Home » Kehamilan » 8 Tips dan Pantangan Bagi Wanita Hamil Muda

8 Tips dan Pantangan Bagi Wanita Hamil Muda

Menjaga janin yang berada dalam kandungan wanita yang sedang hamil muda merupakan salah satu langkah yang harus dilakukan. Wanita hamil muda merupakan seorang wanita yang sedang mengandung dengan usia kandungan antara 1 sampai 3 bulan. Usia kandungan tersebut sangat riskan terjadinya keguguran apabila tidak diimbangi dengan aktivitas – aktivitas.

Sebagian wanita yang mengetahui dirinya hamil akan merasakan senang yang luar biasa sehingga terkadang lupa akan pantangan atau anjuran yang dikhususkan untuk wanita hamil muda. Kondisi janin pada saat hamil muda cenderung belum stabil.

Pertumbuhannya masih dapat terganggu oleh asupan makanan yang tidak sesuai atau gerakan – gerakan spontan yang dilakukan oleh sang ibu. Maka dari itu, wanita hamil muda perlu menjaga segala asupan makanan dan gerakan sehari – hari agar janin yang berada dalam kandung tumbuh secara normal dan sehat.

Usia kandungan 1 sampai 3 bulan merupakan usia kandungan yang harus benar – benar mendapatkan perhatian lebih karena hal itu sangat menentukan keberhasilan kesehatan janin. Melakukan rutinitas positif saat hamil muda seperti yoga hamil. Yoga hamil merupakan olahraga yang menitikberatkan pada keseimbangan janin yang dikandung melalui pola gerakan tertentu. Hal ini sangat penting dan dianjurkan karena mampu memperlancar proses persalinan pada saat melahirkan dan membantu melenturkan tulang belakang yang kaku.

Hal – hal yang dianjurkan untuk wanita hamil muda
Bukan menjadi rahasia umum bahwa yoga hamil memiliki manfaat yang banyak bagi wanita hamil muda. Selain yoga hamil, berikut beberapa tips positif yang dapat dilakukan oleh wanita hamil muda antara lain:

  • Jalan santai

Jalan santai merupakan salah satu aktivitas terbaik yang harus dilakukan oleh wanita hamil muda. Bagi yang tinggal di daerah pedesaan menikmati pemandangan di pagi hari yang sejuk akan mengurangi stres berlebihan. Selain itu, dapat membuat sang ibu menjadi lebih rileks dalam menjalani aktivitas sehari – hari. Perlu diperhatikan juga untuk kecepatan langkah. Jangan terlalu cepat melangkah karena hal tersebut akan membuat anda mudah lelah.

  • Relaksasi

Melakukan relaksasi dengan aroma terapi yang nyaman akan mengurangi rasa stres, nyeri punggung, pegel, mual, nyeri yang berlebihan. Bahkan dengan menikmati aroma terapi secara teratur akan memberikan sugesti yang baik ketika waktu persalinan tiba.

  • Bertukar pikiran

Bercerita tentang kehamilan anda kepada teman yang sudah memiliki pengalaman akan menambah rasa percaya diri untuk menjalani kehamilan. Selain itu, hal ini juga memberikan kesan positif dan motivasi bagi anda yang sedang hamil muda.

  • Membaca

Membaca buku – buku kehamilan akan menambah wawasan anda tentang bagaimana menjalani masa kehamilan serta rencana – rencana yang akan dilakukan untuk kesuksesan persalinan.

  • Mencari referensi nama bayi

Sekilas memang belum begitu penting, tetapi hal ini justru akan menambah semangat bagi wanita hamil muda untuk terus menjaga janinnya agar tetap sehat dan normal. Konon, menentukan nama yang baik kepada si buah hati akan sekaligus menjadi sebuah doa. Oleh karena itu, mempersiapkan nama yang baik jauh – jauh hari adalah sesuatu yang bisa anda lakukan.

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumi makanan yang kaya akan protein dan vitamin sangat di anjurkan bagi wanita yang sedang hamil muda. Hal ini akan menjadikan kondisi wanita hamil dan janin akan semakin sehat. Makanan berprotein dan bervitamin yang sangat dianjurkan adalah susu, tempe goreng, tahu goreng, buah – buahan, telur ayam kampung dan sayuran hijau.

  • Berenang

Wanita yang sedang hamil muda akan cenderung pasif dalam bergerak. Padahal untuk menunjang kesehatan janin, wanita hamil harus melakukan minimal olahraga ringan. Berenang merupakan salah satu solusi olahraga untuk wanita hamil yang memiliki kecenderungan malas bergerak. Sebagian orang serta para dokter yang ahli di bidang kehamilan percaya bahwa berenang dapat meningkatkan kemampuan janin dalam berinteraksi. Ketika wanita hamil sedang berenang akan membuat seluruh anggota tubuh bergerak sehingga dapat merangsang janin untuk bergerak lebih aktif.

  • Berhubungan intim

Bagi sebagian orang beranggapan bahwa berhubungan intim pada saat hamil akan berbahaya dan menimbulkan dampak yang negatif. Namun, hal tersebut disangkal oleh para dokter karena sebenarnya melakukan hubungan intim pada saat hamil merupakan hal yang dianjurkan. Pada saat hamil muda posisi hubungan intim yang dianjurkan adalah dengan posisi berbaring saling berhadapan.

Beberapa tips di atas dapat anda lakukan di rumah. Tentunya dilakukan dengan waktu yang tepat dan kondisi yang memungkinkan. Akan lebih aman apabila anda melakukan olahraga yoga hamil dan berenang di bawah pengawasan ahlinya agar dapat dibimbing sesuai aturan gerakan yang berlaku.

Hal – hal yang harus dihindari ketika hamil muda
Wanita yang sedang hamil muda riskan melakukan sembarang hal. Padahal terdapat beberapa pantangan yang harus dihindari ketika hamil muda, diantaranya:

  • Jangan berdiri terlalu lama

Wanita hamil muda sebaiknya jangan sering berdiri terlalu lama. Berdiri terlalu lama dapat menyebabkan pembengkakan di bagian kaki atau paha. Hal ini akan menyebabkan janin sulit keluar ketika proses persalinan.

  • Mengkonsumsi alkohol

Alkohol memiliki kandungan zat kimia keras yang dapat menyebabkan kehancuran janin.

  • Mengkonsumsi kelapa muda

Kelapa muda merupakan antioksidan yang berarti mampu menetralisir suatu racun ataupun penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, air kelapa muda dikhawatirkan akan menghancurkan janin dalam perut.

  • Jangan melakukan X-Ray

Sebaiknya wanita hamil muda tidak melakukan ronsen atau radioterapi. Sinar x pada laser dapat menyebabkan cacat pada janin karena terkena paparan radiasi ketika masih dalam kandungan. Selain itu, dapat menyebabkan kerusakan genetik pada janin yang dilahirkan.

  • Senam aerobik

Senam aerobik cenderung melakukan gerakan secara cepat dan energik. Hal itu tidak cocok bagi wanita hamil muda karena janin yang berada dalam kandungan belum seutuhnya terbentuk dan riskan terhadap gerakan – gerakan cepat. Resiko terberat yang dialami adalah mengalami keguguran.

  • Mengkonsumsi nanas muda

Nanas muda mengandung bromelian, yaitu enzim yang memiliki efek memisahkan leher rahim dan bisa menyebabkan rahim berkontraksi. Selain itu jika mengkonsumsi nanas dengan jumlah yang banyak akan menyebabkan diare. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang hamil muda jangan mengkonsumi nanas muda secara berlebihan karena dapat menyebabkan keguguran.

  • Jangan terlalu banyak menggunakan kosmetik

Penggunaan kosmetik yang memiliki kandungan kimia dapat menyebabkan potensi janin menjadi catat. Usahakan menggunakan kosmetik ringan untuk kegiatan sehari – hari anda.

  • Melakukan aktivitas berat

Bagi anda yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk mengatur jadwal sehari – hari seperti bekerja dan lain sebagainya. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelelahan yang berakibat pada janin dalam kandungan anda.

Mencoba hal – hal di atas sangat dianjurkan bagi wanita hamil muda agar kondisi janin tetap stabil sampai proses persalinan berlangsung.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*