Home » Kehamilan » 7 Makanan yang Menyehatkan untuk Ibu Hamil

7 Makanan yang Menyehatkan untuk Ibu Hamil

7-makanan-yang-menyehatkan-untuk-ibu-hamilKehamilan adalah salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh pasangan yang menikah. Tapi kehamilan bisa membuat ibu yang hamil menjadi lebih mudah sakit. Hal ini disebabkan karena ketika hamil sistem kekebalan tubuh ibu mengalami penurunan untuk mendukung hidup bayi yang ada di dalam rahim ibu. Oleh karena itu, seorang ibu harus menjaga makanan yang masuk kedalam tubuhnya, harus bersih dan bebas dari bahan makanan yang berbahaya.

Selain menghindari penyakit, seorang wanita yang sedang hamil biasanya juga membutuhkan makanan-makanan tertentu untuk menunjang perkembangan janin, jika anda sedang mencari makanan sehat untuk ibu hamil, berikut ini merupakan beberapa makanan sehat yang bisa anda gunakan untuk menunjang pertumbuhan bayi anda.

Telur
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah telur. Telur merupakan makanan yang sangat baik untuk ibu yang sedang hamil dan juga janin. Mengapa? Hal ini disebabkan karena telur memiliki banyak protein sedangkan pertumbuhan sel-sel tubuh dari bayi banyak menggunakan bahan protein. Selain mengandung banyak protein, telur juga memiliki banyak kandungan omaga 3 yang baik untuk perkembangan otak janin.

Hal inilah yang menyebabkan telur merupakan makanan yang baik untuk ibu yang hamil. Akan tetapi, meski memiliki banyak manfaat untuk perkembangan janin, banyak ibu yang takut untuk mengkonsumsi telur karena kandungan lemak jenuh yang dimilikinya.

Lemak jenuh memiliki pengaruh yang buruk untuk kesehatan. Lemak jenuh dapat meningkatkan level kolesterol di dalam tubuh lebih banyak daripada mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol. Meski telur memiliki kandungan lemak jenuh, lemak jenuh yang dimiliki oleh telur ini jumlahnya tidak begitu tinggi. Dalam setiap telur, kandungan lemak jenuh yang dimilikinya hanya 1.5 gram.

Bagi ibu hamil yang memiliki level kolesterol pada darah yang normal, mengkonsumsi telur sebanyak 1 hingga 2 kali setiap hari merupakan salah satu hal yang baik. Tapi jika anda memiliki tingkat konsentrasi kolesterol dalam darah tinggi maka anda lebih baik mengkonsumsi putih telur yang kaya dengan protein dan bebas dari lemak jenuh.

Ikan Salmon
Makanan yang paling penting untuk ibu hamil adalah makanan yang membantu pertumbuhan janin. Salmon memiliki kandungan protein dan juga asam omega 3 yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan bayi anda. Anda tidak perlu takut dengan ikan yang berasal dari lautan ini. Meski berasal dari lautan, ikan salmon tidak mengandung banyak merkuri seperti ikan lautan pada umumnya.

Laut merupakan muara dari banyak sungai sehingga memiliki banyak kandungan kimia yang berbahaya seperti merkuri. Hal ini menyebabkan makanan dari lautan kurang baik untuk ibu dan juga pertumbuhan bayi. Merkuri dapat masuk ke jaringan syaraf dari bayi yang masih berada dalam masa pertumbuhan sehingga sangat berbahaya bagi tubuh bayi.

Akan tetapi ikan salmon ini merupakan salah satu ikan laut yang aman untuk dikonsumsi ibu hamil karena kandungan merkurinya sangat sedikit. Meski begitu, makanan sehat untuk ibu hamil ini baiknya maksimal dikonsumsi sebanyak 1.2 kilogram setiap minggunya untuk mengurangi kemungkinan bertumpuknya merkuri.

Sayuran dengan warna hijau yang pekat
Selain protein, pertumbuhan bayi juga banyak didukung dengan kandungan-kandungan yang ada di dalam sayuran. Sayuran yang baik untuk ibu yang sedang hamil adalah sayuran yang hijau dan berupa daun-daunan. Contoh sayurannya seperti bayam dan juga kangkung. Sayuran hijau yang berdaun ini memiliki banyak kandungan vitamin seperti vitamin A, C dan K.

Daging-dagingan
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah daging-dagingan. Daging-dagingan memiliki banyak protein yang memiliki kualitas yang paling baik. Selain itu daging-dagingan merah juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Namun anda perlu menghindari daging-dagingan yang memiliki banyak lemak.

Selain itu hindari makan daging-dagingan yang tidak dimasak seperti sosis siap makan. Hal ini disebabkan karena makanan-makanan yang tidak dimasak terlebih dahulu memiliki potensi tercemar bakteri dan juga virus yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan juga janin. Bakteri-bakteri tersebut antara lain adalah listeria, toksoplasma, dan juga salmonela.

Buah-buahan
Selain sayur-sayuran atau daun-daunan yang berwarna hijau. Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu langkah yang baik untuk menjaga kesehatan diri dan juga kandungan. Apalagi buah yang memiliki warna yang menarik seperti buah naga, buah beet dan buah-buah lainnya yang memiliki warna mencolok. Buah yang memiliki warna yang mencolok ini memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh ibu yang sedang hamil.

Selain memberikan vitamin dan juga mineral, ketika ibu mengkonsumsi buah-buahan yang beraneka ragam pada saat kehamilan berada pada usia tua, bayi bisa merasakan buah-buahan dikonsumsi oleh ibunya. Hal ini akan membantu bayi mengenal lebih banyak rasa dari buah-buahan yang ibu konsumsi dan dapat menerimanya.

Ubi
Salah satu makanan sehat untuk ibu hamil adalah ubi. Ubi memiliki kandungan warna orange yang alami. Kandungan warna orange ini didapatkan dari kartenoid yang ia miliki. Kandungan kartenoid yang dimiliki oleh ubi ini akan diubah menjadi vitamin A untuk menjaga kesehatan mata.

Cartenoid merupakan sumber calon vitamin A yang baik untuk tubuh tidak seperti bakal vitamin A lainnya yang bisa didapatkan dari sumber hewani. Oleh karena itu anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kartenoid secara bebas, tidak perlu dibatasi. Ubi bukan hanya memiliki banyak manfaat untuk ibu yang sedang hamil, ubi juga memiliki harga yang murah sehingga anda bisa mengkonsumsinya untuk snack dengan bebas.

Kacang-kacangan
Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa dikonsumsi. Masing-masing memiliki manfaat yang sangat penting untuk tubuh, terutama untuk ibu yang sedang hamil. Seperti yang kita tahu, protein adalah salah satu hal yang paling penting di masa kehamilan.

Hal ini disebabkan karena protein merupakan bahan utama dalam pembentukan sel-sel didalam tubuh janin. Oleh karena itu, mencukupi kebutuhan protein sangatlah penting bagi ibu yang sedang hamil. Ada banyak produk yang bisa menjadi sumber protein yang aman untuk ibu.

Dua bahan makanan yang bisa menjadi sumber protein telah disebutkan sebelumnya yaitu telur dan juga ikan salmon. Namun dua bahan yang telah disebutkan sebelumnya merupakan bahan yang berasal dari produk hewani. Untuk sumber protein yang berasal dari produk nabati anda bisa mengandalkan kacang-kacangan.

Kacang-kacangan selain memiliki banyak kandungan protein, juga memiliki banyak kandungan serat. Serat juga sangat penting dalam sebuah kehamilan, ibu yang sedang hamil cenderung mengalami konstipasi dan juga ambeyen karena pergerakan pencernaan yang lambat. Dengan konsumsi serat yang cukup, masalah buang air besar bukan lagi masalah yang besar untuk ibu yang sedang hamil.

Selain kandungan serat, makanan sehat untuk ibu hamil yang satu ini juga memiliki banyak kandungan zat besi, asam folat, kalsium dan juga zinc.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*