Home » Kehamilan » Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Masa kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita harus sangat teliti, terutama mengenai asupan nutrisi. Hal ini karena pada masa kehamilan nutrisi yang masuk ketubuh tidak lagi hanya untuk ibu saja, namun juga untuk janin yang ada di dalam kandungan.

Ibu pada fase kehamilan tidak bisa sembarangan memilih makanan, karena dapat berpengaruh bagi kesehatan janinnya. Ibu hamil disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Pada artikel ini kami akan membahas apa saja buah yang bagus untuk ibu hamil.

Pentingnya Asupan Buah Untuk Ibu Hamil
Buah yang bagus untuk ibu hamil – Seperti yang kita ketahui bahwa buah menjadi salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu buah juga memiliki kandungan serat yang akan mengurangi konstipasi pada ibu hamil serta dapat melancarkan sistem pencernaan. Banyak vitamin yang terkandung dalam buah yang akan bermanfaat bagi kesehatan janin di dalam kandungan seperti :

  • Beta-karoten yang terdapat dari vitamin A memiliki fungsi untuk membantu serta memaksimalkan perkembangan jaringan dan sel bayi, sistem kekebalan tubuh bayi dan penglihatan.
  • Vitamin C yang terkandung dalam buah juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting, dimana vitamin C dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang serta kolagen yang terdapat dalam jaringan ikat bayi.
  • Asam folat yang terkandung di dalam buah juga dapat bermanfaat membantu mencegah anemia serta cacat lahir pada bayi.
  • Kalium yang terkandung dalam buah dapat berfungsi menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah dalam tubuh ibu hamil.

Buah Yang Bagus Untuk Ibu Hamil
Berikut beberapa buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil :

1. Kurma
Kurma menjadi salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil karena buah ini mampu menambah energi bagi tubuh. Hal ini karena kurma memiliki kandungan glukosa yang sangat banyak yakni mencapai 60-70%.

Selain itu buah ini juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, kalium, dan zat besi yang bermanfaat untuk meningkatkan rangsangan saraf sehingga membantu dalam meningkatkan kecerdasan otak bayi dalam kandungan serta mempertajam daya ingat pada bayi yang sedang Anda kandung. Buah kurma sangat disarankan dikonsumsi pada masa menjelang persalinan tremister akhir karena buah ini juga menjadi salah satu buah yang dapat membantu memperkuat dinding rahim.

2. Pisang
Pisang merupakan buah yang kaya kandungan kalium serta menyediakan kalori yang akan dengan cepat diubah menjadi energy untuk mengcegah terjadinya kelelahan pada ibu hamil. Kalium sendiri berfungsi untuk menjaga tekanan darah pada ibu hamil. Selain itu pisang juga memiliki kandungan zat besi yang dapat mencegah ibu hamil terkena anemia.

3. Apel
Apel merupakan buah yang memiliki banyak kandungan vitamin, diantaranya adalah vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan C. Berbagai kandungan vitamin dalam buah apel tersebut akan sangat baik dalam menjaga kesehatan ibu dan bayi serta dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin bayi.

Buah ini akan baik dikonsumsi setiap hari, terutama buah apel hijau yang lebih banyak mengandung nutrisi yang baik untuk ibu dan si calon bayi. Selain itu ternyata buah apel ini juga mengandung asam malat dan asam tannin yang berkhasiat mengurangi pembengkakan yang umum terjadi pada ibu hamil terutama pada bagian siku, kaki dan lain sebainya, serta dapat juga mengurangi rasa mual yang kerap terjadi pada ibu hamil. Disarankan untuk mengkonsumsi apel ini setiap hari minimal 1 buah sehari selama masa kehamilan.

4. Jeruk
Jeruk menjadi buah selanjutnya yang masuk dalam daftar buah yang bagus untuk ibu hamil. Buah ini sangat mudah Anda jumpai dan memiliki beraneka ragam jenis, buah yang kaya akan vitamin C ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hami.

Selain kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki beberapa kandungan lain seperti asam folat, serat dan hampir 90% kandungan air di dalamnya mampu membantu ibu hamil dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Kandungan folat di dalam jeruk yang juga cukup tinggi juga memiliki khasiat dalam membantu perkembangan sumsum tulang belakang dan otak pada janin bayi dalam kandungan, sehingga juga dapat berguna untuk mencegah janin lahir cacat.

5. Jambu Biji
Jambu biji merupakan buah yang menjadi sumber dari vitamin C dan memiliki banyak kandungan nutrisi lain seperti serat, vitamin A, fosfor dan kalium. Vitamin A serta vitamin C yang terkandung di dalam buah ini merupakan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh.

Radikal bebas ini dapat berakibat pada keterlambatan perkembangan pada janin. Dimana radikal bebas sendiri terdiri dari kumpulan molekul yang tidak stabil, yang dihasilkan oleh tubuh serta lingkungan luar tubuh sepertu asap rokok, radiasi matahari dan asap kendaraan.

6. Mangga
Buah manga memiliki kandungan vitamin A, vitamin C dan kalium yang juga cukup tinggi. Dimana kandungan kalium tinggi di dalam buah manga dapat membantu menjaga kestabilan cairan tubuh serta menjajaga kestabilan tekanan darah.

Vitamin A dan C berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal. Selain itu vitamin A juga sangat berguna untuk membantu memaksimalkan sistem kekebalan tubuh, sistem saraf dan sistem penglihatan pada bayi.

7. Alpukat
Alpukat adalah salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil. Alpukat merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B, kalium serta asam folat. Buah ini sangat cocok dikonsumsi oleh ibu hamil karena mampu mengurangi morning sickness yang umum terjadi dan dirasakan oleh ibu hamil.

Selain itu buah alpukat juga dapat membantu perkembangan sistem saraf, otak serta jaringan bayi. Namun sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi buah ini karena alpukat juga memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan naiknya berat badan.

8. Blueberrry, strawberry, dan raspberry
Buah-buahan yang masuk dalam keluarga berry ini sudah sangat terkenal menjadi keluarga buah dengan banyak manfaat. Dimana buah-buahan ini mengandung vitamin C, kalium dan asam folat tinggi.

Kalium berfungsi tidak hanya baik dalam menjaga tekanan darah, namun juga sangat diperlukan oleh tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, kontraksi otot dan transmisi saraf. Vitamin C dan folat juga sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena dapat mencegah anemia dan membantu memaksimalkan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Selain buah-buahan yang telah saya sebutkan di atas, buah yang bagus untuk ibu hamil lainnya adalah buah melon, anggur, kiwi, pepaya, semangka dan masih banyak lagi. Pada intinya perbanyaklah buah yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh ibu dan janin pada masa kehamilan.

Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan tersebut 2 hingga 3 porsi dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin dalam tubuh. Selain buah-buahan Anda juga dapat mengkonsumsi sayuran dengan porsi yang sama setiap harinya untuk melengkapi kebutuhan gizi, sehingga tidak hanya ibu saja yang sehat namun janin juga menjadi sehat dan maksimal dalam proses perkembangannya.

Berbagai Cara Mengkonsumsi Buah-buahan
Buah yang bagus untuk ibu hamil tersebut di atas dapat dikonsumsi dengan berbagai cara untuk menghindari kebosanan. Berikut berbagai cara mengkonsumsi buah-buahan agar tidka mudah bosan:

  • Dimakan langsung sebagai camilan sehat, jangan lupa cuci sebelum dimakan
  • Dimakan dengan diolah terlebih dahulu menjadi salad buah, dengan tambahan yogurt dalam salad tersebut
  • Menambahkan buah kedalam pancake, waffle, roti atau sereal, dapat disajikan sebagai menu sarapan Anda
  • Diolah sebagai minuman jus, bisa menggunakan satu jenis buah atau menggunakan beberapa jenis buah yang bagus untuk ibu hamil


Anda Serius Ingin Memperbesar Penis Anda?, Ingin membuat penis menjadi lebih keras? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*