Home » Kehamilan » Begini Cara Memperbanyak ASI Pasca Cesar

Begini Cara Memperbanyak ASI Pasca Cesar

Produksi ASI yang banyak dan lancar tentu sangat membahagiakan tak hanya bagi buah hati namun juga ibu menyusui. ASI atau Air Susu Ibu adalah makanan pertama bagi bayi setelah dilahirkan, serta menjadi makanan terbaik bagi bayi. Bagi ibu yang melahirkan secara cesar ataupun normal, produksi ASI melimpah menjadi harapan tersendiri agar sang buah hati bisa tumbuh dengan sehat. Banyak cara memperbanyak ASI pasca cesar yang dapat dilakukan oleh ibu. Bayi yang kurang ASI sendiri dapat menunjukkan aneka tanda-tanda tertentu. Di antaranya adalah selalu menangis bahkan setelah diberi ASI, badan lemas serta tidak memiliki minat menyusu, selaput lendir pada mulutnya kering, kulit selalu tegang terutama saat dicubit lembut, terkena penyakit kuning, serta terjadinya kejang pada tangan dan kaki. Tentu orangtua terutama ibu tidak ingin hal-hal di atas terjadi pada anak. Untuk menghindarinya, pemberian ASI memang perlu. Guna memperlacar dan memperbanyak produksi ASI, berikut adalah beberapa langkah yang bisa diterapkan.

Terdapat beberapa tips mudah sebagai cara memperbanyak ASI pasca cesar. Cara-cara di bawah ini bisa dicoba oleh ibu yang baru saja melahirkan secara cesar. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Pertama, sediakan bahan yang dapat digunakan untuk memproduksi ASI. Pada dasarnya memang tubuh ibu yang menyusui akan membutuhkan banyak nutrisi seimbang guna memproduksi ASI. Apabila sumber nutrisi ini tidak terpenuhi secara baik maka tubuh akan mengambil nutrisi cadangan dari dalam tubuh. Nutrisi cadangan ini lama-kelamaan akan habis serta dapat membuat ibu menjadi lemas. Untuk itulah agar tubuh lancar dalam mengeluarkan ASI, sediakan terlebih dahulu bahan dasar yang nantinya akan digunakan dalam memproduksi ASI. Wajib bagi ibu menyusui dalam memperbanyak asupan makanan dengan gizi seimbang. Termasuk di antaranya adalah daging, sayuran serta buah.
  2. Lakukan juga stimulasi ASI secara sering. Cara ini akan dapat membantu dalam merangsang keluarnya ASI. Menyusui ialah stimulasi kelancaran ASI yang terbaik. Ibu tidak perlu khawatir apabila kehabisan air susu karena terlalu sering dalam menyusui bayi. Justru dengan semakin sering menyusui bayi, maka akan semakin banyak ASI yang dikeluarkan tubuh. Untuk wanita karir yang bekerja di kantor, solusinya adalah dengan memerah ASI saat berada di kantor. Luangkan waktu dalam memerah ASI di sela-sela pekerjaan, karena hal ini termasuk bagian dari cara memperbanyak ASI. Kekurangan stimulasi akan membuat ASI tidak dapat dikeluarkan secara lancar.
  3. Kemudian, usahakan sebisa mungkin untuk menghindari pemberian susu formula. Bayi yang terlalu sering diberi susu formula justru akan enggan mengonsumsi ASI. Ini karena rasa dari susu formula yang lebih gurih sehingga bayi yang terbiasa minum susu formula akan keterusan. Kebutuhan bayi akan ASI dapat berkurang karena telah kenyang susu formula.
  4. Terakhir, jauhi stres. Melahirkan melalui metode cesar memang sebenarnya tidak memberikan banyak masalah dalam produksi ASI. Akan tetapi stres serta rasa khawatir ibu akan menyusui sambil mengonsumsi obat-obatan pasca pemulihan ini akan dapat mempengaruhi kelancaran ASI. Ibu harus lebih tenang serta tidak perlu merasa khawatir secara berlebihan. Ini akan membantu agar ASI keluar dalam jumlah lebih banyak. Jaga pula kondisi psikologis karena faktor mental serta pikiran ibu akan sangat berpengaruh pada kualitas dan juga kuantitas ASI.

Yang tak kalah penting dari cara memperbanyak ASI pasca cesar ini adalah jangan sampai mengonsumsi obat tanpa resep dari dokter terlebih dahulu. Di pasaran banyak beredar jamu serta obat-obatan yang diklaim dapat memperbanyak produksi ASI. Namun, jangan sampai tergiur iming-iming ini dengan begitu mudahnya. Konsultasikan dulu obat yang hendak dikonsumsi pada dokter. Mintalah saran juga pada dokter agar produksi ASI bisa melimpah tanpa harus konsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini penting dilakukan agar tidak timbul masalah di kemudian hari yang dapat berbahaya bagi proses menyusui serta jahitan pasca cesar. Cari tahu apakah produk obat tersebut dapat berdampak negatif pada pemulihan pasca operasi cesar atau tidak.

Cara memperbanyak ASI pasca cesar juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi aneka makanan tertentu. Banyak bahan makanan yang dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI. Termasuk di antaranya adalah daun katuk, pepaya, pare serta aneka sayuran berwarna hijau. Ibu bisa mendapatkan aneka makanan tersebut dengan mudah di sekitar dan mengolahnya menjadi aneka masakan. Selain lezat, makanan tersebut juga akan membantu dalam memperbanyak serta memperlancar ASI bagi buah hati. Demikian adalah beberapa cara dalam memperlancar serta memperbanyak produksi ASI bagi ibu yang melahirkan pasca operasi cesar. Untuk ibu yang melahirkan normal, cara-cara di atas juga dapat diterapkan. Tujuannya tentu tak lain agar kebutuhan gizi dan nutrisi buah hati dapat terpenuhi dengan baik.


Anda Serius Ingin Mengakhiri Ejakulasi Dini?, Ingin Memuaskan Istri Yang Anda Cintai? Ingin Berhubungan Intim Berjam-Jam?
Silahkan Klik
Disini
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

*

Anda Serius Ingin Memuaskan Istri Anda? Klik Disini