Home » Kehamilan » 3 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

3 Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil

posisi-tidur-ibu-hamilTentunya anda akan bertanya-tanya memangnya perlu ya posisi tidur ibu hamil ? tinggal tidur dan berbaring dengan gaya yang disukai saja yang jelas tidur nyenyak dan nyaman. Pastinya anda akan berpikiran seperti itu apalagi bila anda masih tergolong pengantin muda yang sedang menantikan kehadiran si buah hati ataupun anda yang masih single namun perlu pengetahuan dan persiapan terbaik bila sudah menjadi ibu nantinya.

Jawabannya yap, ternyata posisi tidur itu penting loh untuk ibu hamil apalagi perut yang sudah semakin berkembang dan membesar jadi tidak boleh asal sembarangan tidur. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil.

Memang selama kehamilan ibu akan dituntut untuk lebih banyak memperhatikan kesehatan mulai dari mengatur dan menjaga pola makan yang harus dijaga, menghindari pekerjaan atau aktifitas yang terlalu berat, menghindari stress dan bahkan posisi tidur juga harus dijaga.

Memang rasanya agak repot bila mendengar hal tersebut akan tetapi semua itu akan terasa mudah bila anda melakukannya demi keselamatan dan kesehatan si buah hati rasa susah membesarkan dan menjaga kandungan anda akan terbayar dan sirna begitu saja bila sudah mendengar tangisan pertamanya di dunia.

Sebenarnya wajar saja bila ibu hamil tentu akan kesulitan untuk tidur dengan lelap di malam hari karena adanya berbagai macam gangguan, seperti sering terbangun di malam hari karena ingin buang air kecil terus, merasa sesak napas, jantung terasa berdebar, sakit punggung dan kram pada kaki, konstipasi, dan rasa sakit di ulu hati dan juga stres juga bisa membuat ibu hamil sulit tidur selain itu stres juga bisa berpengaruh pada kondisi kandungan yang semakin melemah karena kondisi kehatan janin terletak pada kondisi kesehatan ibunya.

Selama kehamilan tentu akan banyak sekali keluhan yang akan dirasakan seperti mual, muntah, pusing, lemas, pinggul sakit, emosi yang labil dan bahkan gangguan saat menjelang tidur. Wanita hamil cenderung merasa kesusahan untuk tidur karena adanya janin di kandungannya yang makin hari makin membesar dan apabila salah posisi bisa jadi ibu hamil akan mengalami kaki membengkak, nyeri otot dan sebagainya.

Oleh karena itu posisi tidur juga mempengaruhi akan kualitas tidur yang baik bila ibu hamil sampai kurang tidur tentunya badannya tidak akan fit yang juga bisa mempengaruhi kepada kesehatan janin yang dikandungnya.

Posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Berikut ini ada beberapa posisi tidur yang disarankan kepada ibu hamil agar tidur semakin terasa nyaman dan yang paling penting tidak menggangu kandungan seperti dibawah ini :

  • Tidur Terlentang

Posisi tidur telentang sangat dianjurkan khususnya pada ibu yang usia kehamilannya berada pada trimester pertama (1-3 bulan). Sebab pada usia kandungan yang seperti ini pembesaran pada bagian payudara akan terjadi sehingga akan terasa lebih sensitif bila sampai tersentuh dan sebaiknnya hindari posisi tidur tengkurap pada trimester pertama.

Selain itu hal yang perlu anda catat bahwa tidur telentang malah sebaliknya ternyata tidak bagus dan harus di hindari bila usia kehamilan sudah memasuki trimester kedua (4-6 bulan) karena pada trimester kedua khususnya di bulan ke 5 uterus berada di bagian tekanan vena yang berfungsi untuk mengembalikan aliran darah ke jantung ibu hamil.

Tidur telentang saat hamil bila dilakukan terus-menerus untuk waktu yang cukup lama maka bisa membuat aliran darah plasenta janin menjadi lebih kecil dan terhambat. Dan kondisi seperti ini bisa membatasi asupan gizi ibu hamil dan oksigen pada janin sehingga bisa menyebabkan kematian. Selain itu, posisi ini bisa menyebabkan mual dan pusing serta kaki atau tangan membengkak.

  • Tidur dengan posisi menyamping ke sebelah kiri

Tidur dengan posisi menyamping ke sebelah kiri sangat dianjurkan oleh para ahli sebab posisi tidur yang seperti ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah menuju jantung ataupun menuju rahim. Dan juga manfaat yang bisa kamu peroleh yaitu rasa nyaman karena hati tidak akan tertekan, menghindari agar kaki atau tangan tidak membengkak, dan juga untuk mempermudah proses kerja ginjal.

Dan sebaliknya bila anda tidur dengan posisi tidur menyamping kekanan akan sangat berbahaya bisa menyebabkan tekanan yang kuat pada organ hati ibu hamil. Kondisi ini juga bisa menyebabkan asupan untuk janin menjadi lebih terbatas.

Karena ibu hamil rentan untuk terbangun di malam hari dan bisa saja tanpa di sadari posisi tubuh bisa menyamping ke kanan yang mana akan berakibat fatal pada janin untuk menghindari hal tersebut sebaiknya ganjal dibagian perut dan punggung dengan bantal.

  • Gunakanlah Bantal Saat Tidur

Pada umumnya orang akan merasa lebih nyaman bila tidur menggunakan bantal. Selama kehamilan anda juga bisa menggunakan bantal khusus ibu hamil yang lembut atau sesuai dengan selera anda disekitar tempat tidur agar kepala, tangan, kaki dan punggung bisa mendapatkan posisi tidur yang paling nyaman.

Jika anda kesulitan untuk bernafat atau ada ada perasaan seperti sesak cobalah untuk meletakkan bantal tepat dibawah sisi samping tubuh agar posisi dada terangkat biar membantu mengurangi rasa sakit sesak anda, dan jika terasa sakit di sekitar ulu hati cobalah untuk meletakkan di arah kepala agar tubuh bagian atas lebih tinggi serta untuk mengurangi kenaikan asam lambung sebaknya gunakan posisi tidur setengah duduk.

Tips agar tidur lebih nyaman untuk ibu hamil
Mungkin anda sudah tahu beberapa posisi tidur yang baik dan bahkan yang harus di hindari selama kehamilan. Untuk menambah kualitas tidur ibu hamil lebih nyaman sehingga tidur nyenyak bisa dirasakan ada beberapa tips yang bisa dilakukan seperti dibawah ini :

  1. Gunakan bantal yang nyaman dan lembut untuk membuat anda merasa lebih rileks untuk tidur.
  2. Gunakan pakaian yang longgar biar pergerakan lebih bebas serta biar tubuh tidak merasa kepanasan dan sesak.
  3. Jangan mengkonsumsi makanan pedas sat menjelang tidur yang bisa menyebabkan diare dan membuat anda akan terbangun dengan perut memules.
  4. Hindari stres dan dengarkan beberapa musik melo untuk membantu anda tidur lebih cepat.
  5. Jaga pola makan, untuk membuat tidur lebih nyenyak konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi.
  6. Lakukan senam ibu hamil biar tubuh tetap bugar dan sehat.

Demikianlah informasi mengenai posisi tidur ibu hamil pastinya saat usia kandungan masih muda anda masih bisa menggunakan beberapa posisi tidur namun setelah usia kandungan semakin bertambah cobalah untuk posisi tidur miring ke kiri. Dan jangan lupa untuk tetap memeriksakan kondisi kandungan anda ke dokter dan sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda bila ada gejala aneh yang di rasakan.


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*