Home » Kesehatan » 7 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

7 Cara Mengatasi Tidur Mendengkur

Pada dasarnya tidur merupakan aktivitas yang harus dilakukan setiap hari oleh setiap orang. Tidur sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang. Dengan tidur, manusia bisa mengistirahatkan pikirannya. Namun, bagaimana kalau tidur mendengkur atau yang disebut juga dengan istilah ngorok? Hal ini tentu saja sangat mengganggu sekali.
Namun anda jangan khawatir, sekarang ini sudah ada banyak cara mengatasi tidur mendengkur secara alami, Kebiasaan ini bisa dihilangkan dengan menggunakan berbagai macam ramuan obat herbal yang terbuat dari berbagai macam bahan – bahan alami tanpa menimbulkan berbagai macam efek samping apapun bagi kesehatan tubuh. Semua penjelasan mengenai hal tersebut akan dibahas secara detail pada artikel berikut.

Penyebab tidur mendengkur
Pada dasarnya, ada berbagai macam gaya atau kebiasaan yang dilakukan oleh setiap orang pada saat sedang tidur. Kebiasaan tersebut berbeda – beda antara satu orang satu dengan orang yang lainya. Salah satu kebiasaan tidur yang banyak dilakukan oleh orang saat ini adalah kebiasaan tidur ngorok.
Di katakan seseorang tidur ngorok atau tidur mendengkur adalah dimana orang akan mengeluarkan suara seperti mengerang pada saat sedang posisi tidur mata terpejam. Suara ngorok yang dikeluarkan tersebut berasal dari nafas yang abnormal yang tertahan di tenggorokan yang disebut dengan rochi dimana akan terdengar sangat keras pada saat proses ekspirasi. Suara ini ditimbulkan oleh getaran pada langit – langit mulut dan bagian uvula.
Selain dipengaruhi oleh berbagai faktor internal yang berasal dari dalam tubuh, ada beberapa faktor penyebab yang lainya yang mana menyebabkan seseorang sering tidur mendengkur atau ngorok, yaitu sebagai berikut ini :

  1. Posisi tidur yang salah salah satunya adalah selalu mempunyai kebiasaan tidur terlentang. Suara mendengkur atau ngorok ini akan bisa datang sepanjang kita tidur. Ada berbagai macam posisi tidur yang salah yang menjadi faktor penyebab seseorang akan mendengkur pada saat tidur misalnya saja posisi tidur terlentang. Ketika seseorang tidur dalam posisi terlentang maka akan menambah massa atau gaya berat pada badan dan akan membuat pernafasan menjadi berat. Ketika badan tidak bisa menahan berat gaya tersebut maka akan menyebabkan suara dengkur yang sangat keras.
  2. Terjadi karena adanya gangguan pada bagian hidung. Orang yang mempunyai kelainan pada bagian hidung misalnya saja infeksi atau gangguan pada hidung yang lainya maka akan sangat mempunyai resiko besar akan tidur mendengkur. Salah satu gangguan pada hidung yang sering dialami adalah polip dan flu. Pada saat mulut seseorang tertutup dan hidung tersumbat maka secara otomatis orang akan mengambil nafas dengan penuh kekuatan agar dapat mengambil udara untuk bernafas. Hal tersebu akan dapat meningkakan tekanan yang bersifat negatif di dalam salurn aliran udara sehingga jaringan ini akan menjadi terkulai ke belakang tenggorokan
  3. Gangguan pada bagian tenggorokan juga menjadi salah satu penyebab suara dengkuran pada saat tidur Gangguan tenggorokan yang sering terjadi adalah biasanya gangguan gejala amandel yang besar dan juga gangguan adenoid. Pembesaran jaringan yang disebabkan oleh kedua gangguan penyakit tersebut akan menekan jaringan – jaringan pada sekitar tenggorokan sehingga akan menyebabkan suara dengkuran. Hal ini juga dapat membuat penyempitan pada jaringan hidung yang menuju ke bagian tenggorokan dan kemudian akan berkibar – kibar di dalam udara pada saat seseorang bernafas yang menyebabkan suara dengkuran
  4. Pertambahan usia. Pada dasarnya, semakin bertambahnya usia manusia maka semakin rentan terjadi berbagai macam penurunan sistem organ di dalam tubuh. Salah satu dampak yang ditimbulkan karena pertambahan usia adalah terjadinya gangguan pada pernafasan. Perubahan pada pernafasaan ini dapat menyebabkan suara dengkuran pada saat sedang tidur.
  5. Penambahan berat badan yang dratis ( obesitas )

Seseorang yang mempunyai berat badan yang gemuk ( obesitas ) maka sangat rentan terkena gangguan mendengkur pada saat tidur. Orang yang mempunyai berat badan yang berlebihan maka secara otomatis tubuh akan tertimbun banyak sekali lemak.
Timbunan lemak ini akan semakin meningkat. Timbunan lemak ini biasanya tertimbun pada bagian leher. Nah, lemak yang terdapat dalam leher ini akan menambah gaya berat sehingga dapat menyebabkan suara mendengkur pada saat tidur

  1. Sering mengkonsumsi berbagai macam obat obatan penenang,.Terkadang banyak orang yang mengkonsumsi obat penenang ketika tidak bisa tidur. Kebiasaan ini akan akan berdampak buruk bagi kesehatan khususnya membuat seseorang akan mengeluarkan suara dengkuran pada saat sedang tidur. Konsumsi jenis obat ini maka akan bisa juga menyebabkan melemahnya saraf – saraf di dalam tubuh
  2. Gaya hidup yang kurang sehat. Sekarang ini banyak sekali orang yang menerapkan gaya atau pola hidup yang tidak sehat dalam kehidupan sehari – hari. Misalnya saja jarang olahraga, konsumsi makanan cepat saji yang mana jika dilakukan secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan pada jaringan yang menyebabkan tidur mendengkur dan berbagai macam gangguan kesehatan yang lainya.

Ramuan obat herbal sebagai cara mengatasi tidur mendengkur
Kebiasaan mendengkur sekarang ini memang sedang banyak dialami oleh hampir sebagian besar orang. Kebiasaan ini tentu saja akan sangat mengganggu sekali dimana akan membuat orang yang tidur disekitar anda menjadi kurang nyaman dan terganggu oleh suara dengkuran anda. Kebiasaan ini memang sangat sulit untuk dihilangkan. Namun bisa dihilangkan secara bertahap dengan menggunakan berbagai macam ramuan herbal seperti berikut ini, yaitu :

  1. Gunakan kapulaga. Kapulaga merupakan salah satu ramuan obat yang sangat terkenal di india. Harga kapulaga ini sedikit agak mahal namun sebanding dengan manfaatnya dimana bisa digunakan untuk membuat plong pernafasan anda. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan serbuk kapulaga dengan ½ gelas air hangat dan kemudian dikonsumsi secara teratur
  2. Gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun ini merupakan salah satu jenis minyak yang kaya manfaatnya bagi kesehatan dan biasanya digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan ramuan obat. Salah satu khasiatnya adalah minyak zaitun adalah dapat digunakan untuk mengendurkan saluran pernafasan dan dapat mengurangi pembengkakan pada bagian mokusa di dalam paru – paru sehingga dapat mengobati dan mengatasi masalah mendengkur. Caranya adalah dengan mencampurkan 1/2 gelas air hangat dengan campuran minyak zaitun dan madu. Minumlah selagi hangat
  3. Gunakan tumbuhan kunyit. Kunyit merupakan jenis tanaman akar yang biasanya digunakan dalam pembuatan jamu. Kunyit ini biasanya juga digunakan dalam bumbu makanan. Rendamlah kunyit dengan ½ gelas air hangat. Tunggu hingga kunyit larut dan tambahkan madu. Dan kemudian aduklah sebelum di minum
  4. Cara mengatasi tidur mendengkur selanjutnya adalah dengan menggunakan daun mint. Daun yang mempunyai rasa dan bau yang keras ini dapat digunakan untuk melancarkan pernafasan dan membuka saluran nafas yang tersumbat. Rebuslah daun mint dengan air hangat dan campurkanlah madu lalu konsumsilah selagi masih dalam kondisi hangat.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini