Home » Kehamilan » 5 Penyebab Susah Hamil

5 Penyebab Susah Hamil

Penyebab susah hamil sampai saat ini masih menjadi topik yang sering diperbincangkan masyarakat. Sayangnya di era modern dan majunya teknologi kesehatan saat ini, banyak masyarakat awam yang masih menilai penyebab susah hamil dari satu pihak saja yaitu sang wanita.

Disini membuat wanita seringkali merasa bersalah ketika rumah tangga yang sudah dijalani sekian lama tetapi belum juga mendapat rizki keturunan dari tuhan. Padahal faktanya penyebab susah hamil tak hanya dari satu pihak saja terutama wanita. Masing-masing kedua belah pihak memiliki andil sebagai penyebab susah hamil karena memang susah hamil disebabkan oleh banyak faktor.

Faktor-faktor penyebab susah hamil bisa secara internal atau external. Internal berarti penyebabnya memang berasal dari dalam diri kita sendiri baik itu pada suami atau istri. Seperti misalnya adanya disfungsi organ reproduksi yang merupakan bawaan genetik sehingga proses pembuahan tidak berjalan sempurna.

Sedangkan faktor external berasalah dari luar tubuh kita, bisa kerena kebiasaan pola makan yang tidak baik, gaya hidup sehat yang kurang tepat atau mungkin pernah menunda untuk memiliki momongan pada masa-masa awal pernikahan. Nah, untuk lebih jelasnya kita akan membahas beberapa faktor penyebab susah hamil secara umum.

Kualitas Sperma yang Kurang Baik
Proses pembuahan terjadi melalui proses bertemunya sel sperma pria dengan sel telur wanita didalam organ reproduksi wanita. Proses pertemuan sel sperma dengan sel telur wanita tidak semudah yang kita bayangkan. Sel sperma sendiri membutuhkan perjuangan berat untuk dapat menembus organ reproduksi wanita karena kondisi vagina yang asam mebuat sebagian dari jutaan sperma yang dihasilkan oleh pria harus mati.

Setelah sebagian sperma lainya yang selamat mampu menembus asam vagina, sperma – sperma tersebut harus berenang jauh menuju rahim hingga saluran telur untuk bertemu dengan sel telur wanita. Sayangnya tak semua sperma dapat mencapai tujuannya dengan baik, banyak sperma yang mati kelelahan sebelum bertemu dengan sel telur. 2 proses sebelum bertemunya sperma dengan sel telur diatas mewakili bagaimana disini kualitas sperma merupakan pernanan penting dalam berhasilnya proses pembuahan.

Karena masih banyak lagi rintangan yang harus dilalui oleh sperma selain yang disebutkan diatas. Maka dari itu, sperma-sperma dengan kualitas kurang baik seringkali akan keok atau gugur saat perjalananya menemui sel telur. Hanya sperma dengan kualitas baik yang nantinya mampu mengatasi segala rintangan dan menembus lapisan-lapisan pelindung sel telur.

Dari sekian juta sel sperma yang dihasilkan pria sayangnya tidak semua sperma dipastikan memiliki kualitas baik. Jadi, suami haruslah memiliki gaya hidup sehat yang baik, selalu mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi guna menghasilkan sel sperma yang berkualitas sempurna dan tahan banting agar berhasil melakukan pembuahan.

Kelelahan Fisik Berlebih
Penyebab susah hamil kedua adalah kelelahan fisik berlebih yang seringkali tidak dihiraukan oleh sebagian pasangan suami istri. Di era yang serba sibuk saat ini sudah bukan hal aneh lagi jika suami istri sama-sama memiliki pekerjaan sendiri diluar rumah. Tak jarang mereka hanya bisa bertemu ketika waktu malam tiba karena dari pagi hingga petang sibuk melakukan pekerjaan.

Begitu sampai dirumah pun terkadang masih harus melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci, membersihkan rumah hingga menyebabkan kelelahan. Kelelahan fisik ini sendiri seringkali tidak begitu dihiraukan karena dianggap tak berpengaruh apa-apa.

Padahal faktanya, kelelahan fisik berlebih pada wanita dapat mempersulit proses pembuahan dikarenakan produksi esterogen yang tidak maksimal. Sedangkan pada pria, kelelahan fisik berlebih dapat menjadi penyebab matinya sel sperma karena suhu dalam tubuh yang meningkat.

Gaya Hidup Tidak Sehat
Penyebab susah hamil berikutnya juga sangat sering dilakukan dan sulit untuk diubah. Yaitu gaya hidup, gaya hidup saat ini sudah mewakili karakter masing-masing individu. Misalnya mereka yang suka dengan dunia malam sudah biasa dengan minum minuman keras, lalu orang yang sibuk dengan pekerjaanya seringkali menyukai makanan-makanan cepat saji yang praktis.

Padahal secara tidak langsung kebiasaan-kebiasaan tersebut sangatlah buruk untuk kesehatan termasuk buruk untuk kualitas sperma dan sel telur. Sebaiknya dicoba untuk mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk yang memang tidak menimbulkan dampak dalam waktu dekat namun bisa menjadi tabungan penyakit di masa depan.

Mulailah untuk mengkonsumsi makanan sehat bergizi, olahraga secukupnya dan teratur, mengatur frekuensi berhubungan suami istri yang sehat agar tubuh selalu dalam kondisi sehat dan segar sehingga sperma maupun sel telur yang dihasilkan juga berkualitas baik.

Pernah Menunda Kehamilan
Penyebab susah hamil ke empat ini adalah penyebab susah hamil yang paling sering pada pasangan-pasangan mudah. Jika orang tua dulu banyak mengatakan pamali kalau baru menikah sudah melakukan KB untuk menunda memiliki keturunan karena takut rahimnya kering mungkin ada benarnya juga. Karena memang prosuksi sel telur pada wanita akan berkurang sejalan dengan bertambahnya usia.

Sementara banyak pasangan-pasangan muda yang menikah tetapi merasa belum mapan, belum cukup kondisi finansialnya untuk memiliki keturunan sehingga memutuskan untuk menunda memiliki keturunan. Biasanya, mereka akan menunda kehamilan dalam jangka waktu 3-5 tahun.

Seiring bertambahnya usia, tak hanya jumlah produksi sel telur yang berkurang tetapi juga tingkat kualitas sel telur maupun sperma yang akan menurun. Maka dari itu, ada baiknya untuk tidak menunda memiliki keturunan pada awal – awal pernikahan. Atau jika memang terpaksa harus melakukan program menunda kehamilan sebaiknya dilakukan tidak dalam jangka waktu yang terlalu lama.

Menopause Dini pada Wanita
Penyebab susah hamil yang terakhir adalah terjadinya menopause dini pada wanita. Menopause adalah berhentinya masa subuh seorang wanita ditandai dengan berhentinya masa menstruasi. Wanita yang mengalami menopause dini akan mengalami berhenti masa menstruasi pada usia sebelum 40 tahun.

Dengan berhentinya masa menstruasi secara otomatis proses pembuahan pada wanita sudah tidak bisa terjadi lagi. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya menopause dini pada wanita. Seperti adanya kecacatan kromosom, bawaan genetik, adanya penyakit autoimun dan lain-lain.

Dari 5 ulasan diatas semuanya sudah memiliki solusi sendiri untuk menyeleseikanya, semuanya kembali pada kita masing-masing mau berubah untuk hidup sehat atau tidak. Selain itu yang perlu dipegang adalah perlunya untuk membicarakan masalah kesulitan memiliki keturunan secara pribadi dah hati antara suami istri agar tidak terjadi kesalahfahaman yang biasanya akan berujung pertengkaran.

Perlunya keterbukaan pada masing-masing pasangan juga sangat diperlukan jika ingin mendeteksi faktor manakah yang terjadi pada anda sehingga belum juga memiliki keturunan. Periksakan ke dokter kandungan untuk mengetahui kondisi kesehatan sistem reproduksi suami istri.

Sebaiknya jangan hanya salah satu pihak saja yang periksa agar dapat diketahui dengan jelas penyebabnya ada pada dimana dan segera diketahui terapi apa yang tepat agar segera mendapatkan keturunan.

Jangan lupa untuk berdoa sebagai pendamping usaha anda. Karena bagaimanapun juga keturunan datangnya dari tuhan, jika kita mampu meyakinkan tuhan bahwa kita sanggup untuk diberi amanah seorang anak, maka insya allah kita akan mendapat keturunan diwaktu yang tepat tanpa khawatir akan penyebab susah hamil.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini