhkan jerawat.

Penyebab Jerawat

Akne Vulgaris (nama ilmiah untuk bentuk jerawat pada umumnya) merupakan masalah yang sudah banyak dialami oleh orang pada masa remaja maupun dewasa. Jerawat biasanya disebabkan karena tertutupnya kelenjar keringat, kelenjar yang bertugas mengeluarkan keringat sebagai bentuk dari eksresi, yang tertutup dengan debu, kulit mengelupas, atau material lainnya.

Selain karena faktor dari luar, banyak juga jerawat yang disebabkan oleh karena hormon yang tidak seimbang pada remaja. Jerawat hormon ini tidak hanya menyerang orang remaja saja tapi juga orang dewasa, misalnya hormon stress, kelebihan hormon akibat makan bahan makanan tertentu, atau akibat keturunan.

Penyembuhan

Jika kita sudah mengetahui penyebab jerawat kita, sudah waktunya kita untuk mencari penyembuhannya. Karena jerawat disebabkan karena tertutupnya saluran keringat pada pori- pori kita dan adanya bakteri di permukaan kulit kita, maka membersihkan penyumbat yang ada di permukaan dan melawan infeksi, secara logika merupakan tahap yang tepat untuk menyembuhkan dan mencegah jerawat.

Di sinilah manfaat madu untuk wajah berjerawat dapat diaplikasikan. Menggunakan masker madu untuk jerawat tidak hanya membesihkan sumbatan pada pori tapi juga menghilangkan infeksi mikroba, dan juga mengurangi penyebab jerawat.

Masker Madu Untuk Jerawat

Terdapat banyak jenis masker madu yang dapat dipilih dengan disesuaikan dengan jenis kulit. Misalnya kulit kering, kulit berjerawat, dan kulit kombinasi yang dapat merasakan manfaat dari masker madu. Berikut ini resepnya:

Masker Madu

Manfaat madu untuk wajah khususnya wajah berjerawat dapat dirasakan menggunakan masker madu saja. Madu tanpa campuran bahan lain dapat digunakan sebagai masker dan efektif menyembuhkan jerawat dengan membersihkan pori pori dan akan membuat mikroba mati, dengan kandungan antimikrobanya. Selain itu, tekstur yang lengket dari madu membantu kulit tetap terasa halus dan bersinar.

Coba carilah madu yang murni tanpa campuran bahan kimia dari toko yang terpercaya. Madu memiliki bahan antimikroba, antioksidan dan tentunya lengket. Nah, bentuknya yang lengket dapat menarik debu, kulit mati, dan mikroba lain dari pori-pori, sedangkan antimikrobanya menjaga kulit untuk menghindari kulit dari resiko terinfeksi mikroba lagi.

Masker Lemon Yogurt Madu

Jenis masker ini merupakan masker membasmi jerawat lain yang sangat bagus. Variasi ini juga diracik dari bahan – bahan yang seratus persen alami dan mudah didapat. Bahan yang diperlukan yaitu dua sendok susu, dua sendok madu, perasan air lemon, satu sendok yogurt, dan air hangat.

Campurkan bahan – bahan tersebut sampai mendapat tekstur yang agak kental. Kemudian aplikasikan pada seluruh bagian wajah sampai ke leher. Tunggulah beberapa menit sampai kering. Lalu aplikasikan lapisan kedua di atas lapisan yang pertama tadi. Setelah kering, bilas dengan air hangat sampai bersih.

Kandungan citric acid pada lemon merupakan pembersih yang sangat baik dan begitu pula susu. Dan yogurt merupakan bahan yang dapat menghaluskan kulit dan melembabkan kulit. Yogurt yang dicampur dengan lemon dapat mengurasi rasa kering yang diakibatkan oleh lemon. Selain itu, lemon berfungsi juga untuk menjaga pori – pori kita tetap kecil, loh.

Masker Madu Apel

Masker ini memiliki bahan yang sangat sederhana, dan tentu murah, dan lezat juga. Tapi jangan konsumsi sisa masker ini, ya! Bahan yang diperlukan adalah satu buah apel berukuran sedang (usahakan organik), empat sampai lima sendok madu, dan air hangat. Haluskan apel menggunakan mixer, kemudian campurkan madu ke dalam adonan apel. Aduk rata sampai berbentuk pasta, dan masker siap untuk digunakan.

Adonan masker ini memiliki efek optimal sesaat setelah dibuat. Jadi setelah kita membuatnya, usahakan langsung menggunakannya dan tidak menyimpannya di kulkas untuk digunakan di lain waktu. Bentuk apel yang agak kasar setelah dihaluskan menggunakan juicer, bekerja sebagai bahan scrub wajah yang ramah kulit. Kandungan glycolic acid yang terdapat di apel memfasilitasi kulit untuk bereksfoliasi. Secara bersamaan, madu dan apel membersihakn pori-pori hingga ke dalam.

Masker Madu Kayu Manis

Masker madu ini sangat populer di kalangan remaja sekarang. Bahannya hanyalah madu dan bubuk kayu manis. Bubuk kayu manis ini dapat di cari di supermarket bagian bumbu dapur. Campurkan satu atau sendok makan bubuk kayu manis dan madu secukupnya smpai terbentuk pasta.

Aplikasikan masker ini di seluruh wajah yang berjerawat. Gunakan masker ini sebelum tidur, dan biarkan semalaman. Keesokan harinya, bersihkan masker pada wajah menggunakan air hangat sampai bersih. Direkomendasikan mengaplikasikannya seminggu dua kali untuk mendapat hasil maksimal.

Kayu manis kaya akan cinnamaldehyde, yaitu kandungan yang memiliki antimikroba yang sangat baik dan melawan mikroba penyebab jerawat, sedangkan butiran butiran dan serat pada kayu manis berfungsi untuk eksfoliasi kulit. Dengan kombinasi ini, kayu manis dan madu, selain merawat jerawat juga bisa untuk antiaging atau menjaga kekenyalan kulit.

Jangan lupa untuk periksa reaksi alergi dari bahan-bahan masker yang digunakan untuk mendapatkan manfaat madu untuk wajah berjerawat secara optimal, ya! Gunakan dan variasikan masker madu untuk merawat wajah.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini
 

One comment

  1. Madu banyak sekali manfaatnya. Cuma kebanyakan orang tidak mengetahui dan memahami itu. terima Kasih infomasinya Gan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*