Home » Kehamilan » 10 Referensi Obat Batuk untuk Ibu Hamil

10 Referensi Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Wanita hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat secara sembarangan meski hanya berupa obat batuk saja. Mengapa? Karena semua asupan yang masuk ke dalam tubuh wanita yang sedang hamil akan berdampak langsung pada janin yang sedang dikandung. Demikian juga ketika tubuh dalam kondisi kurang sehat.

Sedang batuk, misalnya, memang disarankan untuk segera diatasi agar nantinya tidak berpengaruh pada kesehatan tubuh sang ibu sendiri yang kemudian dapat berimbas pula pada kesehatan tubuh janin. Oleh karenanya, penting rasanya untuk mengkonsumsi obat batuk untuk ibu hamil yang terbukti aman dan terjamin kualitasnya.

Tambahan informasi; meski sudah menerapkan gaya hidup sehat selama menjalani masa kehamilan dengan cara menjaga kebersihan, masih ada kemungkinan bagi si ibu yang sedang hamil mengalami gangguan kesehatan ringan seperti batuk. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa usia 12 minggu pertama kehamilan adalah masa yang sangat penting karena semua organ vital bayi sedang terbentuk.

Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi obat secara sembarangan hingga usia kandungan melewati usia kandungan trimester pertama. Ada juga dokter yang menyarankan pada wanita hamil untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan hingga usia kandungan telah mencapai usia trimester kedua.

Lantas, apa solusinya untuk mengatasi batuk yang mengganggu? Ada beberapa tips sederhana untuk meredakan batuk pada wanita hamil, dan berikut tips-tipsnya:

  • Sering mandi dengan air hangat. Uap pada air hangat dapat membantu memperlancar sesak nafas yang biasa dialami oleh penderita batuk
  • Berkumur dengan air hangat yang telah diberi garam secukupnya. Cara ini juga cukup efektif, terutama untuk meredakan radang tenggorokan secara alami. Lakukan treatmen sederhana ini sebelum tidur agar Anda dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman tanpa terganggu oleh batuk
  • Bisa juga diatasi dengan mengoleskan minyak gosok atau balsem pada area dada menjelang tidur. Tujuannya, selain menghangatkan, balsem atau minyak gosok juga dapat melegakan nafas.
  • Mengkonsumsi sup hangat atau makanan yang berkuah hangat guna meredakan tenggorokan yang sedang mengalami radang
  • Konsumsi teh rendah kafein juga efektif untuk redakan batuk yang menggangu. Bila perlu tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis plus madu alami sebagai penambah rasa. Kombinasi bahan alami ini sangat efektif untuk meredakan radang tenggorongan dan batuk.
  • Tempatkan bantal dengan menumpuknya supaya tinggi. Posisi tidur dengan kepala lebih tinggi daripada tubuh cukup membantu untuk mencegah cairan dahak mengalir saat tidur.
  • Sediakan segelas air putih, balsem, dan inhaler di dekat tempat tidur agar mudah diambil ketika batuk menyerang di malam hari.
  • Konsumsi obat batuk yang telah diresepkan oleh dokter dan yang pastinya aman untuk wanita hamil

Sekedar informasi, obat batuk yang beredar umumnya memiliki kandungan bahan kimia yang mungkin berbahaya apabila dikonsumsi secara terus-menerus oleh wanita yang sedang hamil. Satu-satunya solusi terbaik untuk mengatasi batuk yang sudah terlanjur menyerang wanita hamil adalah dengan mengkonsumsi obat batuk alami yang memang dibuat dari 100 persen bahan alami yang ada di sekitar kita. Mengingat obat alami tidak memberikan efek samping apapun meski dikonsumsi secara rutin, sederetan obat alami berikut begitu dianjurkan untuk Anda para wanita hamil yang begitu terganggu oleh batuk yang tak kunjung sembuh.

Air Hangat Plus Madu dan Lemon
Anda dapat meracik obat batuk alami ini di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan 3 bahan saja. ketiga bahan tersebut adalah air hangat, lemon, dan madu. Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan segelas air hangat lalu beri perasan air lemon dan madu asli secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur lalu minum. Minum obat alami ini sehari 3 kali, terutama menjelang tidur, dijamin hanya dalam waktu beberapa hari saja batuk akan reda dengan sendirinya.

Jus Bawang Merah plus Madu
Opsi obat batuk alami lainnya yang boleh Bunda coba yaitu jus bawang merah plus madu. Memang rasanya kurang begitu enak, namun obat alami ini terbukti efektif sembuhkan batuk dan yang pasti aman untuk wanita hamil. Cara membutanya, siapkan 2 atau 3 butir bawang merah yang telah dikupas dan dicuci bersih lalu blender hingga halus. Anda boleh tambahkan air secukupnya agar jus lebih encer. Kemudian, tambahkan madu secukupnya. Konsumsi obat alami ini sehari sekali.

Potongan Lemon, Garam, dan Lada
Nah, resep tradisional yang satu ini tidak untuk diminum, melainkan dihirup saja. Cara membuatnya, hancurkan sepotong lemon yang sudah disiapkan lalu campur dengan lada dan garam secukupnya. Setelah hancur, simpan di wadah kecil untuk kemudian dihirup kapan pun Anda mau. Bisa dibilang resep ini serupa dengan inhaler alami.

Teh Jahe
Nah, obat alami ini terdengar begitu menggiurkan dan rasanya pasti menyegarkan dan menghangatkan. Cara membuatnya sangat mudah. Rebus satu ruas jari jahe yang telah dikupas dan dicuci bersih dengan air secukupnya lalu. Setelah mendidih, beri teh rendah kafein, saring, lalu sajikan dalam cangkir teh. Anda bisa tambahkan gula aren atau madu alami sebagai penambah rasa manis. Campuran jahe dan teh ini terbukti redakan batuk berdahak.

Daun Basil dan Madu Alami
Opsi obat batuk alami lainnya yaitu rebusan daun basil yang diberi madu alami. Cukup rebus 2 atau 3 lembar daun basil yang sudah dicuci bersih lalu campurkan dengan madu. Tak perlu banyak mengkonsumsi obat alami yang satu ini. Cukup 1 sendok teh saja setiap hari.

Rebusan Jahe dan Kencur
Dua jenis tanaman rimpang ini memang memiliki banyak sekali khasiat. Salah satunya adalah meredakan dan menyembuhkan batuk berdahak. Anda yang sedang hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi obat batuk alami ini karena sangat aman untuk bayi yang ada di dalam kandungan Anda. Untuk menambahkan rasa manis, Anda boleh tambahkan madu alami sesuai dengan selera Anda.

Bawang Putih Segar
Nah, bagi Anda penyuka bawang putih, boleh juga dicoba resep tradisional yang satu ini. Siapkan 1 butir bawang putih, kupas, lalu cuci hingga bersih. Anda boleh langsung mengunyahnya bersamaan dengan makanan lain yang sedang Anda konsumsi. Lakukan treatmen ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Buah Anggur
Tahukah Anda, buah anggur ternyata mengandung suatu zat yang sangat mirip dengan zat pada obat batuk ekspektoran yang melegakan tenggorokan. Anda boleh langsung mengkonsumsinya atau boleh juga Anda olah menjadi jus atau smoothie segar.

Susu Rendah Kalori Plus Madu dan Kunyit
Boleh juga dengan mencoba obat alami yang satu ini. Benar sekali, susu hangat yang telah dicampur dengan madu dan kunyit. Pastikan bahwa susu yang Anda konsumsi adalah susu rendah kalori dan tinggi protein. Tambahkan madu secukupnya plus kunyit. Minum selagi hangat.

Rebusan Daun Kemangi
Siapa yang tak suka dengan daun kemangi. Hampir semua orang menyukainya. Aroma daunnya begitu khas dan sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat sayuran dan lalapan segar. Daun kemangi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman herbal yang mana salah satu khasiatnya yaitu dapat meredakan batuk. Karena berbahan herbal, tentunya obat batuk berbahan daun kemangi ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh wanita hamil. Cukup direbus saja lalu diminum selagi hangat, batuk akan segera reda.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*