Home » Kesehatan » Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat PepayaPepaya adalah salah satu jenis buah yang bisa mudah ditemukan di sekitar kita. Ada berbagai jenis pepaya yang biasanya disebutkan sesuai dengan asal asli atau asal bibit pepaya misalnya pepaya Thailand, pepaya Boyolali, Pepaya Afrika dan jenis pepaya lain. Apapun jenis pepaya yang Anda pilih, maka buah ini memiliki karakter rasa yang manis dan menyegarkan. Buah pepaya sering dikonsumsi pada musim kemarau karena rasanya yang manis dan mengenyangkan.

Nutrisi Pepaya

Pepaya sering diremehkan karena buah yang mudah didapatkan dan harganya yang tergolong cukup murah. Tapi jika Anda melihat semua kandungan nutrisi dalam buah pepaya, maka Anda bisa mendapatakn semua manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Dalam setiap 100 gram pepaya mengandung energi 39 Kkal, 9,8 gram karbohidrat, 0,7 gram protein, 0,2 gram lemak dan 2,1 gram serat larut.

Pepaya juga mengandung beberapa jenis vitamin yaitu folat (38 mikrogram), niasin (0,3 mg), asam pantotenat (0,21 mg), piridoksin (0,01 mg), riboflavin (0.03 mg), tiamin ( 0,023 mg), vitamin A (1000 IU), vitamin C (61 mg), vitamin E (0,7 mg) dan vitamin K (2,3 mikrogram). Selain itu dalam buah pepaya juga ditemukan kandungan beberapa mineral seperti kalsium, cat besi, magnesium, kalium, dan tembaga.

Manfaat Buah Pepaya

Mengingat banyaknya nutrisi dan sumber mineral yang ditemukan dalam buah pepaya, maka buah ini memiliki manfaat yang sangat banyak. Makan buah pepaya secara teratur bisa meningkatkan khasiat dan baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pepaya untuk kesehatan.

  • Mengatur Kolesterol

Pepaya adalah buah yang banyak mengandung serat, vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. kandungan nutrisi ini bisa membantu tubuh dalam mengatur kolesterol. Kandungan kolesterol yang terlalu tinggi bisa membuat sumbatan pada pembuluh darah. Selain itu buah pepaya juga efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi pada penderita diabetes.

  • Membantu Program Diet

Buah pepaya mengandung serat dan kalori yang sesuai untuk program diet. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat maka buah pepaya bisa menjadi nutrisi pilihan. Buah pepaya juga akan membuat efek mengenyangkan lebih lama sehingga bisa menurunkan keinginan atau nafsu makan yang tinggi.

  • Menjaga Kesehatan Tubuh

Memiliki tubuh yang sehat akan menjadi langkah yang sangat baik untuk kehidupan Anda. Konsumsi buah pepaya secara teratur ternyata bisa meningkatkan kesehatan karena kandungan vitamin C dalam buah pepaya membantu sistem kekebalan tubuh. Jadi konsumsi buah pepaya juga bisa menurunkan potensi terkena infeksi kuman dan bakteri.

  • Asupan Tambahan untuk Diabetes

Pepaya adalah buah yang manis namun ternyata memiliki kadar gula yang cukup rendah. Dalam satu buah irisan buah pepaya berukuran sedang hanya mengandung sekitar 8 mg gula alami. Kandungan gula ini ternyata sangat baik untuk mencegah kenaikan kadar gula pada penderita diabetes.

Kandungan vitamin dan fitonutrisi yang ditemukan dalam buah pepaya juga bisa mencegah komplikias diabetes seperti serangan jantung dan stroke. Pepaya juga mengandung serat tinggi sehingga sangat aman untuk penderita diabetes.

  • Meningkatkan Kesehatan Mata

Dalam buah pepaya ditemukan beberapa jenis nutrisi seperti vitamin A, zeaxanthin, lutein, cyptosantin dan beta karotein. Semua jenis nutrisi ini sangat penting untuk menjaga mata, selaput lendir pada bagian mata dan mencegah semua kerusakan karena cahaya dan efek penuaan. Karena itu konsumsi pepaya secara teratur bisa meningkan kesehatan mata dan mencegah kerusakan mata karena kekurangan vitamin A.

  • Perlindungan Tulang

Pepaya juga menjadi buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan zat anti inflamasi dan vitamin C yang ditemukan pada pepaya sangat baik untuk menjaga kepadatan tulang. Beberapa jenis penyakit tulang yang sering menyerang manula seperti arthritis dan osteoporosis menjadi salah satu kendala bagi semua orang. Konsumsi pepaya saat masih muda bisa membantu mengurangi potensi terkena penyakit tersebut.

  • Menjaga Kesehatan Pencernaan

Hidup di era jaman yang modern pasti akan membuat kita mudah dalam memilih jenis makanan seperti makanan cepat saji dan makanan kemasan. Fasilitas makanan menjadi sangat mudah didapatkan. Tapi kita juga sering meremehkan efek dan akibat dari konsumsi makanan kemasan secara berlebihan.

Untuk mengatasi hal ini maka bisa mengkonsumsi pepaya secara teratur. Pepaya mengandung serat larut yang sangat tinggi. Pepaya bisa membuat pencernaan menjadi lebih lembut sehingga bisa melindungi beberapa jenis penyakit karena gangguan pencernaan.

  • Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri haid adalah kondisi wajar yang sering dialami oleh wanita saat sedang menstruasi. Nyeri yang terjadi pada bagian punggung, perut bawah hingga kaki akan menganggu aktifitas sehari-hari. Untuk mengatasi hal ini maka bisa mengkonsumsi pepaya yang mengandung enzim papain. Enzim ini bekerja secara efektif untuk melancarkan aliran darah haid sehingga sangat membantu untuk wanita.

  • Membuat Kulit Lebih Cantik

Tampil cantik menjadi bagian yang sangat penting untuk wanita. Namun wanita yang masuk ke usia 30 selalu menghadapi beberapa masalah kecantikan. Efek penuaan dini seperti kulit kerut, flek hitam dan bintik coklat pada kulit adalah masalah yang sangat umum. Tapi mengkonsumsi pepaya secara rutin setiap hari ternyata juga efektif untuk mengatasi masalah ini. Pepaya mengandung vitamin A, antioksidan dan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Mencegah Kanker

Kanker menjadi penyakit yang sangat menakutkan untuk semua orang. Untuk mencegah kanker yang disebabkan karena serangan radikal bebas maka bisa mengkonsumsi buah pepaya secara rutin. Pepaya mengandung antioksidan, fitonutrisi, dan flavonoid yang efektif dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Jenis kanker prostat dan usus besar bisa dicegah dengan konsumsi buah pepaya.

  • Mengatasi Tekanan Emosi

Tekanan emosi yang berlebihan bisa meningkatkan rasa stres. Stres bisa meningkatkan munculnya berbagai penyakit tanpa disadari. Konsumsi buah pepaya yang banyak mengandung vitamin C ternyata sangat baik untuk membantu tubuh mengelola stres. Pepaya juga sangat menyegarkan sehingga bisa membantu tubuh dalam mengelola perasaan yang terlalu besar atau tertekan.

Tips Mengkonsumsi Pepaya

Pepaya mudah ditemukan dimana saja. Untuk mendapatkan manfaat yang penuh dan tidak kehilangan nutrisi, maka Anda bisa mengikuti tips aman mengkonsumsi pepaya seperti dibawah ini.

  1. Selalu pilih buah pepaya dengan kulit yang lembut dan tidak tergores.
  2. Hindari memilih pepaya yang mengandung karbit jadi lebih baik membeli pepaya yang belum terlalu matang. Bungkus buah pepaya dengan kertas tipis dan kupas jika sudah matang.
  3. Selalu makan buah pepaya yang masih segar dan hindari makan pepaya yang sudah dikupas dan disimpan selama lebih dari 24 jam.
  4. Gunakan pisau yang benar-benar bersih untuk mengupas pepaya sehingga tidak terkontaminasi dengan kuman atau bakteri.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini
 

One comment

  1. terima kasih atas informasinya sobat bagaus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*