Home » Kehamilan » 7 Makanan Sehat Ibu Hamil Yang Sangat Disarankan

7 Makanan Sehat Ibu Hamil Yang Sangat Disarankan

Makanan sehat ibu hamil memang sangat penting untuk diperhatikan agar tumbuh kembang dari janin baik. Kehamilan merupakan salah satu masa yang sangat ditunggu untuk semua pasangan suami istri dan juga orang tua mereka yang mana sangat mengidamkan seorang cucu. Oleh karena itu menjaga kesehatan wanita yang sedang hamil sangatlah penting.

Dengan menjaga kesehatan dari ibu hamil tentu saja nantinya kesehatan dari ibu dan janin yang ada di dalam kandungan akan terjaga dengan baik, selain itu perkembangan janin akan sangat baik. Setiap calon orang tua tentu saja ingin janin yang ada di dalam kandungan berkembang dengan baik dan sehat sehingga saat dilahirkan nantinya akan dalam kondisi yang sehat dan normal.

Dan untuk menjaga kesehatan dari ibu dan janin tentu saja harus melakukan beberapa hal seperti olahraga ringan, kemudian tidak melakukan suatu aktivitas secara berlebihan, menjaga pola makan dan yang lainnya. Seorang ibu yang sedang hamil tentu saja tidak boleh menkonsumsi makanan sembarangan, semuanya harus tepat sasaran karena di dalam beberapa bulan terkadang rasa seperti ngidam tidak bisa terelakan.

Keinginan untuk bisa memenuhi tuntutan momongan dirasa menjadi suatu hal yang sangat wajib untuk dilakukan. Jika Anda merupakan seorang ibu hamil, memang tidak ada salahnya menuruti keinginan, namun tentu saja harus tetap memperhatikan gizi dari makanan yang Anda inginkan tersebut.

Selain itu banyak pendapat yang mengatakan jika seorang ibu hamil harus makan dua kali lebih banyak dibandingkan biasanya, namun hal tersebut tentu saja mitos karena yang benar adalah ibu hamil harus makan 2 kali lebih bergizi, karena jika makan 2 kali lebih banyak maka nantinya akan menimbulkan kegemukan dan cukup sulit untuk diturunkan setelah melahirkan.

Memang ada beberapa pantangan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, contohnya saja seperti makanan siap saji, makanan mentah atau setengah matang. Hal tersebut karena dikhawatirkan mengandung beberapa jenis bakteri yang berbahaya untuk janin seperti salmonella dan juga E. Coli yang mana dapat mengancam kesehatan dari ibu dan janin. Dan berikut ini adalah beberapa makanan sehat ibu hamil yang bisa dikonsumsi:

  • Sereal

Makanan sehat ibu hamil pertama yang dapat dikonsumsi adalah sereal, untuk memulai pagi Anda, maka Anda bisa menkonsumsi sereal untuk sarapan. Hal tersebut karena di dalam sereal terdapat kandungan asam folat yang sangat dibutuhkan oleh janin pada beberapa minggu pertama dari fase kehamilan, kemudian Anda juga bisa melanjutkan sampai 8 bulan ke depan dengan menkonsumsi vitamin B karena vitamin B merupakan nutrisi yang wajib untuk dipenuhi.

Hampir dari semua ahli sangat menyarankan ibu hamil untuk bisa mendapatkan kurang lebih 400 mikrogram asam folat setiap harinya. Mereka juga berkata jika sereal dapat dijadikan sebagai pilihan makanan yang sehat untuk ibu hamil dan bisa dikonsumsi pada saat sarapan. Namun jika memang Anda tidak menyukai sereal, maka bisa mencoba untuk menggantinya dengan sayur asparagus dan juga kacang polong.

  • Kacang Lentil

Kemudian yang kedua adalah kacang lentil, makanan sehat ibu hamil ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan Janin dan ibunya. Anda bisa mencari kacang lentil yang sudah kering karena di dalamnya terkandung protein yang cukup banyak, kurang lebih 15 gram per cangkirnya. Seorang ibu yang sedang hamil membutuhkan setidaknya 10 gram protein setiap harinya dan maksimal sebanyak 60 gram.

Oleh karena itu Anda dapat memenuhinya dengan menkonsumsi kacang lentil yang sudah dimasak. Selain itu kacang tersebut mengandung serat yang cukup tinggi dan baik untuk pencernaan. Untuk menkonsumsinya, Anda bisa menambahkan kacang tersebut pada nasi ataupun salad yang Anda buat, hal tersebut juga sangat disarankan oleh salah satu juru bicara American Dietetic Association.

  • Brokoli

Lalu brokoli juga bisa dijadikan sebagai makanan sehat ibu hamil, terlebih lagi untuk Anda yang merupakan vegetarian, brokoli sendiri menjadi sumber nutrisi yang bisa dibilang sangat baik bagi ibu hamil, adapun nutrisinya seperti asam folat dan juga kalsium.

Selain itu mengandung serat dan juga antioksidan yang sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan juga memerangi berbagai macam penyakit. Selain itu juga mengandung vitamin C yang dibutuhkan pada saat masa kehamilan untuk bisa membantu penyerapan zat besi agar lebih sempurna.

  • Susu Tanpa Lemak

Kebutuhan akan kalsium juga sangat penting untuk dipenuhi untuk ibu hamil, oleh karena itu Anda bisa menkonsumsi makanan sehat ibu hamil seperti susu tanpa lemak. Tubuh nantinya akan menyerap kalsium di dalam makanan dua kali lipat dari biasanya, namun sebenarnya kebutuhan setiap harinya tetap sama.

Tetapi sebagian besar orang terlalu sedikit menkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Jika Anda memenuhi kebutuhan tersebut, maka susu tanpa lemak dapat Anda jadikan sebagai pilihan yang sangat cerdas jarena di dalam setiap gelas susu, nantinya bisa memasok kurang lebih 30% dari kecukupan gizi kalsium yang mana dianjurkan sampai dengan 1000 miligram.

  • Pisang Dan jeruk

Anda juga bisa menkonsumsi pisang sebagai pendamping makanan sehat ibu hamil karena di dalam pisang mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk penambah energi bagi ibu hamil, terlebih lagi untuk Anda yang sedang mengalami kelelahan. Buah tersebut juga sangat mudah dicerna usus karena daging buahnya lembut dan juga tidak membuat perut mual pada saat ditelan.

Selain itu Anda juga bisa menkonsumsi jeruk karena jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi, kemudian juga mengandung asam folat dan juga serat serta air. Dengan demikian bisa juga dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dari cairan tubuh. Seorang ibu yang sedang hamil memang harus menjaga jumlah dari cairan yang ada di dalam tubuh agar nantinya tidak mengalami dehidrasi yang dapat mengancam kesehatan dari janin.

  • Kacang – Kacangan

Kacang – kacangan juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil, karena kacang – kacangan merupakan makanan sehat ibu hamil yang mengandung lemak. Dan lemak tersebut juga merupakan nutrisi yang sangat vital untuk perkembangan otak bayi. Para ahli juga menyarankan ibu hamil untuk bisa mengganti lemak jenuh seperti daging dengan lemak tak jenuh yang bisa ditemukan pada kacang – kacangan. Contohnya seperti kacang merah, kacang polong dan yang lainnya. Namun jika memang Anda tidak biasa ngemil kacang, maka Anda bisa menambahkan selai kacang di roti gandum Anda.

  • Yoghurt Dan Keju

Selain itu Anda juga bisa menkonsumsi yoghurt dan keju karena kedua makanan sehat ibu hamil tersebut merupakan produk susu yang mana sudah difermentasikan dan biasanya menjadi favorit ibu hamil. Di dalam yoghurt terdapat vitamin D dan juga kalsium dalam jumlah sarat. Dan seorang ibu hamil membutuhkan kurang lebih 1000 mg kalsium setiap harinya untuk tumbuh kembang janin agar tetap sehat. Oleh karena itu Anda bisa menkonsumsi yoghurt atau keju.


Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda?, Ingin Bertahan lama diatas ranjang..? Ingin Menjadi lebih perkasa ketika bercinta?
Silahkan Klik
Disini!!  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*