Home » Kehamilan » 15 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

15 Ciri-Ciri Hamil Muda yang Perlu Anda Ketahui

Secara umum tanda-tanda kehamilan dapat diketahui sejak awal, baik secara fisik maupun non fisik. Untuk lebih menyakinkan biasanya para wanita melakukan tes kehamilan. Tes kehamilan populer yang sangat mudah dilakukan adalah dengan menggunakan tes pack urin, untuk hasil yang akurat sebaiknya lakukan tes ini pada pagi hari.

Masing-masing alat tes pack urin memiliki ketentuan sendiri dalam memberitahu mengenai hasil tes, oleh karena itu baca dan pahami cara menggunakan alat tersebut termasuk indikator yang menujukan apakah Anda sedang dalam keadaan hamil atau tidak namun demikian pada umumnya seseorang dapat dikatakan positif hamil jika terlihatdua garis pada alat tes pack urin tersebut sementara hasil negatif ditunjukan dengan unculnya satu garis.

Untuk lebih yakin Anda juga dapat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan USG atau ultrasonografi, hasilnya tentu akan lebih akurat namun biaya yang cukup mahal menjadikan tes kehamilan ini tidak populer di tengah masyarakat.

Selain dapat mendiagnosisi dan mengkonfirmasi ciri-ciri hamil muda dengan lebih akuran, penggunaan USG juga turut memberikan informasi yang sangat berguna untuk melihat kondisi sang jabang bayi karena melalui tes ini Anda juga dapat mengetahui posisi plasenta, detak jantung janin, jenis kelamin janin, usia kehamilan, volume cairan ketuban, apakah bayi yang dikandung kembar atau tidak, mendiagnosa sejak dini jika kemungkinan ada kelainan pada janin dan informasi enting lainnya.

Selain dengan kedua tes tersebut tanda-tanda kehamilan juga dapat diketahui sejak awal melui perubahan fisik khusus pada wanita hamil. Secara umum setiap wanita menunjuk gejala awal kehamilan yang berbeda-beda, bahkan tidak jarang seorang wanita mendapati gejala yang tidak sama untuk kehamilannya yang pertama dengan kehamilan yang selanjutnya. Bagi Anda yang merasa penasaran mengenai tanda awal kehamilan, berikut ini merupakan 15 ciri-ciri hamil muda yang umumnya terjadi pada sebagian besar wanita yang sedang hamil.

1. Payudara Membengkak
Nyeri ataupun kesemutan yang terjadi di payudara menjadi gejala kehamilan yang sangat umum dialami oleh para wanita pada awal masa kehamilannya. Bukan hanya itu saja biasanya payudara juga akan membengkak, area aerola berubah warna menjadi lebih gelap, payudara menjadi lebih lembut dan lebih sensitif beberapa bulan.

Hal ini menjadi pertanda bahwa payudara sedang mempersiapkan diri dalam menghasilkan ASI. Namun meskipun demikian tidak semua wanita yang mengalami perubahan pada payudara ini dapat dikatakan sedang dalam kondisi hamil. Menurut Teresa Pitman seorang ahli laktasi, kondisi serupa juga dapat dialami oleh wanita pengguna pil KB.

2. Perubahan Bentuk tubuh
Selain bentuk payudara dan perut yang membesar, bagian tubuh lainnya pada wanita yang juga ikut mengalami perubahan pada masa kehamilan adalah bokong dan paha.

3. Terlambat Menstruasi
Terlambat datang bulan seringkali menjadi indikator yang mendakan bahwa seorang wanita sedang hamil, namun sebaiknya lakukan tes kehamilan agar hasilnya lebih akuran karena bukan tidak mungkin keterlambatan tersebut juga bisa diakibatkan oleh faktor lain bukan ciri-ciri hamil muda seperti diet, stres, adanya gangguan hormonal ataupun spotting.

4. Mudah Lelah
Di awal kehamilan biasanya wanita menjadi merasa mudah lelah, mereka lebih suka berbaring saja. Kondisi ini dikarenakan tubuh sedang beradaptasi dengan keberadaan janin, adanya peningkatan hormon progesteron atau dapat juga disebabkan karena tekanan darah dan kadar gula darah yang menurun.

5. Morning Sickness
Morning Sickness atau mual menjadi ciri-ciri hamil muda yang paling umum lainnya. Adapun faktor yang dapat menimbulkan rasa mual tersebut adalah efek perih yang terjadi di lapisan perut yang disebabkan oleh kadar hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) yang meningkat. Seiring dengan perjalanan gejala mual ini akan berangsur berkurang bahkan menghilang ketika masuk trimester kedua kehamilan.

6. Lebih Sensitif pada Bau
Ciri-ciri hamil muda yang selanjutnya adalah menjadi lebih sensitif pada berbagai jenis bau, bahkan tidak sedikit dari mereka yang mulai merasa tidak tahan pada bau-bau termasuk aroma makanan tertentu hingga mual dan muntah.

7. Sakit punggung
Secara umum seorang wanita hamil biasanya akan mengalami sakit punggung tepatnya pada bagian bawah dan bisanya hal tersebut akan berlanjut hingga melahirkan.

8. Sering meludah
Perubahan hormon estrogen, biasanya akan membuat sang ibu hamil menjadi lebih sering meludah atau yang disebut hipersalivasi terutama saat kehamilan trimester pertama. Ciri-ciri hamil muda ini akan beransur menghilang saat kehamilan memasuki trimester kedua.

9. Ngidam
Ngidam seringkali diidentikkan sebagai ciri-ciri hamil muda, meskipun tidak semua wanita yang sedang hamil mengalami gejala ini. Biasanya mereka menunjukan keinginan yang besar pada makanan dan minuman tertentu ataupun melakukan aktivitas-aktivitas yang cukup unik, tanpa alasan yang jelas. Dalam beberapa kondisi mungkin wanita hamil ini juga mendadak tidak menyukai makanan tertentu yang sebelumnya menjadi makanan favoritnya.

10. Munculnya Bercak Darah
Di minggu pertama, pada beberapa wanita biasanya akan muncul bercak darah seperti menstruasi namun dengan volume yang sedikit, pendarahan ini dikenal dengan implantation bleeding. Pendarahan implantasi terjadi akibat proses implantasi atau proses menempelnya calon janin (embrio) pada dinding rahim, dan biasanya terjadi 8 sampai 10 hari setelah ovulasi.

11. Kram Perut atau Sakit Perut
Kram perut merupakan gejala yang sering muncul pada masa kehamilan. Kram yang sering diidentikkan sebagai efek dari munculnya bercak darah atau adanya proses implantasi embrio ini biasanya terjadi secara teratur hingga kehamilan trimester kedua dimana pada saat tersebut posisi uterus sudah berada ditengah dengan panggul sebagai penyangganya.

12. Pusing dan Sakit Kepala
Pusing ataupun sakit kepala yang sering menjadi ciri-ciri hamil muda disebabkan oleh kondisi fisik yang dialami ibu hamil seperti rasa mual, lelah sampai tekanan darah yang rendah. Gelaja ini juga bisa disebabkan oleh emosional yang terbentuk akibat depresi dan perasaan tegang serta distribusi darah ke seluruh tubuh yang meningkat.

13. Sering Buang Air Kecil
Pertumbuhan janin di dalam rahim secara otomatis akan menekan kandung kemih, mengingat janin akan membutuhkan ruang untuk dapat tumbuh. Kondisi ini membuat frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering dengan urine yang lebih cepat memenuhi kandung kemih.

Biasanya ciri-ciri hamil muda ini sering terjadi pada kandungan yang memasuki usia 1 minggu dan berhenti di minggu ke 12, namun akan terjadi kembali saat memasuki minggu ke 28 dimana perut sudah mulai membesar.

14. Sembelit
Peningkatan hormon progesterone pada masa kehamilan juga sering menimbulkan sembelit. Hormon progesterone dapat mengendurkan otot dinding usus yang menyebabkan menjadi sulit buang air besar atau yang dikenal dengan sembelit.

15. Perubahan Mood
Wanita hamil cenderung memiliki moody dan menjadi gampang sekali tersinggung. Anda tidak perlu khawatir karena mood yang mudah berubah ini merupakan hal yang biasa, karena adanya perubahan hormon dlam tubuh yang terjadi secara drastis.

Demikianlah informasi mengenai 15 ciri-ciri hamil muda semoga dapat bermanfaat.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*