Home » Kehamilan » 5 Sumber Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

5 Sumber Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil

5-sumber-makanan-bergizi-untuk-ibu-hamilSetiap pasangan yang baru menikah tentu akan sangat mendambakan kelahiran sang buah hati bila mendengar kalimat bahwa istri sudah “positif hamil” pastinya itu merupakan kabar yang sangat menggembirakan baik oleh pasangan suami istri itu sendiri maupun keluarga lainnya.

Karena rumah anda akan mulai di isi dengan tangisan, tawa, teriakan sang buah hati. Sebagai ibu hamil tentunya anda harus memperhatikan menu makanan jangan sembarangan makan sebab kesehatan dan keselamatan si bayi tergantung akan kesehatan sang ibu. Namun jangan khawatir karena dalam artikel kali ini saya akan memberikan makanan untuk ibu hamil.

Ibu hamil
Ibu hamil merupakan salah satu dari kelompok resiko rawan gizi sebab ibu hamil akan memerlukan pasokan makanan yang jauh lebih besar dibanding sebelum hamil kira-kira sekitar 15% dari kalori normal. Hal itu disebabkan makanan yang dimakanan oleh ibu hamil nantinya akan menjadi nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, plasenta, jaringan payudara untuk menyusui kelak serta cadangan lemak.

Berdasarkan rekomendasi yang dilakukan oleh NRC (National Research Council) bahwa ibu hamil harus mendapatkan tambahan kalori sebesar 300 kkal dari energi total orang normal wanita usua 20-25 tahun sebesar 2000 Kkal/hari. Dan bila ibu hamil kekurangan kalori maka itu bisa menyebkan ibu hamil menderita anemia ataupun kondisi janinnya menjadi lemah yang nantinya akan sangat berakibat fatal bagi keselamatan janin maupun si ibu.

Usia kandungan ibu hamil pada trimester pertama (1-3 bulan) pertambahan kebutuhan energi masih sedikit meski begitu biasanya di usia kandungan muda seperti ini keluhan kehamilan akan banyak terjadi pada ibu hamil seperti morning sickness (mual,muntah, pusing) perubahan suasana hati, mudah lelah dan bahkan ngidam semua itu disebabkan karena pengaruh peningkatan hormon.

Dan pada trimester kedua (4-6 bulan) pertambahan kebutuhan energi untuk ibu hamil akan semakin peningkat karena energi atau asupan kalori yang dimakan oleh ibu hamil akan digunakan untuk penambahan darah, perkembangan uterus, pertumbuhan payudara dan penimbunan lemak.

Dan pada trimester ketiga (7-9 bulan) maka pertambahan energi akan semakin besar yang digunakan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Oleh sebab itu ibu hamil memerlukan jumlah makanan yang lebih banyak dan pastinya makanan yang dikonsumsi juga haruslah makanan yang bergizi, sehat dan juga aman.

Makanan untuk ibu hamil
Seperti yang telah kita ketahui bahwa makanan yang kita makan selama hamil tentunya akan lebih banyak dibanding sebelum hamil karena adanya janin yang akan bertumbuh dan berkembang. Berikut ini beberapa makanan yang harus ada di dalam makanan untuk ibu hamil :

Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat tepung atau yang mengandung zat glukosa yang akan dirubah dalam bentuk energi agar kita bisa melakukan kegiatan seperti berjalan, bergerak, dan sebagainya. Dan ternyata glukosa tersebut juga akan diperlukan oleh si janin sebagai sumber energi dan karbohidrat ini nantinya juga akan dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin.

Beberapa sumber karbohidrat yaitu nasi, roti, serealia, ubi, jagung, gandum. Ibu hamil membutuhkan kurang lebih 1.500kkal karbohidrat akan tetapi anda juga harus berhati-hati karena tidak semua sumber karbohidrat baik misalnya gula dan makanan yang mengandung banyak gula, seperti cake, dan permen.

  • Protein

Fungsi utama protein yaitu untuk pertumbuhan dan perkembangan. Selama kehamilan terjadi peningkatan protein sebesar 68%. Bila dibadingkan dengan wanita tidak hamil maka keperluan protein akan bertambah sebanyak 10-15 gram untuk wanita hamil.

Protein berfungsi untuk tumbuh kembang janin, pembentukan plasenta dan cairan amnion, pertumbuhan jaringan payudara dan jaringan uterus, dan penambahan volume darah. Sumber protein bisa kita dapatkan daging, ikan, unggas, telur, kerang , tahu, tempe, oncom, dan selai kacang.

  • Lemak

Mugkin saat anda mendengar kata lemak tentu anda akan berpikir bahwa lemak itu tidak bagus merupakan penyebab terjadinya berbagai macam penyakit seperti diabetes, jantung, stroke dan sebagainya dan bahkan lemak juga hanya akan membuat penampilan anda semakin buruk. Namun tahukah anda bahwa ternyata lemak sangat perlu untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan plasenta.

Selain itu ibu hamil memerlukan lemak untuk persiapan menyusui setelah bayi lahir. Oleh karena itu, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan lemaknya secara seimbang, artikel tidak boleh kekurangan,namun juga tidak berlebihan. Sumber lemak antara lain kacang- kacangan, biji- bijian dan hasil olahannya.

  • Vitamin

Makanan yang banyak mengandung vitamin seperti vitamin A , vitamin D, vitamin C, vitamin E, Vitamin K, Vitamin B dan Asam Folat bisa kita dapatkan dari sayuran hijau dan buah-buahan berwarna. Salah satu vitamin yang diperlukan selama hamil yaitu vitamin A kebutuhannya meningkat 25% dari sebelum hamil.

Vitamian A berfungsi untuk membantu proses pertumbuhan sel dan jaringan tulang, mata, rambut, kulit, dan organ dalam dan fungsi rahim. Sayur yang harus selalu dikonsumsi oleh ibu hamil seperti bayam, kangkung, brokoli dan juga sawi. Selain itu Asam folat (turunan dari vitamin B) kekurangan asam folat bisa mempengaruhi proses pertumbuhan sel otak pada janin dan proses penutupan tabung selaput saraf otak menjadi tidak sempurna.

Sumber asam folat bisa didapatkan dari sayuran berwarna hijau dan buah-buahan berwarna jingga dan merah seperti semangka, jeruk, pisang, nanas serta daging tanpa lemak, serealia utuh, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

  • Mineral

Beberapa contoh mineral seperti kalsium, besi, seng, posfor, magnesium, dsb.

  • Kalsium

Kalsium mengandung mineral penting yang sangat baik untuk pertumbuhan janin sebab saat kehamilan kalsium dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan bakal gigi. Ibu hamil membutuhkan kalsium 2 kali lipat lebih besar dibanding sebelum hamil yaitu sekitar 900 mg. Sumber kalsium yaitu susu maupun produk susu seperti keju, yoghurt, teri, dan kacang- kacangan.

  • Zat besi

Zat besi juga tidak kalah pentingnya seperti kalsium. Zat besi penting untuk membuat hemoglobin dan protein di dalam sel darah merah, membantu mencegah anemia dan perdarahan saat melahirkan, serta mencegah cacat janin. Sumber zat besi bisa kita dapat dari daging berwarna merah, hati, ikan, kuning telur, sayuran berdaun hijau, kacang- kacangan, tempe, roti,dan sereal.

  • Magnesium

Magnesium merupakan mineral penting yang diperlukan selama kehamilan. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. Sumber magnesium bisa di dapat dari sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan.

Demikian lah artikel mengenai sumber makanan untuk ibu hamil yang wajib dikonsumsi selama kehamilan agar kelak kandungan tumbuh dan berkembang dengan normal serta ibu juga akan tetap sehat. Selain itu saran saya untuk ibu hamil hindari menggunakan rokok, alkohol dan kurangi makanan siap saji, makanan yang terlalu manis dan berpengawet.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*