Home » Kehamilan » Hamil 4 Bulan

Hamil 4 Bulan

Kehamilan pada Seorang Wanita

Hamil 4 bulan merupakan masa-masa yang harus disikapi oleh seorang calon ibu dengan sebijaksana mungkin. Karena pada masa ini janin mulai mengalami perkembangan di dalam tubuh si ibu hamil. Laki-laki dan perempuan yang sudah dewasa, yang sudah berusia matang, dan telah memiliki pekerjaan yang tetap, tentunya mempunyai keinginan untuk menikah dengan pasangan yang didambakannya. Setelah impian mereka tersebut dapat terwujud, yaitu menikah, sudah pasti hampir semua pasangan suami istri sangat menginginkan mempunyai anak dengan sesegera mungkin. Karena anak merupakan penerus garis keturunan kedua orang tuanya.

Seorang wanita yang dikaruniai oleh Tuhan untuk dapat mengandung seorang janin tak lama setelah pernikahannya, akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa. Walaupun selama masa kehamilan seorang wanita akan sering sekali mengalami segala hal dan perasaan yang tidak enak, tidak menyenangkan, yang membuat mereka tidak nyaman, semua itu mereka terima dengan senang hati.

Mereka anggap itu sebagai bagian dari masa kehamilan yang memang harus dilewati, harus begitu prosesnya. Kali ini kita akan mengulas sedikit tentang pengertian kehamilan. Banyak dari kaum perempuan, terutama ibu hamil sedikitnya sudah mengetahui apa itu kehamilan, bagaimana seorang wanita dapat mengandung.

Namun tidak ada salahnya, sebagai tambahan pengetahuan akan kita bahas di sini tahap-tahapan kehamilan pada seorang wanita. Pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu arti dari kehamilan. Kehamilan adalah suatu proses reproduksi yang dialami oleh seorang wanita yang ditandai dengan adanya janin yang hidup di dalam rahimnya.

Pada umumnya, secara normal, seorang wanita akan mengandung selama hampir 40 minggu atau kira-kira 9 bulan 10 hari. Perhitungannya dilakukan pada waktu hari pertama wanita itu mendapatkan menstruasi sampai dengan tiba waktunya melahirkan. Kehamilan yang terjadi pada seorang wanita memiliki resiko yang berbeda-beda. Tergantung dari banyak hal. Bisa dari usia si ibu yang masih terlalu muda atau terlalu tua, dari kondisi tubuhnya, bisa juga dari kejiwaan.

Seorang wanita pada umumnya dinyatakan hamil apabila dia mengalami gejala-gejala sebagai berikut. Pertama akan semakin besar dan keras payudaranya. Selain itu juga akan terasa sakit bila disentuh.
Gejala berikutnya yang biasanya dialami adalah mual yang sering sekali disertai muntah yang terjadi pada pagi hari. Penyebabnya karena hormon si ibu yang berubah. Lebih dari 75 % ibu hamil mengalami hal ini.

Kadar glukosa yang berkurang dan pembuluh darah yang melebar merupakan gejala yang terjadi pada ibu hamil. Karena hal tersebut, si ibu akan gampang merasa capek, sering pusing, bahkan bisa pingsan secara tiba-tiba. Calon ibu akan mengalami perubahan atau peningkatan hormon selama masa kehamilannya. Oleh karenanya dia akan sering merasakan sakit kepala. Dan kondisi ini mulai terjadi pada saat kandungannya berumur 6 minggu.

Sulit buang air besar juga merupakan masalah yang ada selama masa kehamilan. Penyebabnya karena usus mengalami penurunan kontraksi yang berdampak kepada lambatnya proses pencernaan. Pelannya usus dalam berkontraksi disebabkan oleh semakin meningkatnya hormon progesteron.
Ada kalanya seorang ibu hamil akan mengalami pendarahan. Namun hal tersebut bukan merupakan masalah yang besar. Karena hanya berupa bercak, keluarnya sedikit dan hanya sebentar.

Kehamilan Usia 4 Bulan

Hamil 4 bulan merupakan masa-masa di mana otak dan indera penglihatan janin mulai mengalami perkembangan. Sebelum ini, kita sudah mengulas sedikit pengertian kehamilan dan gejalanya yang sering sekali oleh ibu hamil pada umumnya. Sekarang bahasan kita selanjutnya khusus pada kehamilan si ibu pada saat berumur 4 bulan saja. Fokusnya hanya kepada itu.

Pada saat kandungan si ibu sudah berada pada trimester kedua, yaitu pada usia 4 bulan, di dalam rahimnya terjadi perkembangan dan pertumbuhan janin secara signifikan. Janin akan tumbuh secara kognitif. Otak dan matanya akan semakin berkembang. Untuk mendukung perkembangan indera penglihatannya, otak janin akan berkembang kira-kira sebesar 100 juta neuron. Perkembangan otak janin pada usia ini akan berpengaruh kepada kemampuan bahasa, kesadaran dan memorinya. Si janin juga sudah dapat merasakan cahaya terang karena adanya kesensitifan pada retina matanya.

Tempurung kepala si janin akan semakin keras. Suatu lapisan yang bernama mielin akan melindungi syaraf tulang belakangnya. Seluruh tubuhnya sudah dipenuhi oleh kelenjar keringat. Pada usia kehamilan 4 bulan ini, tali pusar si janin juga akan semakin kuat.

Otak dan mata si janin akan berkembang secara visual. Oleh karenanya supaya dapat berkembang dengan optimal, janin harus mendapatkan nutrisi yang baik dari ibu yang mengandungnya. Makanan yang banyak mengandung omega 3, DHA dan asam lemak harus terus dikonsumsi oleh ibu hamil.
Untuk memenuhi kebutuhan akan makanan yng mengandung DHA, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi ikan sarden, ikan belut dan ikan salmon. Kalau si ibu tidak menyukainya, bisa diganti dengan sayuran hijau dan buah kenari.

Kacang-kacangan baik dikonsumsi oleh calon ibu pada saat kehamilannya berumur 4 bulan. Protein, vitamin B, vitamin E dan magnesium sangat baik manfaatnya bagi perkembangan otak si janin.
Pada saat kehamilan si ibu berusia 4 bulan, akan mulai tumbuh rambut halus pada janin. Rambut halus atau lanugo ini tidak hanya tumbuh pada kepala, tetapi juga pada hampir sebagian tubuh dan wajahnya.
Detak jantung, jari-jari tangan dan kaki serta otak dan sumsum tulang belakang si janin sudah dapat dilihat melalui pemeriksaan USG. Tangan si janin sudah dapat dikepalkan.

Selain itu orang tua si janin juga sudah dapat melihat wajah calon anaknya tersebut. Dan bisa saja terjadi, orang tua sudah dapat mengetahui jenis kelamin janinnya pada saat kehamilan 4 bulan ini.
Alis dan mata si janin sudah mulai tumbuh. Sudah terjadi pergerakan pada kedua kelopak matanya. Mulut si janin juga sudah bisa membuka dan menutup. Sudah mulai ada bentuk telinganya.

Bunyi-bunyian seperti suara musik sudah dapat direspons oleh janin. Kulit tubuh si janin masih keriput karena belum banyaknya lemak yang disimpan di dalam tubuhnya. Si ibu hamil sudah dapat merasakan tendangan di dalam perutnya. Tendangan ini berasal dari indera peraba si janin yang juga sudah mengalami perkembangan. Si janin bisa menendang dan menghisap ibu jarinya.

Dari pemeriksaan melalui USG pulalah orang tua dapat melihat berat badan si janin. Biasanya pada usia kehamilan 4 bulan, si janin akan mempunyai bobot badan kira-kira seberat 100 gram dan memiliki panjang badan kira-kira 12,7 cm. Saat kehamilan sudah memasuki bulan ke-4, janin akan tumbuh menjadi besar. Ibu hamil sudah tidak bisa lagi memakai pakaian biasa. Dia sudah harus menggunakan pakaian hamil, yang longgar, yang memungkinkan si ibu bisa bergerak dengan bebas.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*