Home » Kehamilan » 8 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

8 Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah momen yang paling membahagiakan bagi pasangan suami istri. Terutama jika pasangan suami istri yang masih tergolong baru, maka kelahiran anak pertama pasti hal yang sangat dinanti – nanti. Maka dalam menjaga kehamilan pasti para calon ibu muda akan sangat berhati – hati. Berikut ini makanan yang dilarang untuk ibu hamil sebagai cara menjaga sang calon bayi yang akan lahir.

Pantangan makanan yang dilarang untuk ibu hamil

1. Daging yang masih mentah
Semua jenis daging yang tidak dimasak ataupun masih mentah memang merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Sebab daging yang masih mentah mengandung berbagai macam sumber penyakit dan bakteri seperti E coli, toksoplasma, dan salmonella.

Jenis bakteri tersebut akan sangat berbahaya bagi janin yang akan menyebabkan janin mengalami gangguan kesehatan atau bisa menyebabkan keguguran. Jenis daging mentah bisa berasal dari daging unggas, ikan maupun daging sapi.

2. Tape
Makanan yang dilarang untuk ibu hamil selanjutnya adalah tape. Seban tape merupakan makanan yang berasal dari fermentasi singkong. Dalam pembuatannya diperlukan ragi. Apalagi jenis makanan yang berasal dari hasil fermentasi sangat tidak bagus bagi para ibu hamil sebab makanan yang difermentasi biasanya mengandung kadar alkohol.yang cukup tinggi. Seperti yang Anda tahu bahwa alkohol sangat tidak baik dikonsumsi bagi para ibu hamil.

3. Jeroan berupa hati
Semua jenis hati yang berasal dari hati sapi, hati ayam ataupun jenis hati yang lainnya sangat tidak bagus dikonsumsi oleh para ibu hamil. Sebenarnya, penyebabnya sederhana, hati merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin A.

Loh bukannya bagus? Sebenarnya tidak, sebab tubuh akan menerima banyak vitamin A yang akan menyebabkan kelahiran bayi yang cacat. Sebaiknya mengonsumsi vitamin A dari buah – buahan atau sayuran yang lebih sehat.

4. Daging kambing
Daging kambing merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena bahaya akan kolesterolnya yang sangat tinggi. Kolestrol yang tinggi akan sangat berbahaya dan beresiko tekanan darah yang tinggi. Untuk itu, perlu dilakukan tensi pada ibu hamil secara berkala untuk melakukan pengecekan kadar tekanan darah. Jika tinggi maka hindari mengonsumsi daging kambing. Selain itu, sifat daging kambing yang sangat panas.

5. Makanan dengan pemanis buatan
Pemanis buatan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil, baik yang ada di dalam makanan ataupun minuman. Pemanis buatan akan sangat mempengaruhi janin seperti gangguan oada sistem saraf yang akan berakibat gangguan berpikir dan berkonsentrasi setelah dilahirkan. Kemudian, perkembangan jantung dan paru – paru secara tidak sempurna. Dan juga bayi yang akan mengalami infeksi dan kanker di saluran kemih.

6. Sushi
Sushi juga merupakan jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Sebab, makanan yang berasal dari jepang ini diolah dengan bahan – bahan yang masih mentah. Oleh karena itu, bahan – bahan yang mentah memang tidak baik untuk kesehatan janin.

Jika sampai dikonsumsi maka janin akan mengalami pembengkakan cairan di kepala sehingga ukuran kepala bayi akan menjadi lebih besar. Selain itu, bakteri salmonella pada bagan mentah akan menyebabkan kram perut sekaligus diare. Dan juga bakteri toksoplasma juga akan menyerang kepala bayi.

7. Ikan dengan kandungan yang berbahaya
Ada beberapa jenis ikan yang mengandung zat merkuri. Seperti yang kita tahu bahwa merkuri merupakan zat yabg berbahaya untuk makanan dan kosmetik. Untuk itu, sangat diperlukan kejelian untuk memilih ikan. Cara memilihnyapun cukup sederhana yaitu ikan yang memiliki penampilan yang menarik dan awet seperti sisik yang mengkilap dan warna kulit yang mencolok.

Adapun jenis ikan yang sudah mengandung merkuri tanpa campur tangan manusia. Seperti ikan tongkol sebagai bahan pembuatan siomay dan empek – empek. Adapun ikan todak, ikan yang hidup dikadar polutan yang tinggi. Lebih amannya jika para ibu hamil mengonsumsi ikan yang dipelihara sendiri ataupun yang berasal dari kolam tetangga.

8. Sayur nangka muda
Jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil ini disebabkan karena adanya kandungan getah yang banyak. Jika nagka muda tidak dicuci dan dimasak dengan cara tidak benar dan masih meninggalkan getah akan sangat berbahaya bagi jani sebab janin akan mengalami gatal.- gatal. Selain itu, plasenta bayi juga akan menjadi lengket.

Pantangan minuman yang dilarang untuk ibu hamil

1. Susu yang tidak dipasteurisasi
Susu ini merupakan jenis susu yang masih segar tanpa mengalami pengolahan di dalam pabrik. Pasteurisasi merupakan sebuah proses pengolahan susu yang bertujuan untuk menghilangkan sumber penyakit sehingga susu menjadi lebih higienis. Ada beberapa jenis susu segar tanpa proses pasteurisasi seperti susu kamping, susu sapi ataupun susu domba.

Jenis susu segar ini masih memiliki kandungan sumber penyakit seperti listeria. Kandungan bakteri akan menyebabkan keracunan pada janin sehingga menyebabkan kematian. Selain itu, para ibu hamil juga akan berdampak buruk seperti keracunan darah.

2. Teh hijau
Teh hijau juga menjadi salah satu minuman yang dilarang untuk dikonsumsi bagi para ibu hamil. Sebab, teh hijau memiliki kandungan kafein yang dapat menyebabkan efek samping sekaligus gangguan pada janin. Resiko teh hijau pada ibu hamil bisa berupa kandungan kafein teh hijau yang akan menyebabkan bayi lahir dengan badan yang kurang.

Di samping itu, kandungan kafein yang berlebihan akan menyebabkan resiko kematian janin dan keguguran di awal – awal bulan kehamilan. Teh hijau juga mengandung epigallokatekin yang akan mengganggu penyerapan asam folat sehingga janin akan kekurangan asam folat dan resiko cacat saraf.

3. Kopi
Seperti yang dijelaskan tadi bahwa kandungan kafein akan sangat berbahaya bagi janin. Kopi merupakan jenis minuman dengan kadar kafein yang sangat tinggi. Sebab kafein akan menyebabkan kematian pada janin dan juga keguguran pada masa kehamilan.

Namun, pengonsumsian kafein pada ibu hamil juga akan menyebabkan bayi lahir dengan gangguan saraf, sistem metabolisme dan juga pencernaan. Di samping itu, kafein juga menyebabkan mudah mengalami dehidrasi.

4. Alkohol
Alkohol memang jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil terutama minuman dengan kadar alkohol yang tinggi. Sebab alkohol akan mengganggu pertumbuhan pada janin. Alkohol akan menyebabkan kelahiran janin menjadi prematur. Selain itu, alkohol akan menyebabkan perlambatan pertumbuhan janin selama masa kehamilan yang beresiko menyebabkan cacat janin dan kerusakan otak.

Alkohol juga akan menyebabkan bayi yang lahir mengalami cacat pendengaran maupun penglihatan n juga penyakit jantung bawaan. Di samping itu, bayi akan terlahir dengan berat badan yang rendah sehingga beresiko kematian pada bayi. Terakhir bayi yang dilahirkan akan mengalami gangguan fungsi sensorik maupun motorik.

5. Minuman bersoda
Sebenarnya minuman bersoda memiliki kandungan kafein yang memang benar – benar tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, minuman bersoda memiliki kandungan pemanis buatan. Seperti yang kita tahu pemanis buatan merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena akan menyebabkan bayi cacat saat dilahirkan.

Minuman bersoda juga mengandung kalori yang tinggi sehingga akan beresiko terkena obesitas yang tidak baik bagi proses kelahiran nantinya. Dan juga, minuman bersoda memiliki kandungan yang dapat menyebabkan panas di tenggorokan dan jantung berdetak dengan cepat.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini